Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Naik Motor Sambil Dengerin Musik Pake Earphone Itu Bahaya Gan

kangmontir78Avatar border
TS
kangmontir78
Naik Motor Sambil Dengerin Musik Pake Earphone Itu Bahaya Gan
Bahaya buat Keselamatan Berkendara dan Bisa Ngerusak Telinga

Dengerin musik sambil nyetir motor emang enak sih Gan. Selain terhibur gak bikin bosen juga. Tapi ternyata hal itu tidak dibenarkan baik dari sisi keselamatan berkendara dan juga kesehatan telinga.

Naik Motor Sambil Dengerin Musik Pake Earphone Itu Bahaya Gan


Mendengarkan musik sambiil berkendara akan membuat pengemudi kehilangan konsentrasi selama di jalan. Fokus perjalanan bisa jadi berpindah ke musik yang sedang didengarkan.

Menurut ilmu keselamatan berkendara yang pernah Ane pelajari, mengemudi adalah pekerjaan yang membutuhkan 100 persen konsentrasi dan gak bisa disambi. Nah, ketika kita dengerin musik pas nyeir biasanya kita kurang peka terhadap kondisi sekitar. Padahal pengendara harus siap dengan keadaan sekelilingnya agar dapat bereaksi bila terjadi keadaan darurat.

Masih inget kan kecelakaan yang dialami mantan pembalap MotoGP dan World Superbike Nicky Hayden hingga mengembuskan nafas terakhir. Nicky saat itu ditabrak saat sedang bersepeda di Italia.

Naik Motor Sambil Dengerin Musik Pake Earphone Itu Bahaya Gan


Salah satu dugaan penyebab kecelakaan tersebut adalah saat bersepeda sambil mendengarkan musik melalui earphone yang tersambung ke perangkat Ipod. Nicky tidak mewaspadai kehadiran mobil saat melintasi persimpangan jalan.

Nah, ada lagi nih Gan efek buruk dari penggunaan earphone saat mengendarai motor. Ini Ane sendiri yang kena getahnya Gan. Hampir setiap hari, berangkat dan pulang kerja selama 3 bulan Ane pake earphone sambil nyetir motor.

Nah lama kelamaan kok kuping terasa agak perih perih gimana gitu Gan. Kondisi itu sempet Ane cuekin aja selama seminggu. Pas iseng korek kuping baru ketauan kalo kuping Ane luka karena ada bercak darah di cotton bud. Pas Ane cek ternyata ada luka dan cukup besar.

Naik Motor Sambil Dengerin Musik Pake Earphone Itu Bahaya Gan


Pas cek ke dokter ternyata luka itu timbul karena gesekan dengan barang dalam intensitas yang cukup sering. Pas Ane kasih tau kalo Ane pake earphone, dokter langsung bilang itu biang keladinya.

Sering menggunakan earphone menurut dokter juga kurang baik buat telinga. Apalagi aada unsur tekanan dari helm yang cukup keras. Itu akan mempercepat proses terjadinya luka.

Ada yang lebih parah lagi Gan, pas Ane baca intisari-online, diberitain bahwa artis Olla Ramlan kena stroke telinga hingga tuli sebelah yang diindikasi akibat penggunaan earphone yang terlalu sering.

Nah gimana Gan, masih mau nyerir motor sambil dengerin musik pake earphone?
Diubah oleh kangmontir78 21-10-2018 09:49
0
2.2K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.