Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dhanecarloAvatar border
TS
dhanecarlo
Hati-hati, 7 Minuman Ini Bisa Bikin Gigi Rusak
Waduh, jangan-jangan salah satu minuman ini kesukaan agan...

Hati-hati, 7 Minuman Ini Bisa Bikin Gigi Rusak
Minuman bersoda mengandung asam fosfat dan karbonat yang ampuh mengikis enamel gigi. (PBS)


Trubus.id -- Teh dan kopi sering disebut-sebut sebagai minuman yang bisa membuat warna gigi menjadi kuning. Sementara gigi bersih dan putih bisa jadi nilai plus yang bisa meningkatkan kepercayaan diri. Oleh sebab itu jangan hilangkan gigi putih bersinar kamu dengan makanan atau minuman yang bisa merusak gigi dan bikin gigi kamu berubah warna. 
Berikut 7 minuman yang bisa merusak gigi seperti dilansir dari This Is Insider
Kopi
Berdasarkan keterangan Heatlhline, kopi mengandung tannin yang bisa membuat warna gigi berubah. Tannin sendiri merupakan zat yang kerap digunakan dalam pembuatan tinta atau pewarna kulit. Selain itu, kopi juga bersifat asam dan bisa mengubah pH di mulut. Hal itu menyebabkan enamel gigi menajdi lemah. Sifat asam yang ada menembus bagian luar gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi. Meski enamel gigi tahan terhadap efek asam yang ditimbulkan, bagian luar gigi akan rusak dan mudah berubah warna jika sering terkena asam kopi. 

Minuman soda
Menurut Healthline, minuman bersoda mengandung asam fosfat dan karbonat yang ampuh mengikis enamel gigi. Selain itu, kandungan gula yang tinggi di dalam soda juga membuat bakteri nyaman dan berkembangbiak dengan baik di dalam mulut sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Kuah kari
Hati-hati, 7 Minuman Ini Bisa Bikin Gigi Rusak
Kuah kari (Foto: Better Homes and Gardens) 
Pencinta kari pasti sedih mendengar hal ini. Sajian dengan ragam rempah ini bisa membuat gigi kuning. Untuk meminimalkan kerusakan yang diakibatkan kuah kari, segera konsumsi beragam buah dan sayuran segar saat melahap kari. Jangan biarkan kuah kari berlama-lama di dalam mulut.
Minuman berenergi

Alih alih mendapat energi lebih setelah olahraga, minuman tersebut justru menimbulkan masalah pada gigi. Dilaporkan WebMD, minuman tersebut ternyata mengikis email gigi dan meninggalkan noda. Minuman berenergi juga mengandung gula yang tak sedikit, loh. Think again. 

Tomat
Bagi pencinta pasta, sebaiknya kurangi konsumsi saus tomat, karena berdasarkan keterangan dokter gigi, Dr. Michael, tomat mengandung pigmen warna dan tingkat keasaman yang tinggi. Dia menjelaskan bahwa makanan asam bisa melemahkan lapisan enamel gigi yang bisa membuat gigi lebih berpori dan rentan terhadap noda. Untuk itu, langsung minum air putih begitu selesai melahap saus pasta tomat.

Buah berry

Hati-hati, 7 Minuman Ini Bisa Bikin Gigi Rusak

Keluarga berry (Foto: Good Housekeeping) 

Buah beri sehat dan enak, tapi punya dampak buruk bagi gigi. "Warna dalam blueberry, cranberry, raspberry, dan blackberry, khususnya, dapat menyebabkan noda (di gigi), baik saat dimakan utuh, diminum sebagai jus atau diproses sebagai jelly dan selai," jelas salah satu perusahaan pasta gigi asal AS. Kamu bisa makan sedikit keju atau susu setelah melahap buah beri untuk menetralkan asamnya.

Es loli dan lolipop
Warna warni es loli dan lolipop memang sangat menggiurkan. Tapi terlalu banyak makan bahan manis itu bisa merusak kesehatan gigi. Berdasarkan keterangan Westland Dental Care, tak hanya meninggalkan warna pada lidah, permen berwarna cerah seperti lolipop atau makanan beku sama-sama meninggalkan noda pada gigi. Itu karena zat pewarna yang dipakai dalam keduanya [SN]

Sumber : TrubusID
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
2.4K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.