Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rainatAvatar border
TS
rainat
9 Tips Belanja Online Aman Dan Anti-ketipu
Masih ragu. Tertarik sama tawaran yang diberikan, tapi… takut kena tipu. Tidak apa-apa. Hampir sebagian besar orang mengalami hal itu kok. Waspada itu perlu, agar kamu tidak mudah kena tipu. Nah, sebelum kamu terkena jebakan para penipu, coba deh ikuti Tips Belanja Online Aman Dan Anti-ketipu ini:

1. Cek websitenya



Lihat tampilannya. Pastikan web yang bersangkutan selalu dirawat dan update. Bila tampak tidak terawat atau bahkan asal-asalan, maka kamu sebaiknya mulai berhati-hati. Apalagi kalau kamu menemukan harga produk berbeda dengan yang dijual. Hmmm… waspada-waspada. memang sih, tidak harus diupdate setiap hari. Mungkin hanya beberapa bagian saja yang diupdate, misalnya penambahan barang atau perubahan harga dan ongkos kirim.

2. Pastikan Nomor kontak bisa dihubungi



Selalu cari dan simpan nomor kontak penjual. Kalau ada lebih bagus minta nomor telepon rumah, yahoo messenger, email, dan alamat kantor (ada). Biasanya, toko online itu milik perorangan, jadi alamat kantor sering tidak tercantum. Lihat, apakah seller menjawab setiap pertanyaanmu dengan cepat atau terkesan tidak peduli. Seller yang serius dan profesional akan sangat senang mendengar kamu menghubunginya.

3. Coba hubungi penjual terlebih dahulu.



Kamu tentu bisa menentukan apakah seller itu asli atau palsu. Bila kamu menemui seller yang ditanya siang, namun menjawabnya besok pagi, maka kamu perlu berhati-hati loh. Sebelum itu, jang lupa untuk mengecek jam kerja seller. Jangan coba menghubungi seller tengah malam, karena itu akan percuma. Karena pada jam itu seller pasti sednag istirahat. Atau bila dia bangunpun tidak akan menjawab pertanyaanmu.

4. Jangan sungkan mengetes seller



Kamu bisa melakukan ini dengan memberikan pertanyaan mengenai produk yang dia jual. Penjual yang memang sudah ahli pasti sudah mengenal seluk-beluk barang yang dia jual. Tanyakan mengenai garansi, proses pengiriman, serta berapa lama barang akan sampai di tempatmu. Jangan sungkan-sungkan lho.

5. Cek dan recheck register toko online



Ini yang masih belum banyak orang tahu. Untuk melakukannya, cukup kungjungi laman who.is. Lalu, masukkan alamat website di kolom yang disediakan. Selanjutnya klik Whois. Who.is merupakan situs yang bisa mengidentifikasi informasi alamat pemilik domain (www.namatoko.com), tanggal pengaktifan domain, tanggal kadaluwarsa domain, nama registran, alamat, nomor telepon, email, kota dan provinsi yang tentu akan sangat berguna. Meskipun begitu Who.is pun masih bisa diakali lho.

6. Pastikan nomer rekening berbadan usaha, tapi…



Ya, tidak semua penjual menggunakan rekening berbadan usaha. Karena untuk menjadi seller online, semua orang memiliki kesempatan dan peluang yang sama. Pembayaran yang ada biasanya menggunakan rekening BCA, BNI dan Mandiri. Sebelum menransfer, kamu bisa cek terlebih dahulu nomer rekening yang diberikan kepadamu. Caranya, masukkan saja ke laman Google, maka kamu bisa melihat semua data mengenai rekening itu. Bila banyak artikel yang mengatakan kalau rekening itu memiliki track-record buruk, maka sebaiknya kamu waspada. Cara paling aman. Cari seller lain saja.

7. Jangan lupa mencatat dan menyimpan bukti transaksi



Usahkan kamu selalu mencatat dan menyimpan kontak penjual. Bahkan, histori percakapan pun perlu kamu simpan. Ada lagi, simpan pula bukti transaksi. Bila kamu terkena tipu, bukti-bukti itulah yang akan berbicara di depan pihak berwenang.

8. Manfaatkan Google



Kamu bisa memanfaatkan Google untuk menentukan apakah seller yang akan kamu beli itu trusted atau tidak. Coba kamu masukkan beberapa kata kunci yang bertujuan untuk menilai apakah seller itu trusted atau tidak. Misalnya, Toko A menipu, Nama A menipu, Toko A penipu, Toko A bisa dipercaya, Nama A pengelaman. Apabila ternyata kamu menemukan banyak artikel yang mengatakan kalau seller itu penipu, maka sebaiknya kamu mengundurkan niatmu.

9. Forum itu penting



Terakhir, tanyakan pada forum yang terkait dengan produk yang akan kamu beli. Seller yang kredibel pasti akan selalu direkomendasikan oleh beberapa orang di dalam forum. Kamu harus ingat, pembeli yang puas kepada satu seller pasti akan kembali lagi berbelanja. Namun, kali ini tiak sendiri. Mereka akan membawa serta teman dan kerabatnya.

Syukurlah. Untung kamu sudah baca Tips Belanja Online Aman Dan Anti-ketipu ini. Jadi, para penipu itu hari ini gak dapet rejeki emoticon-Blue Guy Peace


Sumber : 9 Tips Belanja Online Aman dan Anti Ketipu
Diubah oleh rainat 10-06-2016 06:12
0
2.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.