• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Kesalahan ‘Kecil’ Calon Pelamar sehingga Gagal Lolos Seleksi CPNS

zayyan123Avatar border
TS
zayyan123
6 Kesalahan ‘Kecil’ Calon Pelamar sehingga Gagal Lolos Seleksi CPNS
Menjadi pegawai negeri sipil merupakan impian bagi semua masyarakat di Indonesia. Pasalnya, selain bisa bekerja terhadap negara, jadi seorang PNS sudah tentu punya jaminan kesejahteraan finansial yang stabil bahkan setelah pensiun nanti.


Foto : Okezone.com

Pada tanggal 26 september yang lalu, pemerintah telah membuka rekrutmen CPNS 2018 untuk sekitar lebih dari 200 ribu formasi di instansi pusat maupun daerah. Seperti setiap tahunnya, pelamar CPNS selalu banyak hingga ratusan juta orang berbondong-bondong untuk bisa mendapatkan pekerjaan idamannya.

Perjuangan untuk bisa lolos bukan hal yang mudah, peserta harus kerja keras dan mempunyai persiapan yang matang. Persaingan yang cukup ketat tersebut yang membuat para peserta dituntut untuk tidak membuat kesalahan sekecil apapun kalau mau lolos sampai tahap akhir.

Nah buat kalian yang tertarik ingin mendaftar CPNS, kali ini laptopsiipat akan memberikan beberapa kesalahan sepele yang sering diabaikan oleh peserta. Padahal bisa berujung fatal.


6 Kesalahan ‘Kecil’ Peserta CPNS Ini Justru Bisa Berujung Fatal


1.    Kurang cermat dalam mengisi data administrasi


Unplash/Ben Mullins

Pada tahap ini, pelamar diminta untuk mengisi secara lengkap dan detail data pribadi ataupun data yang lainnya.

Banyak pelamar yang terlalu terburu-buru mengisi data, sehingga membuat datanya tidak valid. Ada beberapa format yang hanya boleh diisi satu kali dan tidak bisa diganti lagi, salah sedikit saja bisa berakibat fatal saat sudah diterima nanti karena harus mengurusnya dua kali.

Jadi untuk itu perhatikan setiap tata cara serta aturan dalam mengisi data administrasi dengan cermat agar nantinya kamu bisa lolos ke tahap berikutnya.

BACA JUGA :  Tidak Tertarik Jadi PNS? 6 Profesi Ini Cocok Untuk Anak Muda Jaman Now

 

2.    Asal memilih instansi dan formasi tanpa memikirkan peluang



Banyak pelamar yang masih binggung untuk menentukan instansi atau formasi yang ingin diambil. Sehingga ujung2nya asal ambil instansi dan formasi tanpa memikirkan keahliannya. Hal tersebut tentunya akan berakibat fatal buat kamu kedepannya.

Pilihlah instansi dan formasi sesuai keahlian kamu, selain itu kamu juga harus jeli melihat peluang yang ada pada instansi tersebut.



BACA JUGA : 5 Tips Lolos Seleksi Tes Administrasi CPNS

 
3.    Menganggap remeh TKD (Tes Kemampuan Dasar)


Unsplash/Unsplash/Rob Bye

TKD terdiri dari beberapa bagian yang diantaranya adalah Tes Karakteristik Pribadi, Tes Wawasan Kebangsaan, dan Tes Intelegensi Umum. Ketiganya mempunyai standart skor tersendiri.

Meski sudah lolos tahap administrasi, tak jarang peserta gugur karena ada satu bagian yang tidak memenuhi standart skor. Meski sudah memenuhi akumulasi skor ketiganya pun, peserta juga bisa gugur karena belum memenuhi syarat selanjutnya untuk masuk tahap TKB. Jadi, kalau kamu ingin lolos pada tahap ini, Kamu harus bisa mempersiapkan matang-matang, Jangan disepelekan ya!




BACA JUGA : Penting!! Perhatikan 6 Hal Sepele Ini Sebelum Mendaftar CPNS 2018

 
4.    Kurang persiapan latihan soal


Unsplash/Alexander Michl

Kesalahan fatal selanjutnya adalah para peserta kurang terbiasa menghadapi soal-soal yang muncul pada tes TKD dengan sistem CAT atau pada TKB. Untuk itu mulailah latihan soal-soal yang ada di Internet. Tapi lebih bagus lagi kamu bisa membeli buku latihan soal CPNS yang tersedia di toko buku.

BACA JUGA : 9 Bocoran Persiapan CPNS Dari Mantan Peserta yang Berhasil Jadi PNS

 
5.    Ikutan rekrutmen CPNS cuma setengah-setengah, tidak totalitas


Imdb.com

Kalau kamu memang niat ingin jadi PNS, kamu juga harus totalitas terhadap segala upaya kamu. Jangan cuma hanya sekedar ikut-ikut saja, sehingga nantinya akan berenti ditengah jalan.

Jadikan ini adalah kesempatan berharga yang perlu kamu ambil bukan hanya untuk menyenangkan orang lain saat kamu diterima nanti, tapi juga menyenangkan dirimu sendiri. karena kamu sudah berhasil mengapai impian.


6.    Belum siap secara mental


unplash/Smart


Mentalmu akan diuji saat rekrutmen CPNS. Kamu harus bersaing bersama ratusan juta orang. Ambil kesempatan ini untuk keluarkan semua potensi dalam dirimu. Mintalah restu kedua orang tua, tekun belajar, dan intinya berdoa.

Yakinlah pada dirimu sendiri, kalau kamu bisa lolos sampai tahap akhir. karena kamulah pelaku dari kesuksesan ataupun kegagalanmu tersendiri. 


Akhir Kata


Nah itu dia 6 Kesalahan kecil yang bisa berakibat fatal saat rekrutmen CPNS2018. Jadi pada intinya balik ke diri masing-masing, kalau kamu mempunyai tekad yang kuat untuk meraih apa yang kamu mau. Pastinya semua akan mudah untuk dijalankan.


Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.


Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian ya. Terimakasihemoticon-Smilie


SUMBER : http://www.laptopsiipat.com/2018/10/...amar-cpns.html

0
1.1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.