junleonAvatar border
TS
junleon
Kenapa Pasangan "Siap" Itu 86, Bukannya Angka Lain?
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace



Agan pastinya pernah mendengar kata "SIAP 86", bukan? Tapi kenapa harus 86 ya? Emang nggak bisa angka lain, seperti 76 atau berapa gitu? Apakah ada makna dan maksud tersendiri dari angka 86 ini?

Di dalam dunia kepolisian, memang sangat banyak kode-kode unik yang harus dimengerti oleh para anggota polisi. Kode dari 86 sendiri ternyata mempunyai arti yakni "siap"," dimengerti", atau "siap menerima perintah". Namun tak hanya kode86 saja dalam dunia kepolisian, ada pula kode-kode lainnya.

Kode tersebut umumnya dipakai baik untuk berkomunikasi secara langsung di lapangan ketika sedang menjalankan tugas ataupun komunikasi lewat media elektronik seperti contoh walky talky. Istilah kepolisian yang kerap di gunakan sekarang ini memang nampak hanya sebatas kode tersebut, tetapi bagi seorang anggota polisi, tak hanya 86 saja istilah yang kerap digunakan, terdapat beberapa istilah atau kode lain yang juga seringkali digunakan.

Sekedar pengetahuan saja gan, ini beberapa sandi angka atau kode yang banyak digunakan oleh polisi saat berkomunikasi :

1-1 hubungi lewat telepon
1-2 menghadap pusat/posko
1-4 hubungi lewat HT
8-4 testing radio
8-1 komunikasi kurang jelas
8-2 komunikasi jelas/baik
3-3 kualitas suara jelek
4-4 kualitas suara baik
5-5 kualitas suara baik sekali
6-1 terjadi perampokan
6-2 terjadi pencurian
6-3 terjadi penganiayaan
6-5 terjadi kebakaran
6-7 terjadi demonstrasi
8-6 mengerti
8-7 berita disampaikan kepada…
8-1-0 Tidak mengudara/mati
8-1-1 mengudara/standby
8-1-2 diulangi/kurang jelas
8-1-3 selamat bertugas
8-1-5 keadaan cuaca
8-1-6 waktu/jam



Nah, tidak hanya di negara Indonesia, di beberapa negara lain pun juga mengenal kode 86 ini gan. Kode 86 tak cuma dipakai dalam instansi kepolisian saja, tetapi juga biasa dipakai dalam beberapa hal lainnya, termasuk juga dalam usaha di bidang produk makanan seperti contohnya di restoran.

Dalam budaya yang populer di negara Amerika serikat, istilah dari angka 86 sendiri biasa diartikan sebagai menolak untuk melayani pembeli di restoran ataupun mempunyai arti seperti "menyingkirkan atau menghapus" item pada sajian menu makanan tertentu.

Tak hanya itu, kode 86 sendiri juga bisa diartikan sebagai kode guna mengeluarkan seorang karyawan restoran sebab beragam alasan, contoh saja karena karyawan sering bermal-malasan, mabuk, ataupun kerap terlibat dalam perkelahian.

Jadi, 86 bukan hanya sebuah angka yang sekilas tak memiliki makna, tapi sebuah kode yang mempunyai arti di dalamnya. Dan memang sudah pasti di tiap negara mempunyai artian yang berbeda. Kalau di Indonesia, kata-kata "siap 86" sendiri pasti sering Agan dengar di salah satu acara di TV, bukan?

Diubah oleh junleon 04-04-2022 04:54
8
34K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.