Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cerminbpAvatar border
TS
cerminbp
Jokowi Instruksikan Esemka Jangan Hilang Usai Pilpres

Jakarta, CNN Indonesia -- Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Diaz Faisal Malik Hendropriyono memastikan nama Esemka tidak akan tenggelam setelah Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden yang bakal dilakukan tahun depan.

Menurut Diaz, hal tersebut merupakan mandat langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Esemka dapat lahir sebagai mobil nasional dan masuk ke peta industri otomotif di dalam negeri.

"Pak Jokowi selalu menekankan dan beberapa kali menanyakan kepada saya untuk memastikan bahwa produk Esemka itu benar terwujud," kata Diaz saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan belum lama ini.


Lihat juga: Ma'ruf Dukung Esemka Jadi Mobil Nasional
Ia mengatakan Esemka sudah menjadi mimpi dan kebanggaan Jokowi sejak memimpin kota Solo. Sehingga apapun yang terjadi usai Pemilu Presiden, nama Esemka diharapkan tidak lenyap.

"Karena apa itu kebanggaan beliau sejak masih jadi walikota ya," ucapnya.

Nama Esemka memang lahir ketika Jokowi menjabat sebagai Walikota Solo (2005-2012). Saat itu Jokowi sangat gencar mempromosikan mobil-mobil yang dibuat oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Namun, setelah Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta (2012 - 2014) dan berhasil menjadi Presiden pada Oktober 2014, nama Esemka cenderung redup sampai sekarang. Kabar produksi massal Esemka timbul tenggelam hingga akhirnya menguap.

Lihat juga: Esemka Disebut Daftarkan Mobil Listrik ke Kemenperin
Menyikapi hal tersebut, Diaz yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mengatakan bahwa hilangnya Esemka dikarenakan masih mencari tim yang solid.

Diaz menyebut harus ada tim yang besar dan solid untuk menangani Esemka. Esemka sendiri kini dipegang oleh Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH) yang dipimpin ayah Diaz, yakni AM Hendropriyono.

"Hilang itu karena memang kami harus membuat tim yang pro untuk membangkitkan produk lokal itu. Makanya harus ada tim besar yang bisa produksi massal mobil itu. Nah itu makanya selama ini (Esemka) naik turun. Dari pabrik kecil, ya tidak mungkin kami bisa membuat produksi masal," ucap Diaz.

Diaz menolak bila Esemka disebut-sebut sebagai kendaraan politik Jokowi.

"Oh enggak, apa saja di tahun politik semua bisa dipelintir jadi jualan politik. Tapi ya seharusnya kalau memang bisa jadi produk lokal buatan bangsa kan itu yang harus dibanggakan," ucap Diaz. (fea)
Sumber
https://www.cnnindonesia.com/teknolo...g-usai-pilpres

Justru ini kelebihan Esemka. Punya fitur stealthemoticon-Takut
Moga satpam penjaga pabrik yang berani ngomong jujur ke Tempo ga diapa2in... emoticon-Big Grin
mobil spesialis pemilu.
pilkada DKI 2012, pilpres 2014.. dan sekarang... emoticon-Cool
0
1.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.