Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DarkTriviumAvatar border
TS
DarkTrivium
Minum Kopi: Tim Gula Putih atau Tim Gula Aren?


Hampir tiap hari pasti agan minum kopi setidaknya satu gelas sehari, entah untuk penghilang rasa kantuk atau ya memang udaj jadi kebiasaan aja gak. Betul gak gan? Kopi tuh seakan-akan udah menjadi gaya hidup sekarang. 


Nah, sekarang udah banyak tempat kopi yang menawarkan pilihan pemakaian gula aren (palm sugar), sebenernya lebih enak minum kopi pake gula putih biasa atau gula aren ya gan? Dan lebih sehat yang mana?

Dilansir dari Kompas.com, Studi menemukan bahwa gula aren mengandung kalium, fosfor, zink, zat besi, mangan, tembaga, hingga dosis kecil antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan antosianidin. Gula aren juga kaya akan vitamin B8 (inositol), asam folat, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B2 (riboflavin) yang berfungsi untuk membentuk sel-sel sehat.

Selain dari sisi kandungan nutrisinya, gula aren juga jauh mengungguli gula putih dalam hal nilai glikemik. Dari rentang skor 0-100, nilai indeks glikemik gula pasir putih adalah 100, sedangkan gula aren memiliki nilai glikemik sekitar 35.

Semakin tinggi nilai glikemik, semakin cepat pula makanan tersebut menaikkan gula darah.

Gula aren menjadi salah satu pemanis alternatif dengan indek glikemik rendah juga berkat kandungan serat makanan di dalamnya yang disebut inulin. Serat inulin dikenal dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.

Banyak penikmat kopi yang bilang lebih enak minum kopi pake gula aren ketimbang make gula putih. Alasannya, lebih sehat. Gula putih kan terbuat dari tebu, sedangkan gula aren terbuat dari nira (cairan yang keluar dari pohon enau). Gula putih juga termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi tapi sama sekali tidak mengandung gizi. Sementara gula aren punya beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Jadi, kalian tim mana nih?

Tim gula putih atau Tim gula aren?


nona212
black.coffeel
black.coffeel dan nona212 memberi reputasi
3
2.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.