Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

flockomAvatar border
TS
flockom
Esemka Sekarang Beda dengan yang Dulu?
Esemka Sekarang Beda dengan yang Dulu?
-
Esemka Sekarang Beda dengan yang Dulu? SUV yang diduga Esemka. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Ini bukan pertama kalinya nama Esemka muncul di permukaan. Sudah bertahun-tahun nama Esemka terdengar namun sayang wujud nyatanya belum ada hingga saat ini.

Baru-baru ini nama Esemka bergaung lagi. Bahkan kabarnya sudah menjalani Uji Tipe dan lolos. Artinya mobil yang digadang-gadang jadi mobil nasional seperti Proton itu siap masuk jalur produksi.

Baca juga: Seperti Toyota Cs, Sudah Diproduksi Esemka Bakal Diuji Lagi

Ada serangkaian Uji Tipe yang dijalani Esemka sebelum akhirnya dinyatakan lulus. Salah satunya adalah uji emisi. Esemka pernah gagal uji emsisi pada tahun 2010. Kemudian pada tahun 2012 saat dilakukan tes ulang, Esemka akhirnya lolos.

"Saya nggak tahu ini berbeda dengan yang dulu atau nggak. Yang jelas saya menguji ada tiga itu yang saya approve. Nah itu sudah lulus uji emisi," ungkap Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB) Caroline Noorida kepada detikOto, Senin (15/10/2018).

Enam tahun berselang Esemka kembali dites. Esemka diizinkan diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi dan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero seperti disebutkan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika.

Sebelumnya tahun 2017 Esemka kabarnya sudah menyiapkan pabriknya di Boyolali. Saat itu pabrik sudah dalam tahap finishing. Selain di Boyolali, Esemka juga membangun pabrik di daerah Bogor, Jawa Barat.

detikOto pun berkesempatan menyambangi kedua pabrik itu. Pada Februari 2018 kami menyambangi pabrik PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (HERO) di kawasan Cileungsi, Bogor.

Namun menurut pengakuan petugas keamanan setempat menyebut tidak ada mobil Esemka, yang terlihat hanyalah mobil merek China Geely.

Baca juga: Mobil-mobil Esemka Sudah Lolos Uji, Kapan Diproduksi?

Kemudian, pada 3 Oktober 2018 detikOto mengunjungi pabrik Boyolali. detikOto melihat mobil jenis pikap berjejer di sana. Mobil jenis pikap itu diperkirakan merupakan hasil perakitan di pabrik tersebut, dari penampilannya mirip pikap Esemka Bima yang sering terlihat beberapa waktu lalu.

Pabrik mobil Esemka berada di jalan Mangu - Sambi, Boyolali itu disebut-sebut untuk perakitan mobil Esemka. Di pintu masuk juga sudah berdiri gerbang besar dari besi bertuliskan PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK). Namun, tulisan itu masih tertutup kain.

https://oto.detik.com/mobil/d-425735...ngan-yang-dulu

ya beda lah,,, esemka semakin canggih... semua berkat campur tangan pak de jokowi sang inovator
0
2.8K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.