Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Ini Dia 10 Brand Paling Populer di Kalangan Milenial Indonesia


Generasi milenial atau disebut juga sebagai Generasi Y, adalah generasi pertama yang melihat hadirnya internet sebagai sebuah penemuan hebat yang mengubah dunia. Kelompok generasi ini adalah orang-orang yang lahir pada kisaran tahun 1980-an sampai awal 2000-an. Berarti para milenial adalah generasi muda yang saat ini berumur sekitar 17 sampai 35 tahun.

Generasi milenial juga menjadi generasi yang di masa mudanya sudah banyak merasakan dampak dari hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan teknologi, seperti internet, komputer, smartphone, media sosial, bahkan video games.
emoticon-Games

Di Indonesia sendiri, dari total keseluruhan jumlah penduduknya, jumlah generasi milenial ini bisa dibilang cukup tinggi. Jika diukur dengan angka, ternyata 1 dari 3 penduduk Indonesia adalah milenial, dan 8 dari 10 generasi milenial ini sudah "melek internet."

Karena populasi mereka yang cukup banyak, ternyata peran dari generasi milenial bisa berdampak pada suatu bisnis atau brand. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari sebuah firma riset dan analisis data pasar berbasis internet skala internasional, YouGov, mengungkapkan bahwa para milenial bisa mendorong kepopuleran terhadap suatu brand.
emoticon-Cool



Indomie misalnya, adalah brand yang paling banyak dibicarakan di kalangan generasi milenial. Data baru dari YouGov BrandIndex mengungkapkan, brand mie instan asal Indonesia yang paling terkenal dan sudah memasuki pasar mancanegara ini menduduki peringkat teratas. Indomie mendapat respon positif dari kalangan pemuda/pemudi berusia 18 hingga 34 tahun di Indonesia, dan jadi brand paling sering didiskusikan dengan teman-teman mereka.



Sebagai satu-satunya brand makanan kemasan yang masuk sepuluh besar, Indomie memimpin dengan skor 79,0. Diikuti platform media sosial Instagram (77,3) di posisi kedua, lalu platform e-commerce Shopee (76,1) di posisi ketiga, dan Facebook (74,8) di posisi keempat. Brand yang berfokus di bidang teknologi/digital memiliki posisi yang kuat di sepuluh besar, seperti pabrikan elektronik Samsung (74,6) di posisi kelima, Xiaomi (73,1) di posisi enam, dan platform video-streaming YouTube (72,6) di posisi ketujuh.

Selanjutnya ada maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia (72,0) di posisi kedelapan, restoran cepat saji KFC (71,0) di posisi kesembilan, lalu situs booking hotel Airy Rooms (70,3) yang menutup posisi sepuluh besar.

Ervin Ha, Kepala Pusat Data YouGov mengatakan: "Indomie telah memenangkan hati masyarakat muda Indonesia, dengan ragam rasanya yang unik serta ketersediaan produk yang menjangkau kios atau warung di seluruh pelosok negeri. Sebagai satu-satunya brand makanan kemasan dalam sepuluh besar, Indomie telah berhasil memposisikan dirinya di ujung lidah anak-anak muda Indonesia." emoticon-Big Grin



Selain sepuluh besar brand-brand yang populer, ada pula sepuluh besar brand yang mengalami peningkatan kepopuleran terbesar dan mendapat respon positif selama 12 bulan terakhir di kalangan generasi milenial. Apple (dengan produk iPhone/iPad) menduduki peringkat teratas daftar 'most improvers' dengan peningkatan skor +16.5. Lalu di bawahnya ada Volvo (+10.9), Korean Air (+8.4), Plaza Senayan (+8.2), dan seterusnya (lihat gambar di atas).

Data ini diambil berdasarkan pada metrik 'Word of Mouth' YouGov BrandIndex, yang mengukur seberapa sering responden telah mendiskusikan suatu brand dengan teman-teman atau keluarga mereka (baik secara langsung, maupun online melalui media sosial) dalam kurun waktu tertentu sampai per tanggal 31 Agustus 2018. Lalu kemudian data disaring, brand-brand mana yang mendapat respon positif atau negatif dari pembicaraan mereka. Data ini hanya mengambil pandangan dari responden para milenial Indonesia yang berusia 18 sampai 34 tahun.

emoticon-cystg


Referensi: YouGov
Diubah oleh codename.isal 05-10-2018 00:13
2
18.5K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.