Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sukowati97Avatar border
TS
sukowati97
Software Desain Grafis Dan Kegunaannya Masing-Masing
Software Desain Grafis Dan Kegunaannya Masing-Masing

Menjadi desainer grafis merupakan pilihan karir yang menyenangkan jika Anda adalah orang yang memiliki kreatifitas tinggi. Desainer selalu dituntut untuk berpikir kreatif, dapat membuat sebuah konsep secara mandiri, dan dapat bekerja sama dengan tim jika perlukan.

Selain memerlukan kreatifitas, desainer grafis juga harus memiliki keterampilan dalam menggunakan berbagai macam software, seperti software editing gambar, ilustrasi, tata letak atau layout dan sebagainya. Berikut adalah beberapa program software desain grafis dan kegunaannya masing-masing.

1. Adobe PhotoShop
Adobe PhotoShop merupakan software editing gambar bitmap paling populer, desainer biasanya menggunakannya untuk manipulasi foto dan membuat grafik. Program ini memiliki berbagai macam fitur seperti memotong gambar, mengoreksi warna, mengatur ukuran gambar dan masih banyak lagi. Tentu saja berbeda dengan program pengeditan foto sederhana seperti yang ada pada smartphone, program ini banyak digunakan di bidang industri percetakan untuk membantu pekerjaan praproduksi agar mendapatkan hasil produksi yang berkualitas.

2. Adobe Illustrator
Adobe Illustrator merupakan software ilustrasi yang dapat digunakan untuk membuat gambar vektor. Program ini dapat digunakan untuk membuat gambar logo, tipografi, grafik, dan ilustrasi-ilustrasi tertentu dalam bentuk gambar vektor. Perbedaan vektor dan bitmapadalah jika vektor dapat diperkecil dan diperbesar ke ukuran berapa saja tidak kehilangan kualitasnya, sedangkan bitmap berupa piksel dan sangat bergantung pada resolusi, jika resolusi rendah maka ketika diperbesar akan turun kualitasnya.

3. Adobe InDesign
Adobe InDesign adalah software desktop publishing yang dapat digunakan untuk membuat tata letak atau layout pada poster, brosur, bahkan majalah atau buku. Ini adalah program terbaik untuk tata letak atau layout, memiliki fitur yang fleksibel sehingga mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Software ini juga mendukung ekspor file dalam ekstensi SWF dan EPUB, format untuk membuat Ebook dan publikasi digital, termasuk majalah digital, dan konten yang dapat dibaca menggunakan komputer dan tablet. Selain itu, Adobe InDesign mendukung XML, style sheet, dan markup coding lainnya, sehingga dapat untuk mengekspor konten teks untuk digunakan dalam format digital dan online lainnya.

Sebagai desainer grafis sudah semestinya mengetahui software apa dan di waktu kapan harus digunakan, misalnya untuk editing foto menggunakan Adobe PhotoShop, ilustrasi menggunakan Adobe Illustrator, layouting menggunakan Adobe InDesign. Demikian pembahasan tentang software desain grafis dan kegunaannya masing-masing. Semoga bermanfaat.
Diubah oleh sukowati97 22-10-2018 07:23
jurumudi75
jurumudi75 memberi reputasi
2
2.9K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.