alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.36 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbdfc3edcd770f0518b4569/akhir-akhir-ini-kalau-siang-rasanya-panas-banget-kenapa-ya-gan
Lapor Hansip
10-10-2018 20:18
Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?
Past Hot Thread
Halo agan-agan semuanyaaaa


emoticon-Ultah


Pada ngerasa ngga, kalo akhir-akhir ini pas siang hari itu rasanya panas buanget?? 


Di daerah ane di Semarang, suhunya bisa sampe 35 derajat Celsius. Gile panasnya bikin ga betah keluar. Keringet ngalir kemana-mana.


Nah ternyata, suhu panas pas siang hari ini tu ngga cuman ada di tempat ane. Di hampir semua tempat di Pulau Jawa, Bali, dan tempat2 yang lokasinya sejajar, suhu udara pas siang hari bisa panas banget akhir-akhir ini.


Kenapa ya gan?


Cekitod, ini dia penjelasannya.



Quote:Sebenernya ada banyak faktor yang mempengaruhi, tapi secara umum ada dua buah penyebab utama dari hal ini.





Quote:
Posisi Matahari


Saat posisi matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa maka intensitas radiasi matahari akan semakin kuat, dan sebaliknya, jika berada jauh dari garis khatulistiwa maka intensitasnya akan semakin berkurang.



Akhir-akhir ini kalau siang rasanya panas banget, kenapa ya gan?


Jika kita tinjau dari keberadaan Matahari… posisi matahari saat ini sedang berada di belahan bumi selatan, di sekitar wilayah Indonesia. Sehingga kita secara langsung menerima paparan dari sinar matahari hampir tegak lurus.


Sebenarnya posisi matahari tepat melewati garis ekuator bumi pada 23 September 2018 lalu, yang disebut dengan equinox.



Namun, lantaran gerak semu matahari bergerak ke belahan bumi selatan, maka saat ini posisi matahari berada di 6 derajat Lintang Selatan (dekat dengan Pulau Jawa) antara tanggal 5 sampai 10 Oktober.










Quote:
Kelembaban Udara Rendah


Pada bulan September-Oktober ini kondisi kelembaban udara sedang rendah yang menyebabkan udara semakin panas.



Kelembaban udara sendiri merupakan tingkat kebasahan udara atau tingkat kandungan uap air di dalam udara.



Kelembaban udara berbanding terbalik dengan suhu udara. Semakin tinggi suhu udara, maka kelembaban udaranya semakin kecil. 



Jika kelembaban udara rendah, maka proses penumbuhan awan hujan pun menjadi lebih kecil. Hal ini dapat menyebabkan potensi hujan juga menjadi relatif lebih kecil dan meningkatkan suhu udara.




Jadi, kesimpulannya adalah....



Quote:

Kondisi panas ini disebabkan oleh dua hal:


1. Posisi matahari yang berada di belahan Bumi selatan dekat Indonesia

2. Kelembaban udara yang rendah









Tapi tenang saja, kondisi panas ini normal kok. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan.



Begitu gan... cerita dong, seberapa panas siang hari di tempat agan...




Terima kasih agan-agan semua

Jangan lupa kasih bintang 5 dan cendolnya yaa


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh fajrulfa
7
Kutip
Balas
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 12
Lapor Hansip
11-10-2018 19:03
Balasan post kageninja
Quote:Original Posted By kageninja
di sumatera kalo masuk bulan yg ada ber ber nya

pasti ujan emoticon-Leh Uga


termasuk Medan ya lek
sampe ikan gabus pun tertengok awak nyebrang di jalanan emoticon-Ngakak (S)
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 19:16
Di tempat ane ( kab.bogor ) juga beberapa minggu ini kalau siang panas banget . dan angin agak kencang, jadi debu dari luar pada masuk, lantai rumah udh kyk abis ketumpahan tepung,, meja komputer aja baru 2 hari di lap, udh debu lagi... terus karena tempat ane masih pake air tanah ( Jetpump ) itu air nya udh mulai kecil keluar nya, kemarin baru aja nurunin pompa, biar dapet air
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 19:21
gila gan, smarang hari biasa aja udh panas banget, apalagi pas kaya gini yakk
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 19:28
pantesan dari bulan bulan kemarin panasnya kebangetan, di sini suhu tertinggi pernah tercatat sampe 37°C.
tambah ireng aja ni kulit seharian di lapangan.
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 19:32
wehhh.. iye bener gan, sampe2 ane kasian sama si bocil yg tiap malam kegerahan. pengen pasang AC tp belum tau kuat bayar listriknya apa kagak.. #curhat
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 19:35
Daerah ane, Bekasi. gk mesti dijelasin secara ilmiah gan, emng udh tiap harinya panas terus.. emoticon-Big Grin ditambah macetnya dijalanan, krn bnyk bgt mbl" proyek lalu lalang, ajib gk tuh? tiap hari kerja kyk gth, kerja bagai Quda emoticon-Ngakak
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 19:38
emank bener nih di daerah ane tangerang kalo siang panasnya gileee ga nahan, ud buka baju aja masih ngucur tuh keringet, entah ada apa dgn bumi ini...
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 19:39
Bekasi ma Srengseng panas bgt
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 19:47
sampai kapan gan panasnya??
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 19:52
Eh, iyakah? Di tempat eik malah hujan mulu, jemur sempak pun tak kering-kering emoticon-Betty (S)
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 20:01
ane kira karena pemanasan global emoticon-Hammer2
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 20:05
ane jadi radang nih, kemarin keluar rumah, padahal bentaran doang, ngga nyampe 1 jam
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 20:12
dikarawang apalagi bre dari pagi ampe malam suhu gk mau turun dari 30°c ,kalau siang 37°c . bikin ketek ama selangkangan banjir terus
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 20:12
neraka bocor gan..emoticon-Big Grin
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 20:22
dijakarta suhu berkisar 32 sampe 34 di tambah polusi dan panas kendaraan yang bikin sering mampir ke indoapril beli yang seger2..
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 20:43
pantesan keringetan lagi padahal udah mandi…
mana lagi kekeringan dan harus hemat air juga lagi…
tapi kalo udah tau penyebabnya gini, ya harus sabar…
mungkin nanti bakalan ada hujan bila sudah waktunya…
biar gak gerah udarannya…
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 20:46
ayoo jaga kesehatan, jng lupa bawa minum buat yg sering aktifitas di luar ruang...
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 21:28
Quote:Original Posted By nair9900
Daerah ane, Bekasi. gk mesti dijelasin secara ilmiah gan, emng udh tiap harinya panas terus.. emoticon-Big Grin ditambah macetnya dijalanan, krn bnyk bgt mbl" proyek lalu lalang, ajib gk tuh? tiap hari kerja kyk gth, kerja bagai Quda emoticon-Ngakak


Kita mah di bekasi udah biasa panas ya gan emoticon-Cool
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 21:33
Quote:Original Posted By kruingputih3
sepleteran petisah emoticon-Leh Uga


pankapan bs lah ngopi bareng bree emoticon-Betty
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
11-10-2018 21:48
Pemanasan global, apakah akan mencapai puncaknya 3 tahun masa kekeringan melanda bumi sebagai tanda awal kmunculan Dajjal yg mana membawa fitnah mengaku Tuhan dapat menurunkan hujan, menumbuhkan tumbuh tumbuhan? Wallahu A'lam Bishawab.
0
Kutip
Balas
Halaman 8 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.