anvanvAvatar border
TS
anvanv
E-Sports MOBA Terbaik : DotA 2 !

Kalian tidak perlu mengetahui dan mempelajari banyak tentang E-Sports hanya untuk mengetahui tentang MOBA. Banyak yang sering mengatakan MOBA tapi tidak tahu MOBA itu apa, bukan ? Nah sedikit info, MOBA itu adalah singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena, yang juga masuk sebagai salah satu cabang E-Sports dunia. Untuk gameplay MOBA pasti kalian sudah tahu pastinya. 

Bicara tentang E-Sports MOBA siapa sih tidak mengetahui tentang DotA 2? E-Sport MOBA DotA 2 bahkan memiliki viewers paling banyak, menawarkan hadiah paling besar dan memiliki persaingan tim yang paling ketat untuk urusan E-Sports. Untuk menjadi pemain DotA 2 yang handal, anda wajib mengetahui dan mengerti cara main setiap hero yang ada, aturan dan strategi, serta kerjasama tim ketika bermain.


Zaman sekarang banyak sekali E-Sports baru yang bermunculan, tapi tidak pernah menutup sinar kesuksesan DotA 2 dalam hal E-Sports. Mengapa DotA 2 bisa menjadi E-Sports MOBA top dunia sampai sekarang ? Yuk cek fakta yang kudu ada 5 di bawah ini :

Mobile Legends I'm Your Father - DotA


1. Sejarah E-Sports MOBA DotA 2


Jauh-jauh hari sebelum MOBA diketahui, lahirlah Defense Of The Ancientsyang kita kenal sebagai DotA pada tahun 2003 oleh Blizzard Entertainment Inc. Sebuah game strategy yang sangat populer, Warcraft III dengan sistem permainan yang total berbeda dan baru.
Meninggalkan gameplay warcraft jadul seperti membangun base dan mengumpulkan bahan-bahan upgrade, Blizzard memberanikan diri membuat game dengan genre RTS (Real-Time-Strategy). Defense Of The Ancients ini tetap mengusung hero dari warcraft dan menjadi pertempuran 5 lawan 5.

Permainannya terlihat simple pada awalnya, hanya melawan minions, mengumpulkan gold, membeli equipment yang tepat, mengalahkan musuh dan menghancurkan towers lawan hingga inti basenya (Ancient). Yap benar, kata "base" yang muncul pada MOBA jaman now dimulai oleh DotA.

Dengan update penambahan features baru, equipment baru hingga hero baru (sekarang mencapai 110++ hero) untuk dimainkan dengan skill, status hingga cara bermain yang berbeda-beda yang membuat ketagihan pemainnya, DotA mulai berkembang menjadi salah satu game paling diminati di seluruh dunia. 


Hingga tahun 2009 muncul satu-satunya pesaing dari DotA, League Of Legendsyang memiliki genre permainan yang sama. Merasa tersaingi dengan kemunculan LoL, tahun 2011 Valve selaku developer yang telah "bekerja sama" dengan Blizzard Entertainment Inc. mengumumkan Beta game terbaru dengan genre yang sama dengan pendahulunya dan akan rilis gratis tahun Juli 2013, DotA 2. Dari sana perlahan DotA 2 mengambil ahli, turnamen demi turnamen dunia hingga DotA 2 menjadi salah satu E-Sports MOBA terbaik dan paling banyak disaksikan dunia. (Pada tahun 2013, The International, turnamen resmi DotA 2 tercatat pernah mencapai 4,5 juta viewers dalam 1 hari). First Blood !


2. Konsep dan Tentang DotA 2


Sebelum kita membahas tentang E-Sports DotA 2 lebih lanjut, ada hal yang harus dipahami oleh para pemain. MOBA memiliki konsep permainan yang tidak mudah untuk diikuti dan dipahami, tidak seperti shooters games maupun fighting games.

Kata paling mudah menjelaskan game MOBA ini yah hero harus tambah kuat dan hancurkan base musuh. Tetapi banyak sekali garis bawahyang harus anda pahami ketika bermain MOBA dan tidak semudah seperti penjelasan tambah kuat dan hancurkan base musuh. Masih ada map, lane, minions, hero, skills, set yang tepat hingga timing dalam melakukan aksi untuk kita pelajari. Untuk tambahan masih ada minions di hutan yang bisa kita manfaatkan untuk creeping maupun rekrut menjadi anggota kita dengan skill tertentu. Belum lagi ada Roshan the Immortal yang merupakan musuh wajib dan dapat mengubah posisi permainan. Loh kok bisa ? Yap karena setelah mengalahkan Roshan the Immortal kalian akan mendapatkan gold serta item untuk bangkit lagi saat mati tanpa menunggu respawn.


Zaman sekarang banyak sekali bermunculan MOBA mulai dari smartphone hingga PC yang memiliki tipikal yang sama dengan DotA 2. Lalu apa yang membuat DotA 2 berbeda dan banyak diminati ? Masih ada poin 3, 4 dan 5. Double Kill !


3. Strategi dan Jalan Permainan


Paling unik dari DotA 2 yah pastinya strategi dan jalan permainannya. Kenapa bisa ? Di MOBA lain mungkin kita pasti memenangkan permainan dengan beberapa cara yang pasti, tapi tidak dengan DotA. DotA 2 memiliki berbagai macam strategi permainan yang bisa anda lakukan, seperti warding, teknik support yang benar hingga perpaduan hero yang pas untuk mengubah jalan sebuah permainan yang mungkin sedang dalam posisi kalah dan kembali pada jalur kemenangan.


Kebanyakan MOBA mungkin anda akan melihat formasi 2-1-2, 2 di lane atas, 1 di lane tengah dan 2 lagi di lane bawah. Tapi di DotA 2 formasi ini bahkan tidak jarang berubah sesuai dengan lawan yang mereka hadapi. sebagai contoh bisa saja tim anda memiliki seorang offlaner, seorang yang memakai hero yang dapat menahan 2 hero lawan sendirian di 1 lane, roaming hero hingga best support untuk carry anda, membantu carry creeping mencari gold, men-deny minions sendiri agar lawan tidak mendapatkan gold, memasang ward untuk memantau pergerakan musuh di hutan maupun sungai agar tim tidak diculik (baca: sergap) musuh lawan yang datang dari lane lain. Banyak yang harus dipertimbangkan dan sebagainya. Banyak sekali cara dan strategi untuk membalikan keadaan yang mungkin tidak anda temukan pada MOBA lain. Segalanya bisa terjadi di DotA 2 apabila konsentrasi anda berkurang. 


Beda tim beda pula cara bermainnya, dan kedua sisi harus mencari tahu dan beradaptasi dengan strategi lawan masing-masing. Triple Kill !


4. Item, Gold dan 'Makan Pohon' Mungkin ?


Kebanyakan MOBA untuk upgrade item menjadi lebih bagus lagi biasanya menggunakan gabungan beberapa item yang ada. Tetapi untuk DotA 2 ada hal yang berbeda. Anda bisa berbelanja item di 2 penjual rahasia yang terletak masing-masing di map Sentinel dan Scource. Item-item yang disediakan biasanya sangat bermanfaat dan penting untuk build hero atau karakter yang anda mainkan. 

Kabar baiknya, DotA memiliki kurir yang bisa anda beli di base. Kurir ini bisa anda kendalikan untuk membeli barang yang anda mau dan mengantarkannya kepada anda maupun teman 1 tim. Oh ya, tanpa biaya antar. Promo khusus para pemain DotA. 
DotA 2 adalah game yang mewajibkan kita untuk tetap bertahan di lane selama dan seaman yang kalian bisa. Agar kalian dapat memaksimalkan Exp serta gold yang didapatkan dari minions. Disinilah mengapa sebuah Kurir sangat penting dalam pertandingan.
Kalian dapat membeli item untuk digunakan bahkan item penyembuhan seperti potion maupun tangoes. DotA 2 kan rindang dan asri, banyak sekali pohon yang hidup maupun yang sudah mati. Nah fungsi Tango ini biasanya dipakai di awal permainan dan bisa anda gunakan untuk memakan pohon yang ada guna regenerasi Health point anda. Bisa digunakan juga untuk saat melarikan diri. Teknik !
Bicara tentang Tango, harusnya bicara juga tentang item yang sangat berguna ini. Town portal scroll, yang digunakan untuk kembali ke base maupun tower lane tanpa harus berjalan kaki.


Sekali lagi hal utama dan normal dilakukan adalah memaksa lawan anda untuk kembali ke base mereka. Itu hanya sebagian kecil hal yang bisa dilakukan. Ultra Kill !


5. Besarnya Hadiah Pemenang E-Sports DotA 2


Berbeda dengan E-Sports lainnya, DotA 2 memiliki kompetitif tertinggi. DotA 2 juga memiliki konsep turnamen yang berbeda dengan E-Sports lainnya. Banyak sekali kualifikasi yang dilakukan sebelum tim-tim yang ada di seluruh dunia akan bertanding di tingkat yang lebih tinggi lagi. Biasanya turnamen DotA 2 ini akan selesai dalam kurun waktu 7-10 hari. The International sendiri membagi turnamen menjadi 3 season. Autumn, Winter dan Spring Season. Turnamen ini biasanya akan diselenggarakan di 3 lokasi berbeda di dunia ini. Untuk total hadiah juara E-Sports DotA 2, The International ini bisa mencapai puluhan juta dollar US. Siapa bilang Gaming tidak bisa membuat kaya ? Say nomore, it's E-Sports Time ! Rampage !


Kalau kita lihat dari track-recordnya, mungkin benar dan pantas kita katakan bahwa E-Sports DotA 2 adalah E-Sports MOBA terbaik Dunia saat ini. Menurut anda ?



>>REKOMENDASI HT <<
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star

By :  ANV
Sumber penulisan : ini, ini & ini
Sumber foto : Google


- Thread ANV yang lain -



Diubah oleh anvanv 12-10-2018 17:58
2
10.9K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.