Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Domestik
  • [COC Travellers] Mau Rafting di Sukabumi - Jawa Barat? Simak Yuks Tipsnya #AslinyaLo

999999999Avatar border
TS
999999999 
[COC Travellers] Mau Rafting di Sukabumi - Jawa Barat? Simak Yuks Tipsnya #AslinyaLo


Kalian pernah rafting atau arung jeram? Bagi yang udah sering rafting apalagi kerja sebagai river guide sih tips berikut udah makanan sehari-hari. Tapi bagi yang belum pernah rafting sama sekali, dan pengen banget nyobain rafting khususnya di Sukabumi - Jawa Barat, silakan simak tips rafting berikut ini. Semua adalah hasil pengalaman gue pribadi nemenin tamu rafting sejak tahun 2010.

Anyway, thread ini sebagai bukti kepesertaan gue ikut event Travel COC 2018. Yang mau tau apa sih event ini sebenarnya dan pengen dapetin hadiah total jutaan rupiah, silakan liat infonya di http://bit.ly/travelcoc2018.



#1 Tentukan Pilihan, Mau Sungai Citarik apa Sungai Citatih?


Di Sukabumi itu ada 2 sungai yang sangat famous untuk rafting, yakni Sungai Citarik dan Sungai Citatih (Cicatih). Kalau Jawa Barat sendiri selain keduanya, ada Sungai Cimandiri (Sukabumi), Sungai Kali Baru & Sungai Cisadane (Ciawi, Bogor), Sungai Cisangkuy dan Pangalengan (Bandung), ada lagi di Garut lupa gue apa nama sungainya hehe.

Tapi well, Sukabumi aja udah galau mau milih mau rafting di Citarik atau Citatih, sungai lain nanti lagi ya bahasnya... Makin banyak pilihan makin gak jadi rafting deh lo nanti hehe...

Bagi yang udah pernah rafting di salah satu sungai ini, menentukan pilihannya simple. Kalau udah pernah di Citarik, silakan coba di Citatih. Bagi yang udah pernah di Citatih, mari kita coba di Citarik. Tapi bagi yang belum tentu bingung mau rafting di mana.

Kalau ada pertanyaan bagusan mana sih rafting di Citarik atau Citatih? Jawaban orang akan beda-beda. Tergantung dia sukanya yang mana. Atau tergantung dia marketing yang di mana? Haha. Karena pertanyaan ini mirip-mirip sama: Mc. D atau KFC? Nikon atau Canon? Pilih cewek rambut panjang apa pendek? Pilih cowok yang lebih tua apa seumuran?

Oke, gue berusaha netral deh ya. Gue pernah rafting di kedua-duanya. Masing-masing sungai punya ciri kelebihan sekaligus kekurangan masing-masing. Gue bahas sekilas ya. Kalau terlalu detail kek keliatan gue promonya gak enak juga nanti disangka jualan emoticon-Malu (S)

#PERSAMAAN SUNGAI CITARIK dan CITATIH:
Sama-sama ada di Sukabumi. Jarak tempuh dari Jakarta juga relatif sama. Kurang lebih 3-5 jam. Bisa lebih kalau traffic lagi chaos haha. Tamu gue pernah sampe 6 jam! Ini serius.

Tapi karena beloknya duluan Citarik, seolah-olah lebih dekat. Kalau mau ke Citarik, sampe Cikidang kita belok kanan ya... Dengan asumsi perjalanan dari Jakarta via Ciawi. Gak muter dari Puncak Cianjur. Tapi ke dalamnya masih 25 km-an lagi. Kalau ke Citatih, dari Cikidang masih maju lagi sekitar 2 km sampe Cibadak, baru belok kanan via Jl. Raya Pelabuhan Ratu. Nah, kalau dari sini udah lumayan deket. Masalahnya, dari Cikidang - Cibadak ini yang kadang ngeselin macetnya emoticon-Hammer (S)

#SEKILAS SUNGAI CITARIK:

Sifatnya jeramnya adalah sama dari start hingga finish. Jadi mau track panjang atau pendek ya jeramnya kurang lebih sama. Gak gede banget tapi juga gak kecil banget. Jarak antar jeram juga pendek-pendek.

Cenderung lebih banyak bebatuan dibanding Sungai Citatih. Tidak bisa dilalui bus gede. Medannya lumayan berat. Berkelok turunan, tanjakan dan belokan maut. Jadi kurang cocok untuk rombongan besar yang pake bus gede-gede. Kalau bus medium sih masih bisa. Gak tau setelah kasus kemaren ada bus masuk jurang. Gue belum bawa tamu lagi ke sana yang pakai bus soalnya.

Di sini ada 5 operator rafting yang bisa dipilih. Masing-masing punya plus minus deh. Mirip seperti milih resto aja. Sesuai selera dan pengalaman jika sudah pernah.

Kalau lu cuma 2 orang (weekend) rafting di sini bisa kok. Kalau weekday minimal 5 orang.

Track Pilihan: 5 km, 6 km, 9 km, 12 km, 13 km, 17 km, 24 km. Beda operator ada yang beda ada yang sama trip yang bisa dipilih. Tapi yang paling favorit di sini semua satu suara: 9 km (2 jam pengarungan)!

#SEKILAS SUNGAI CITATIH:

Jeramnya bersifat pool and down. Awalnya kecil lama-lama gede di tengah, lalu kecil lagi. Jadi beda banget perbedaan jeram track pendek yang kayak cuma naik perahu (except lagi gede airnya dan main trip gak bisa dipakai karena terlalu berbahaya ya) kena ombak goyang kiri-kanan. Main trip nya baru jeramnya gede-gede. Total ada 20-an jeram lah.

Di sini ada 3 operator rafting. Minimal rafting 10 orang. Jadi kalau kurang dari 10 mending ke Citarik.

Track Pilihan: 9 km, 12 km, dan 21 km. Paling Favorit yang 12 km (3 jam pengarungan). Yang 21 km itu adalah gabungan 9 km + 12 km.

Sampai sini masih belum bisa mutusin mau di Sungai mana?

Mending cek tanggal dan trip pagi atau siangnya. Kalau keduanya available yang paling pertimbangan budget kalian aja sih.



#2 Pilih Tanggal dan Trip Pagi / Siang


Barusan gue bahas, karena kalau belum ada tanggal dan belum tau juga mau trip pagi atau siang, marketingnya juga gak bisa mutusin available enggaknya. Rafting ini kegiatan by book bukan ujug-ujug lu dateng mau rafting.

Citarik dan Citatih trip schedulenya kurang lebih sama. Trip pagi jam 08.00 dan trip siang jam 13.00. Usahakan 30 menit sebelum pengarungan harus udah di lokasi. Untuk preparation macam ganti baju rafting, dll.



#3 Pilih 1 Day Trip atau Stay Overnight?


Nah, kalau 1 day trip, mending lu jalan malem-malem deh. Apalagi kalau ambil tripnya pagi. Perjalanan ke sana unpredictible. Bener gak tulisannya? Jalan jam 3 dari Jakarta oke bisa sampe meeting point jam 7, eh jalan jam 03.30 bisa kejadian sampenya jam 12! Kalau trip pagi lu telat, belum tentu bisa pindah ke trip siang. Kalau siang full ya angus. Sayang banget kan? Mending jalan tengah malem deh.

Worst case aja, let's say perjalanan normal banget jam. Dengan 30 menit sebelum pengarungan harus udah di lokasi, rafting jam 8 pagi - 4 1/2 jam jalan paling apes ya jam 3.30. Rafting jam 13.00 - 4 1/2 jam jalan paling siang jam 8.30! Apalagi kalau siang cenderung lebih macet. Spare waktu jam 7.30 lah jalan.

Nah, kalau lu mau nginep, pilihannya lebih flexible. Mending raftingnya di posisi udah nginepnya. Misal nginepnya Sabtu-Minggu, mending raftingnya di Minggu pagi. Jadi worst case telat dateng di hari Sabtu tetep masih bisa rafting di Minggunya tanpa gangguan. Tapi meski nginep pun berangkatnya jangan ditunda-tunda. Jalan pagi dari Jakarta jam 08.00 bisa sampe meeting point jam 3 sore. Kepotong makan siang di perjalanan. Mau sopir lu Lewis Hamilton pun kalau jalanan macet mau gimana lagi? Ada macet abadi pembangunan jembatan gak pernah kelar di Caringin. Semoga ganti gubernur ritual ini berubah.



#4 Bawa Baju untuk Rafting


Recomend kaos dan celana bahan. Sandal gunung jangan lupa. Sandal jepit atau sepatu keds kurang recomend. Celana jeans juga untuk rafting kalau basah berat. Tapi kalau optionnya gak pake celana ya silakan celana jeans. Daripada mati itu ikan di sungai kalau lu gak pake celana emoticon-Big Grin



#5 Bawa Baju Ganti dan Peralatan Mandi


Baju ganti pastinya. Rafting 1000% lu basah. Jadi harus bawa baju ganti! Daleman juga. Alat mandi juga. Sabun cair, shampoo cair, sikat gigi, handuk. Odol sih bisa minta-minta. Tapi sikatnya masa iya mau minjem juga? emoticon-Malu (S)

#6 Bawa Action Cam untuk Dokumentasi


Lumayan buat gegayaan. Apalagi kalau lo youtuber.



#7 Bawa Nomor dan/atau HP Cadangan


Di Citarik maupun di Citatih sama-sama susah signal. Kalau punya 3 hp dan 3 nomor provider berbeda mending bawa. Kalau di Citatih setau gue yang oke Provider Kuning. Kalau di Citarik yang oke si merah dan si biru. Lupa juga sih haha.

Tapi rafting gak boleh ya bawa-bawa barang berharga macam henpon dan dompet. Cincin dan jam tangan juga sebaiknya gak dipake pas rafting.

Nah, untuk tasnya mending bawa tas ransel ya, bukan koper.



#8 Bawa Obat-obatan Pribadi


Meski di sana ada P3K, baiknya kalau ada obat-obatan pribadi bawa aja. Oh ya, termasuk pembalut bawa bagi cewek yang lagi halangan. Ada yang pernah nanya ke gue, lagi haid boleh rafting gak? Gue jawab, selama make celana boleh kok emoticon-Malu (S)



#9 Safety is Must!


Rafting adalah kegiatan high risk. Lo bener-bener harus dengerin guide lu. Safety brief dengerin. Kalau di Citatih biasanya ada safety brief bareng-bareng sebelum turun ke sungai. Kalau di Citarik biasanya safety brief di perahu masing-masing dijelasin sama guidenya.

Helm & jaket pelampung, makenya harus bener. Cara megang dayung, bagaimana kalau kita jatuh ke air atau temen seperahu jatuh ke air harus dengerin kata guide kalian. Aba-abanya harus tau, ada aba-aba maju, mundur, pindah kiri, pindah kanan, boom, dll. Perhatikan demi keselamatan dan kenyamanan selama pengarungan.

Pastikan operator yang kalian pilih memberikan asuransi untuk kecelakaan dan asuransi jiwa. Makanya sebelum rafting biasanya dikasih selebaran untuk diisi biodata untuk insurance covarage. Diisi jangan males atau sibuk foto-foto.

Last but not least, kalau perjalanan ke sana pake bus pariwisata, terutama ke Citarik yang gak bisa bus gede dan medannya curam, gunakan bus pariwisata dengan reputasi baik. Emang sih harganya sedikit lebih mahal, tapi kita tenang. Gue kalau ada yang order bus dan budget minim banget aja gue lepas. Silakan cari sendiri. I don't wanna take a high risk! Ngirit bus tapi taruhannya nyawa tamu-tamu gue emoticon-Takut.



Itu aja sih tips singkat dari gue. Kalau dijelasin masih banyak sebenernya. Tapi nanti lu ngantuk kalau kepanjangan hehe.

emoticon-Toast
Diubah oleh 999999999 10-10-2018 21:53
liee
embunsuci
embunsuci dan liee memberi reputasi
6
4.9K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
DomestikKASKUS Official
10.2KThread3.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.