terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Perkembangan Helm Perang Dari Masa Ke Masa
emoticon-Ultah Halo emoticon-Ultah













Dalam sebuah pertempuran untuk memastikan musuh benar-benar mati adalah dengan memukul kepala mereka, untuk mengatasi kelemahan ini manusia menciptakan helm untuk melindungi kepala mereka, namun helm tidak selalu bertujuan hanya untuk melindungi kepala ada juga dibuat untuk menaikan moral dan percaya diri mereka dimedan perang.


Beberapa helm perang ada yang full face tapi ada juga yang hanya berbentuk mangkok, tentu kegunaannya berbeda-beda, yang full face biasanya dipakai oleh prajurit depan dan yang mangkok kayaknya hanya dipakai oleh prajurit jarak jauh. 


Bentuk dan fungsi helm perang pun mulai berubah seiring perkembangan zaman, kaya gimana aja ya bentuk helm perang tiap masa? disimak yuk!






Corinthian Helmet ( abad ke-8 SM)



Spoiler for spoiler:




Pernah nonton film 300? Leonidas sang raja Sparta mengenakan ini saat berhadapan dengan prajurit Persia, sebagian besar besi menutupi wajah bertujuan menangkis panah yang mengarah ke kepala, desain kreatif ini teradapat 2 model pertama yang memiliki bulu diatasnya dan yang kedua tanpa bulu mirip yang digunakan patung pericles, kayaknya sih ini menunjukan pangkat prajurit.






Spangenhelm ( abad ke-6 sampai abad ke-11 M)



Spoiler for spoiler:

 



Spangenhelm berasal dari Jerman, helm ini sangat populer pada saat itu, banyak digunakan oleh bangsa Iran, Russia Selatan, dan Scythian. kalo kalian nonton kingdom of heaven pasti kalian baru sadar bahwa si Sallahadin pakai helm ini.







Iya GanSis helm ini sering dipakai oleh tentara muslim saat perang salib, bentuknya mirip dengan helm nasal yang dipakai di abad 12, biasanya helm ini dipakai bersamaan dengan chainmail atau masker sebagai pelindung leher.






Kettle Helmet (abad ke-11 M)



Spoiler for spoiler:





Helm lucu yang bentuknya mirip panci ini dikenakan oleh prajurit tombak abad pertengahan untuk mencegah serangan diatas kepala, biasanya dibuat dari besi keras tapi ada juga yang dibuat dari kulit hewan, helm ini sempat populer diantara tentara abad pertengahan karena selain kuat melawan serangan atas helm ini juga berfungsi untuk melindungi kepala dari sinar matahari.





The Great Helm (abad ke-12 sampai ke-14 M)




Spoiler for spoiler:





Saat senjata berupa palu perang dapat merusak sebagian besar helm, great helm bisa menahan kerusakan akibat palu, helm ini merupakan evolusi dari nasal helmet dan Spangenhelm juga digunakan oleh tentara perang salib. Helm silinder baja dengan lubang mata dan lubang didaerah hidung memungkinkan sang tentara bernafas dengan bebas saat perang berlangsung. Cocok untuk tentara bagian depan yang butuh perlindungan ekstra.






Bascinet Helmet (abad ke-14 M)





Spoiler for spoiler:




Helm perang ini sedikit lebih maju dari great helm, masih full face tapi bagian wajah bisa dibuka keatas untuk kenyamanan tentara, biasanya dikenakan oleh kavaleri berat dengan kuda yang merusak barisan pertahanan musuh dengan cepat dan mendapat perlindungan kepala dari panah kearah wajah mereka. Bascinet juga dipakai bersamaan dengan chainmail atau pelindung besi dileher mencegah serangan yang mengarah ke leher dan dagu. Modelnya sama seperti helm hornskull namun hornskull bagian wajahnya tidak bisa dibuka, bagian hidung yang lebih panjang agar wajah tidak terlalu pengap.






Sallet Helmet (abad ke-15 M)



Spoiler for spoiler:




Disaat sebuah helm perang dengan bagian wajah yang bisa dibuka mulai terkenal Jerman dan Itali mulai melakukan inovasi baru yaitu helm sallet, mereka melihat bascinet tidak mampu melindungi bagian belakang dan pundak dengan baik, munculah helm sallet dengan perlindungan menyeluruh kebagian belakang.






Armet Helmet (abad ke-16 sampai ke- 17 M)



Spoiler for spoiler:




Pernah melihat helm diatas? iya GanSis helm armet banyak dipakai sebagai properti dibeberapa film dan video game tentang perang era reinaissace, dikenakan oleh tentara berkuda, helm ini lebih muat atau ngepas isitilahnya, dikepala tentara dibanding helm sebelum-sebelumnya. Helm perang ini lebih keras dibagian pipi.








British War Hat (Abad ke-17 sampai abad ke-18)



Spoiler for spoiler:





Sebenernya TS kaga tau namanya apa hehe, seperti yang TS bilang diawal gak semua helm perang dipakai untuk melindungi kepala, ada juga yang dipakai untuk menaikan moral tentara seperti topi ini contohnya, banyak dipakai oleh tentara inggris dan perancis pada perang yang menggunakan senapan. liat video ini deh








Mereka perang dengan bangga diiringi dengan drum dapat menaikan semangat juang para tentara, biasanya para tentara ini menyerang dengan jumlah yang sangat besar. Kadang para terntara inggris mengganti topi ini dengan bearskin helm topi aneh yang sering dipakai oleh royal guard inggris








Lucu ya






Brodie Helmet (Abad ke-19 sampai ke-20)



Spoiler for spoiler:




Saat perang dunia pertama pecah para negara yang perang belum menyiapkan helm perang yang memadai, mereka memakai model seadanya dan bahan seadanya, munculah helm brodie yang banyak dikenakan oleh tentara perang dunia pertama bahanya pun hanya terbuat dari kulit hewan dan kain, yang gak memiliki perlindungan sama sekali terhadap senjata modern, tentara Perancis menggunakan ini untuk melindungi kepala mereka dari ledakan dan serangan artilery. Modelnya sama mirip kettle helmet diabad ke-11.






Brodie digantikan dengan dengan andrian helmet di tahun 1915 dengan bahan yang kuat dapat mengurangi kerusakan akibat senjata modern dan dipakai sampai perang dunia kedua.






Ballistic Helmet (Abad 21)



Spoiler for spoiler:



Seiringin perkembangan zaman, senjata pun makin kuat, terciptalah ballistic helmet, helm yang dibuat oleh U.S ini katanya mampu menahan peluru atau bulletproof, tapi tidak semua tipe peluru dapat ditahan hanya peluru pistol dan senjata jarak dekat lainnya, namun tetap tembus oleh rifle jarak jauh. Helm ini dibuat dari kevlar dan twaron kedua bahan balistik yang cukup kuat untuk menahan serangan peluru.








Meanwhile in Indonesia





Helm KYT (Abad 22)




Spoiler for spoiler:




Helm modern ini biasa dipakai oleh pengendara motor Indonesia untuk melindungi kepala mereka saat terjadi kecelakaan, namun untuk para pelajar dan supporter tolol helm ini digunakan untuk tawuran, helm KYT cukup kuat untuk menahan lemaparan batu dan tebasan celurit.






Dengan bangga para pelajar dengan helm ini berada difron depan sambil bergoyang memutar gear sepeda yang betujuan untuk menakuti lawan, sementara temannya melempar batu dari jarak jauh, strategi modern diberi nama 'BlitzTawuran" atau tawuran cepat karena para polisi segera datang untuk menangkap bocah-bocah tolol ini.






Maaf jika tulisan TS ga enak dihati Agan n Sista dan jika ada salah penulisan mohon perbaikannya



TS PAMIT




DO SVIDANIYA emoticon-Ngacir2





Suka thread tentang perang zaman dulu?  kenapa gak main kesini?

















Sumber dan referensi:


Spoiler for spoiler:







emoticon-Entahlah
Diubah oleh terlalurizky 07-10-2018 23:55
4iinch
merseysidered
azhuramasda
azhuramasda dan 4 lainnya memberi reputasi
5
19.8K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.