Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

embunputihAvatar border
TS
embunputih
Makna Hakikat Urip Sawang Sinawang


Jaman semakin maju, populasi manusia makin meningkat, persaingan dalam hal apapun semakin erat. Siapa yang paling kuat dan unggul dia yang dapat, sedangkan di posisi yang lemah selalu melihat kelebihan dan kekurangan orang lain, namun tidak pernah melihat keunggulan maupun kelemahan diri pribadi masing-masing. Setiap manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa pasti punya tujuan visi misi dalam menjalani kehidupan.


Ada salah satu kisah kuno pada jaman dahulu kala tentang perebutan kekuasaan suatu daerah hingga terjadi peperangan. Ada seorang tabib perang yang bertugas mengobati dan merawat prajurit yang terluka, tiap kali prajurit itu sembuh dari luka mereka ikut berperang lagi sampai akhirnya terluka lagi bahkan sampai ada yang mati. Setelah sekian lama melihat hal tersebut, tabib tersebut jadi jatuh mental. Maka tabib pun mulai berpikir, "jika mereka ditakdirkan berperang untuk mati, kanapa saya harus merawat mereka?". Jika obat saya bermanfaat, mengapa mereka harus berperang hingga sampa terluka/mati?"
Tabib pun berfikir adakah manfaat menjadi tabib perang??? Si tabib pun begitu tertekan hingga tak mau mengobati orang lagi. Ia pun akhirnya meninggalkan medan perang, lalu mengembara naik ke gunung untuk mencari pencerahan dengan menemui seorang pertapa yag bijaksana. Akhirnya setelah beberapa bulan tinggal dengan pertapa tersebut akhirnya ia menyadari dan memahami masalah yang ia hadapi. Lalu sang tabib pun turun gunung untuk menjadi tabib kembali.
Ia berkata dengan bahasa yang sangat sederhana "karena saya adalah tabib."


Inti cerita diatas, marilah kita hidup mengisi kehidupan sesuai peran masing-masing yang digariskan oleh Tuhan. Saling mengisi hingga menciptakan suasana yang harmonis. Kalau semisal hidup menjadi ikan ya berenanglah mengarungi samudera lautan sepenuh hati, kalau jadi burung ya terbanglah kepakkan sayap sekuat mungkin setinggi-tingginya di angkasa. Jangan sebaliknya burung berharap jadi ikan ya pasti mati tenggelam.

Sekian dan terima kasih.

Bangunlah jiwanya...
Bangunlah badannya...
Untuk Indonesia Raya emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh embunputih 23-07-2018 18:46
4
3.8K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Spiritual
SpiritualKASKUS Official
6.3KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.