Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
Ramai Netizen Bandingkan Pertemuan Jokowi dan Prabowo ke Mbah Maimoen
Ramai Netizen Bandingkan Pertemuan Jokowi dan Prabowo ke Mbah Maimoen


MATA INDONESIA, JAKARTA – Kunjungan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto ke Ponpes Al-Anwar di Rembang, akhir September 2018 lalu, belakangan ini jadi pembicaraan netizen.

Terutama, momen bertemunya Prabowo dengan ulama sepuh, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen, menjadi sorotan karena dianggap tak terlalu istimewa.


Satu persoalan yang diributkan netizen adalah sambutan Mbah Moen yang dianggap biasa-biasa saja kala Prabowo mengunjunginya. Kemudian, netizen mulai membandingkannya dengan kunjungan Jokowi saat ‘nyapres’ 2014 lalu.

Tak banyak hal istimewa dalam kunjungan Prabowo ke Mbah Moen. Sebagaimana kunjungan tokoh lainnya, Prabowo menyampaikan sepatah dua kata di hadapan santri, lalu giliran Mbah Moen yang berbicara.

Prabowo hanya berkata ia meminta restu dan izin sebagai tamu. Lalu Mbah Moen hanya berkata, “mencalonkan diri sebagai pemimpin adalah ibadah, tapi tetap Allah SWT yang menentukan.”


Ada juga yang menganggap, sikap Mbah Moen ke Prabowo tidak sehangat saat Jokowi mengunjunginya. Mbah Moen tampak lebih banyak menghemat kata-kata dan tidak terlalu menunjukkan ekspresi yang penuh kegembiraan.

Dibandingkan dengan Jokowi. Sang Presiden saat masih nyapres, sempat mendapat perlakuan istimewa dari Mbah Moen.

Saking istimewanya, hanya Jokowi yang diperbolehkan melakukan salat di kamar khusus Mbah Moen. Bahkan, saat tokoh-tokoh lain meminta izin salat di kamar Mbah Moen, ditolak dan diarahkan ke ruangan lain.


Bahkan, kalau dibandingkan wejangan spiritual yang diberikan Mbah Moen ke Prabowo, maka Jokowi jauh lebih banyak dan lebih dalam.

Mbah Moen banyak memberi nasihat-nasihat bijak, salah satunya adalah mengingatkan amanah keutuhan NKRI kepada Jokowi. Alhasil, Jokowi pun menang dalam Pilpres 2014 atas restu Mbah Moen yang menitipkan PPP dalam barisannya.

Setelah Jokowi menjabat presiden, ia lebih intens bertemu dengan Mbah Moen dibanding Prabowo. Dalam beberapa agenda, bahkan Mbah Moen yang datang memenuhi undangan Jokowi di Istana Presiden, 2016 lalu.


Meski tak terucap secara tegas dari bibir Mbah Moen akan memilih siapa pada Pilpres 2019 nanti, namun statusnya sebagai Ketua Majelis Syariah PPP bisa menjadi sinyal. Apalagi, PPP tergabung dalam koalisi pemenangan Jokowi. (Awan)




tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
5.7K
48
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.