ideotlogiAvatar border
TS
ideotlogi
Ternyata Ini 4 Alasan Utama Seseorang Menjadi Vegan





Di era kemajuan teknologi pangan seperti saat ini, ada berbagai macam diet yang kian marak di tengah-tengah masyarakat. Di antara diet-diet tersebut terdapat veganisme yang condong terhadap diet nabati (plant-based diet).

Quote:


Banyak stigma negatif yang melekat pada vegan, mulai dari "vegetarian versi ekstrem", "kurang bersyukur", hingga "manusia yang gak menikmati hidup". Untuk itu, TS hendak membahas empat alasan utama seseorang menjadi vegan supaya Agan dan Sista gak salah paham.

Apa saja sih alasannya? Simak di bawah ini, GanSis!

1. Kesehatan I: mencegah penyakit degeneratif



Gak bisa dipungkiri bahwa mengonsumsi produk hewani berimbas terhadap peningkatan kolesterol dan yang pada akhirnya berisiko menimbulkan beragam penyakit degeneratif seperti serangan jantung, diabetes, stroke, kanker, dan osteoporosis.

Apakah konsumsi daging selain daging merah (sapi, kambing, babi, rusa, dll) seperti ayam dan ikan lebih baik? Jawabannya bisa kita telusuri dari asal usul daging tersebut. Mayoritas vegan berpendapat bahwa daging yang saat ini dikonsumsi oleh manusia berasal dari peternakan yang identik dengan rekayasa genetik yang jauh dari sehat dan alami.


2. Kesehatan II: menghindari alergi



Siapa di antara Agan dan Sista yang punya alergi terhadap produk hewani? Kalau ane sendiri alergi susu sapi, kambing, dan susu hewani lainnya.

Tentu gak heran banyak dari kita yang enggan atau bahkan sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani tertentu. Sebab tiap-tiap orang punya alergi atau ketidaksukaan terhadap makanan atau minuman tertentu.

Namun bukan berarti produk nabati aman dari alergi ya, sebab kenyataannya ada pula yang alergi terhadap kacang tanah, produk olahan kedelai, serta berbagai jenis kacang-kacangan lain.






3. Menjaga kelestarian lingkungan



Environmental vegan fokus terhadap konservasi alam, mengurangi atau bahkan menolak penggunaan produk hewani seperti perikanan, perburuan, dan peternakan.

Laporan PBB menyimpulkan bahwa peternakan (kebanyakan sapi, ayam, dan babi) mempengaruhi udara, tanah, tanah, air, keanekaragaman hayati dan perubahan iklim. Ternak mengonsumsi 1.174 juta ton makanan pada tahun 2002 — termasuk 7,6 juta ton tepung ikan dan 670 juta ton sereal, sepertiga dari panen sereal global — dan pada tahun 2001 mengkonsumsi 45 juta ton akar dan sayuran dan 17 juta ton pulsa.

Pada 2006, industri peternakan menyumbang sembilan persen emisi karbon dioksida antropogenik, 37 persen metana, 65 persen nitro oksida, dan 68 persen amonia. Limbah peternakan memancarkan 30 juta ton amonia setahun, yang menjadi penyebab hujan asam.

Hasil penelitian di atas setidaknya cukup menjadi pegangan argumen vegan bahwa membatasi konsumsi hewan dapat menjaga kelestarian lingkungan.


4. Moralitas



Sudut pandang vegan menggambarkan bahwa konsumsi produk hewani jauh tidak etis dibandingkan konsumsi produk nabati. Walaupun sama-sama makhluk hidup, vegan beranggapan bahwa tanaman tidak 'tersiksa' sebagaimana hewan  yang memiliki keinginan, ingatan, dan kemampuan untuk melakukan berbagai hal.

Apalagi kenyataannya manusia gak hanya mengonsumsinya untuk kebutuhan isi perut, tetapi juga meliputi konsumsi dari segi kesenangan seperti penggunaan kulit, bulu, rambut, hingga tanduk atau gading hewan.

Salah satu faktor utamanya adalah pengalaman buruk menyaksikan langsung peternakan: mulai dari pemberian pakan, pemisahan telur atau bayi hewan dari induknya, pemerasan susu, hingga proses penyembelihan.

Pandangan ini sering menimbulkan kontroversi dan pro-kontra karena moral bagi setiap orang tentu bisa berbeda.



Kesimpulan
Apa pun pandangan dan gaya hidup Agan dan Sista terhadap konsumsi hewani maupun nabati, hindarilah berlebih-lebihan. Jangan pula merasa lebih superior apabila punya pandangan yang berbeda.

__________



8 Reasons Meat Is Bad For You (Yes, Even Chicken)
Steinfeld et al. 2006

__________



__________


Polling
Poll ini sudah ditutup. - 69 suara
Mengapa Agan / Sista Tidak Mengonsumsi Produk Hewani?
Menjaga kesehatan dari penyakit degeneratif dan alergi
13%
Menjaga kelestarian lingkungan
3%
Moral (etika)
10%
Ane masih mengonsumsi produk hewani (daging, telur, susu, keju, madu)
74%
Diubah oleh ideotlogi 09-10-2018 09:34
swiitdebby
go.gone
go.gone dan swiitdebby memberi reputasi
2
11.4K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.