bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Asyik, Indonesia Bakal Punya Kereta Cepat Anti Gempa


MATA INDONESIA, JAKARTA – Bayangkan jika Indonesia memiliki kereta anti gempa, yang tahan dalam kondisi ketika terjadi bencana alam. Tak hanya anti gempa, kereta tersebut juga super cepat.

Kereta seperti ini ternyata sudah ada dalam konsep produksi PT Industri Kereta Api (INKA) (Persero). Bahkan, namanya pun sudah digadang-gadang, yakni Argo Cahaya.


Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro, menjelaskan, konsepnya kereta tersebut memiliki sensor yang mampu mendeteksi tanah saat terjadi gempa bumi, lalu mengirim sinyal ke ruang kendali agar kereta berhenti.

Budi memprediksi, realisasi kereta cepat anti gempa ini baru akan dimulai pada 2025 mendatang. Perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk produksi kereta dan infrastrukturnya mencapai Rp 200 triliun.

Menurut Budi, sebenarnya kalau hanya harga produksi kereta tidak mahal. Namun, nantinya anggaran akan terkuras banyak untuk pembangunan infrastruktur yang mahal.


“Produksinya disesuaikan dengan kemampuan pendanaan dari pemerintah. Kami sebagai produsen hanya ikut saja,” ujar Budi.

Rencananya kereta dengan kecepatan maksimal 300 kilometer per jam ini akan dipergunakan untuk rute Jakarta-Surabaya. Yakni dengan waktu tempuh hanya 2 jam saja.(Awan)


sumber


0
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.