gimmeabeerAvatar border
TS
gimmeabeer
WASPADA PENIPUAN ASURANSI TOKOPEDIA DAN TOKIO MARINE !!!
Surat ini dibuat agar semua pembaca yg belum tertipu bisa berhati-hati dan tau bahayanya belanja di tokopedia yg memiliki sistem yg buruk, sistem asuransi tokopedia yang tidak fair, sistem resolusi yg buruk (anda akan dibuat kesal oleh CS yang hanya menjawab berputar-putar).


Disini status saya adalah pembeli. Singkat cerita saya ingin membeli airsoft gun, dicari-cari ketemu lah seorang penjual dengan barang yang saya inginkan. Saya beli lewat tokopedia pada tanggal 02 Oktober 2018. Agar lebih aman saya pilih pengiriman menggunakan JNE dan disertakan asuransi.



Seperti biasanya, saya tidak pernah merasa bahwa seller adalah orang baru berjualan di marketplace online seperti tokopedia. Saya pun sudah sering berbelanja di tokopedia, baik dengan asuransi maupun tidak. Sebelumnya saya pernah menerima barang cacat, namun jaman itu asuransi masih dihandle oleh pihak JNE, maka lebih mudah pengurusannya.


Kali ini saya baru sadar bahwa asuransi tokopedia sudah tidak lagi dihandle oleh pihak pengirim. Dimana tokopedia memberi kuasa penuh untuk PT ASURANSI TOKIO MARINE untuk menghandle asuransi baik untuk kerusakan atau kehilangan barang kiriman.


TOKOPEDIA menerima premi asuransi atas kerusakan atau kehilangan barang kiriman. Akan tetapi ingin lepas dari tanggung jawab ketika pembeli klaim bahwa barang kiriman rusak pada saat diterima.


Tanggal 04 Oktober 2018 saya menerima barang kiriman dari penjual.

Melihat dusnya rusak maka saya bilang kepada kurir JNE untuk tidak ditinggal begitu saja. Saya unbox dulu.

Benar saja bahwa barang tersebut rusak. Airsoft yang saya beli slidernya pecah mungkin karena tertimpa barang lain atau hentakan.

Namun kurir menjelaskan bahwa kiriman ini tidak terasuransikan. Saya cek tokopedia, dan benar. Bahwa yang bertanggung jawab adalah TOKOPEDIA dan PT ASURANSI TOKIO MARINE.


Pada hari itu juga saya membuka pusat resolusi untuk komplain barang belanjaan saya tersebut.


Dan seperti yang anda sudah tebak, CS perwakilan tokopedia ini membantu 3 hari setelah tidak ada penyelesaian antara pembeli dan penjual di pusat resolusi. LAMA!


Spoiler for Penampakan Barang Diterima:


Setelah itu saya awali komplain, mungkin seller pun kaget dengan komplain saya ini. Karena packing sudah dibungkus dengan bubble wrap tebal.


Spoiler for Komplain:


Sampai beberapa kali balas berbalas dengan admin dan penjual, admin tokopedia tetap tidak akan mencairkan klaim asuransi karena BARANG YANG RUSAK INI BARANG YANG DILARANG DIJUAL.....


Admin tokopedia merujuk pada peraturan huruf K tentang jenis barang diperjual belikan:

  • - Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata.

Jadi ADMIN Tokopediamenganggap bahwa Airsoft Gun adalah Senjata, sementara Saya menganggap Airsoft Gun adalah Alat untuk Olahraga dan Hobi.


Sementara itu ada ketidak-konsisten-an admin dengan tokopedia sendiri, dimana TOKOPEDIAmenganggap Airsoft Gun adalah bagian dari olahraga.




Sementara ketika saya keberatan dipotong asuransinya, padahal saya tidak dapat manfaatnya. Saya meminta kepada ADMIN untuk mengembalikan uang saya beserta biaya asuransi, namun ADMIN tidak ingin mengembalikan dengan alasan yang tidak masuk akal.




Pembelian 9.600.000, ongkir 22.000, asuransi 19.ribu sekian. Masa yang dikembalikan 9.580.800 ??

Orang lagi minta klaim malah dipotong lagi uangnya. Saya protes karena terjadi kesalahan, akhirnya Admin meralat kembali:



Setelah diprotes akhirnya ADMIN akan mengembalikan dana 9.600.000 berikut ongkir 22.000.


Namun dengan catatan, saya kirim barang rusak ke seller, saya terima Rp 9.622.000

Artinya seller terima barang rusak. HEY ini barang rusak kan ga bisa dijual lagi??


Saya rasa ini tidak adil untuk penjual.


Lalu saya mendebat CS karena alasan huruf K penjualan dilarang itu basi dan tidak pada tempatnya, admin tokopedia berkelit lagi malah menyalahkan bahwa packing tidak cukup dengan bubble wrap. HARUSNYA DITULIS JIKA INGIN ASURANSI CAIR HARUS DIPACKING KAYU.



ARTINYA ADMIN INI MEMBELA TOKOPEDIA DAN PT ASURANSI TOKIO MARINE UNTUK TIDAK MEMBAYARKAN KLAIM YANG HARUSNYA DIBAYAR!!!!!


HATI HATI TERTIPU!

Jika demikian lebih baik kami berasuransi lewat JNE karena bisa dipacking kayu ditempat.


Dengan adanya surat ini saya inginkan kejelasan bukan dari Customer Service TOKOPEDIA, sekali lagi bukan maksud saya merendahkan profesi CS, saya tekankan. Namun memang CS Tokopedia mungkin tidak berwenang untuk mengambil tindakan apapun tanpa persetujuan atasannya. Maka saya berharap ada orang yang berwenang untuk menghubungi saya utk membicarakan kasus ini.


Saya berharap dengan adanya surat pembaca ini tokopedia bisa lebih berkerja-sama antara penjual dan pembeli.


Saya inginkan kejelasan. Saya disini pembeli, sebenarnya posisi saya ini sudah dimenangkan oleh TOKOPEDIA, namun demikian saya pun punya toko di TOKOPEDIA, yang mana suatu saat akan merasakan posisi seperti sebagai penjual.
Sementara ini masih menunggu kejelasan dari TOKOPEDIA, pengaduan ke YLKI pun akan dilakukan jika surat ini tidak ditanggapi.



Saya berharap ada kejelasan dan penyelesaian yang baik dari tokopedia. Semoga teman teman lain tidak terkecoh seperti saya dan penjual ini.


Terima kasih

Diubah oleh gimmeabeer 08-10-2018 11:51
AbdanHaq
seriousmass
seriousmass dan AbdanHaq memberi reputasi
2
24K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.