Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Buku
  • Reveiew Novel AYAT-AYAT CINTA 2 - Habiburrahman El-Shirazy #AslinyaLo

whoappleAvatar border
TS
whoapple
Reveiew Novel AYAT-AYAT CINTA 2 - Habiburrahman El-Shirazy #AslinyaLo
Reveiew Novel AYAT-AYAT CINTA 2 - Habiburrahman El-Shirazy #AslinyaLo

Reveiew Novel AYAT-AYAT CINTA 2
Sebuah Novel Pembangun Jiwa – Habiburrahman El-Shirazy#AslinyaLo
 Detail Buku:

Ukuran  : 13,5 x 20,5 cm
Halaman : vi + 690 halaman
Isi : Book Paper 55 gram
Kaver : Soft Cover, Art Carton 230 gram, Spot UV, Embos

Assalamualaikum wr. wb.

            Alhamdulillah dengan semangat Kaskus #AslinyaLoTS akhirnya dapat motivasi buat ikutan meramaikan event Kaskus di forum buku. Jujur awalnya TS nggak pernah kepikiran untuk ngebuat akun di kaskus karna TS cuman pengen jd Silent Reader yang manfaatin kaskus cuman sekedar buat nambah informasi yang kekinian dan nggak ada niatan untuk bersosial-media di kaskus... awalnya doank lho yaa.. hehe emoticon-Najis (S)emoticon-Malu (S)
            Saat TS sering mergokin bini mainan kaskus sampe berjam-jam, TS jadi penasaran ngapain si buat akun di kaskus sampe ikutan komeng dan nimbrung buat tenda segala sampe berjam-jam?! kan sekedar baca kayak liat koran (baca tanpa ninggalin jejak, red) gitu aja udah beres. Emang penting ya ngelakuin itu..? Buat apa si repot-repot bikin akun terus ikutan komeng juga.. (sungguh pemikiran yang katrok dan ndeso, di kala itu, bwahahaha..) emoticon-Malu (S)emoticon-Ngakak (S)
            Lalu, saat TS di kasih tau betapa serunya ngebahas hal-hal yang update maupun berita kekinian itu seru banget!! kata istri ane rugi kalo kita sampe ketinggalan nimbrung di kaskus yang berita nya uptodate dan Wow Bingit.. (Haha lebay emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Blue Guy Peace) namun pada saat itu ane ya cuman dengerin sambil lalu doank, hehe. Lalu suatu ketika ane kehabisan ide buat baca2 di kaskus, ane iseng nyari2 novel atau cerita2 buat ngisi waktu luang yang gak ngebosenin gitu, terus sama bini di saranin buat baca SFTH di kaskus gitu.. eh ternyata cerita nya keren2 banget cuy,,,emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S) mungkin karna berlatar dari kisah nyata dari TS nya ato orang2 di sekitarnya gitu kali ya jadi alur dan narasi nya bagus gila. emoticon-Cendol (S)Sampe ane pantengin terus tiap hari ato tiap minggu nya buat nunggu update an yang sukanya kentang banget, bahkan sampe hari ini ane masih lanjutin baca SFTH yang berasa kayak baca W*btoon aje, bahahahaha. emoticon-Hammer (S)emoticon-Betty (S)
            Okey lanjut aja gan, dari pada TS cerita yang gak jelas,emoticon-Cape d... (S) mending langsung cus aja bahas Review buku non-fiksi di forum Kaskus ala #AslinyLo. Jujur ane kurang Pede ama tulisan sendiri karna TS cuman hobi membaca cerita, bukan menulis sih, jadi kalo bahasanya kurang menarik ato gimana tolong di kasih masukan dan perbaikan yak.. emoticon-Cendol (S)jangan malah di hujat emoticon-Bata (S)ato di bullyemoticon-Blue Guy Bata (S).. piss, heheemoticon-Blue Guy Peace
            Sebenernya TS sendiri bingung mau review buku yang mana, karna menurut TS banyak banget Buku ato novel yang perlu di review, apalagi novel yang di jadiin film macam Laskar Pelangi nya Andrea Hirata, Ayat-ayat cinta karya Habiburrahman alias kang abiq, Dilan nya Pidi Baiq dan masih banyak lagi novel2 bagus yang di filmin lainnya. Kali ini TS milih ngereview Ayat-ayat Cinta 2 lanjutan dari Ayat-ayat Cinta, yang mana Film nya udah booming dan heboh di awal taun ini. Banyak hastag dan trending topic di sosmed perihal film buatan Guntur Soehardjanto saat itu. Nah kali ini TS pengen review versi novelnya.emoticon-Malu (S)
            Bagi yang udah liat versi film nya tapi belum baca novelnya, mungkin akan bilang “aah, paling ceritanya gitu-gitu aja, kayak di filmnya, dan bla bla bla ...” eits, jangan salah gan. Banyak pihak yang berpendapat kalo novelnya masih lebih bagus dari versi filmnya lho. Yah kita kan tau sendiri kalo membuat film dari novel itu nggak semudah membalikkan talapak tangan. Jangan kan film indo yang menurut ane kualitas nya udah lumayan bagus gitu, film luar sekelas Harry Potter ato Twilight aja masih banyak komentator yang bilang novelnya jauh lebih bagus. Tapi yang perlu agan tau, justru dari film lah salah satu ajang promosi agar agan-agan lanjut beli & ngebaca novel nya. Ya biar makin tau isinya gimana, detailnya gimana dan bedanya dimana aja, getooh.. heheemoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-Bookmark (S)
            Kalo kita baca novel Ayat-ayat Cinta 2, kita akan semakin tau karakter Fahri tu gimana, yang kalo di film cuman di gambarkan dengan seni peran dan akting seorang Fedi Nuril, tapi dengan kita ngebaca novel nya, kita akan tau tiap kata dan kalimat yang menggambarkan lebih detail sosok fahri sesungguhnya yang mana sifat dan karakter tersebut cuman bisa dijelaskan dengan kata-kata dari isi novel karya Habiburrahman yang akrab di panggil Kang Abiq. Jenis novel nya sendiri aja ada label nya “Novel Pembangun Jiwa” yang jadi ciri khas nya novel dari Kang Abiq. Menurut TS, kita akan jadi lebih termotivasi untuk ikutan punya sifat atau karakter kayak Fahri untuk di terapkan di dunia nyata beneran lho gan. Karna TS gak boleh spoiler ceritanya si fahri, ya jadi ane bikin makin penasaran aja para reader buat beli & ngebaca novel Ayat-ayat Cinta 2. Heheheemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Betty (S)
            Menurut TS, versi film nya saat menyuguhkan cerita dan informasi tentang keseluruhannya, nggak sebanyak dan sedetail di versi novel nya si. secara Novel setebal 690 Halaman tersebut akan membutuhkan durasi film lebih dari 2 jam, mungkin malah bisa seharian penuh kalo emang mau di buat film versi full story nya. Padahal Ayat-ayat Cinta yang pertama aja cuman 418 halaman, alias ada penambahan sekitar 50% nya ato 250an halaman lebih. Jujur novelnya yang kedua tuh lebih tebal banget, penuh dengan cerita yang sangat kompleks, nggak ngebosenin dan alurnya tuh bikin TS pengen baca terus dah. Kalo dengan kesibukan sehari-hari gitu, TS sendiri butuh waktu 3 hari buat ngebaca keseluruhan nya. Iyaa serius cuman 3 hari buat nyelesaiin keseluruhan nya, saking menariknya ngebaca novel ini.emoticon-Najis (S)emoticon-Ngakak (S) Pagi sore malem kalo ada waktu luang ane lanjutin terus ngebacanya. 
            Karna TS paling penasaran dengan endingnya, saat itu TS mulai baca tuh dari 3 Bab terakhir lho.. Iyaa beneran!! ane ngebaca nya tuh dari bagian-bagian akhir dulu. Pertama ane ngebaca dari 1 Bab terakhir, terus kurang puas ane baca lagi mulai dari 2 Bab terakhir, dan masih kurang puas lagi akhirnya ane mulai dari 3 Bab terakhir aja ane bacanya, baru ane lanjutin lagi mulai dari Bab pertama di awal-awal lagi.. Gokil nggak sii..?emoticon-Hammer (S)emoticon-Najis (S)
Karna saat ane baca sinopsis nya tuh udah penasaran banget, yang mana Aisha istrinya fahri tuh ilang!! Yups, di film di ceritain Aisha ilang di Pales*ina dan bla bla bla. Tapi di versi novel tuh kita bisa tau lebih detail nya gimana perasaan Aisha saat ilang dan di tahan oleh tentara Isr*il. Betapa mengerikan nya saat-saat di siksa dan mau di jadiin budak pelampiasan nafsu oleh tentara2 tersebut.. hiiyyy, emoticon-Takut (S)emoticon-Mad (S)ane jadi merinding banget saat ngebacanya gan. Dan saat Fahri tau kalo ternyata si Sabina yang berwajah buruk rupa dan bersuara serak gitu adalah si Aisha istrinya yang ngilang itu. Disini TS ngerasain betul gimana rasanya saat suami yang udah lama terpisah dan kemudian nemuin istrinya yang udah bertaun-taun ngilang terus bisa ketemu lagi, dan ternyata istrinya yang selama ini dicari-cari ternyata masih hidup dan tinggal disekitarnya sebagai sosk wanita yang tidak pernah dibayangkan nya yaitu dari sosok Sabina. Asliii Ngenes paraahh,emoticon-Frownemoticon-Berduka (S) jauh lebih ngenes dari para jonesman dan joneswati....hehe emoticon-Betty (S)emoticon-Hammer (S)
            Di sisi yang lain dalam novel juga di ceritakan bagaimana kesuksesan fahri membangun karir nya dari segi akademis dan segi bisnis dalam satu waktu. Di samping dia menjadi dosen di universitas di daratan eropa yang bergengsi, dia juga aktif menjadi pengusaha kelas kakap yang sukses. Dalam dunia akademis Fahri juga aktif sebagai cendekiawan muda dimana dalam novelnya dijelaskan saat dia mengikuti debat paling bergengsi di dataran eropa tentang masalah agama dengan para debatur kelas atas dari bangsa eropa. Jujur TS gak bisa bayangin gimana ada orang Indo yang fasih berbahasa Internasional yang pintar berargumen dan beradu debat macam Fahri nih, betapa seru, membanggakan, ajib gile dan penuh wawasan banget saat debat dilakukan dalam ajang bergengsi di panggung Oxford Debating Union. Sayangnya di Film nya nggak di liatin adegan kayak gini nih. Makanya agan-agan ane saranin buat beli & baca versi novelnya biar lebih tau. emoticon-Big Grinemoticon-Cendol (S)
            Menurut TS, novel Ayat-ayat Cinta 2 bagus banget gan, rate nya ane kasih 9 dari 10. Karna selain bacaan ringan yang mudah dipahami dan bikin nagih terus buat ngebacanya, novel ini bisa dijadikan contoh karakter yang patut ditiru dan kita juga bisa tau kondisi isu-isu yang berkembang tentang islam di negara-negara maju kayak di eropa dan sekitarnya gitu. Selain itu ada juga bagian di cerita tentang gimana seru dan menantangnya saat bersosialisasi di lingkungan budaya barat saat kita jadi kaum minoritas gitu, secara orang indo maupun orang muslim masih di pandang sebelah mata oleh orang2 barat sana. makanya dengan kita ngebaca novel Ayat-ayat Cinta 2 kita jadi banyak tau kehidupan bermasyarakat ala-ala Fahri dan Aisyah nya kang Abiq. emoticon-Embarrassmentemoticon-Betty (S)

Sekian dari ane, kalo agan berkenan kasih rate emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Cendol Ganserta komentar (yang jujur gpp gan biar jadi masukan buat TS nyaa, hehe).emoticon-Hammer (S)emoticon-Betty (S) Terima kasih udah mampir di Thread ane yang pertama ini dan salam kenal yaa.. emoticon-Shakehand2
Wassalamualaikum wr. wb.


Sumber : keseluruhan dari pendapat TS sendiri, kalo Gambar langsung jepret dari HP emoticon-Motret


Diubah oleh whoapple 22-09-2018 09:03
1
1.8K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.