dewaagniAvatar border
TS
dewaagni
Bahaya Keseringan Nonton Film di Laptop
Bahaya Keseringan Nonton Film di Laptop



Gambar seorang wanita sedang menonton film

Nonton Film di Laptop Dapat Mengancam Keselamatan - Sebagai seorang mahasiswa, tidak ada yang dilakukan di kosan selain melakukan hal-hal seperti main game, nonton film, atau mengerjakan tugas di Laptop. Tapi, tahukah Anda bahwa terlalu sering nonton Film di Laptop itu dapat mengancam keselamatan ? Keselamatan siapa? Tentu saja keselamatan Laptop sobat. Kenapa? Baiklah penulis akan menceritakannya.


Tutorial ini masih terkait dengan artikel saya sebelumnya yang membahas tentang masalah yang ada pada layar/LCD. Pada saat saya menservice laptop saya, banyak sekali ilmu yang saya serap tentang masalah Laptop, pada postingan kali ini, saya akan berbagi ilmu kepada sobat setia akumaru.com.


Kenapa sih sampai dibilang mengancam keselamatan segala ? Penulis lebay nih.

Bukannya lebay sobat, penulis sampai menulis judul seperti itu karena memang masalahnya serius apabila laptop sobat dipaksakan untuk menonton film. Tau gak, bahwa kalau laptop kita dipakai sering nonton film, maka kinerja mainboard akan lebih keras karena menampilkan grafik- grafik yang ada di film. Kita sih enak saja menonton, tapi si laptop kasihan berjuang untuk menampilkan tampilan terbaiknya.


Dari penjelasan diatas, sobat tau apa akibat sering nonton di Laptop? ya, betul. Jawabannya adalah mainboard sobat akan rusak. Loh, lalu dimana bagian yang mengancam keselamatannya? Perlu sobat ketahui bahwa mainboard itu ibarat jantung pada manusia. Pada laptop harga mainboard ini sangat mahal sekali, sehingga bila sobat akan menservice laptop yang main boardnya rusak, akan mendapatkan jawaban : "lebih baik beli laptop baru mas, daripada service, sayang uangnya".


Kenapa bisa begitu?

Mainboard itu pusatnya laptop, intel processor, RAM, VGA juga terpasang disana. Dan apabila mainboard sudah kena alias rusak. Otomatis semua yang terpasang di mainboard juga akan tidak bisa digunakan. Kalau mau ganti mainboardnya saja tanpa lepas processornya kan bisa? Tidak sob, karena processor sudah menjadi satu dengan mainboardnya, itu sebabnya tetap harus diganti mainboardnya, atau lebih tepatnya ganti laptop baru saja.


Mainboard Laptop

Aku gak mau beli laptop baru, masih sayang dengan laptop lama.

Terserah sobat kalau maunya memang begitu, namun saya sendiri lebih memilih untuk membeli baru, ketimbang membeli mainboard yang harganya hampir sama dengan laptop baru. Dengan membeli laptop baru, otomatis semuanya juga baru, bukan hanya mainboardnya saja yang baru.


Apa saja yang menyebabkan kerusakan pada mainboard ?

Salah satunya nonton film itu tadi, selain itu main game berat, dan melakukan aktifitas berat lainnya pada Laptop.


Laptop kan punya fasilitas play video, kok gak boleh nonton film di laptop?

Penulis tidak melarang sobat untuk nonton film di laptop, namun menghimbau agar pemakaian untuk menonton film tersebut diatur agar laptop sobat awet. Terlebih lagi, disini penulis menekankan bahwa ini sangat mungkin terjadi pada laptop yang minim fasilitas (netbook, laptop yang tidak mensupport multimedia). Saran penulis beli lah laptop yang mensupport multimedia apabila sobat senang sekali nonton film. Harga menentukan kualitas, merk juga menentukan kualitas.


Akhir kata..

Carilah laptop yang sesuai dengan kebutuhan sobat, bila sobat suka bermain game, carilah laptop gaming. Bila sobat suka menonton film, carilah laptop multimedia. Bila sobat senang dengan aplikasi editing yang berat, carilah laptop yang sesuai.


Jangan paksakan laptopmu untuk menuruti keinginanmu, laptop juga memiliki batas performa dia, dimana bila dia melewati batas tersebut terlalu sering, maka kinerjanya akan menurun bahkan dia akan tidak mau bekerja lagi.


Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua, tambahan dari sobat akumaru.com :

SPESIFIKASI MINIMAL DR LAPTOP/PC MULTIMEDIA
1. Intel dual core ato lbh
2. 2 Gb ddr 3
3. VGA ATI/NVIDIA
4. DIRECTX 10 ato lbh
*dari sobat megan tara

Terimakasih untuk sobat akumaru.com yang sudah berkunjung dan memberikan komentarnya emoticon-Smilie

http://guide-akumaru.blogspot.com/20...aptop.html?m=1
-1
7.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.