Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

flockomAvatar border
TS
flockom
Sejumlah Mobil Esemka Jenis Pikap Terparkir di Pabrik Boyolali
TEMPO.CO, Boyolali - Deretan mobil pikap bercat putih itu diparkir rapi di halaman depan sisi timur PT Solo Manufaktur Kreasi, pabrik mobil Esemka di Boyolali. Tanpa atap pelindung, mobil-mobil yang masih tampak baru itu terpanggang teriknya sinar matahari pada siang itu, Selasa, 2 Oktober 2018.
“Ya itu mobilnya, terlihat dari sini kan,” kata seorang lelaki berpakaian bebas di gazebo bambu di balik gerbang PT Solo Manufaktur Kreasi.
Saat itu Tempo menyampaikan tujuannya bertandang ke pabrik yang berada di wilayah Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, itu untuk keperluan konfirmasi berkaitan dengan informasi tentang rencana peluncuran mobil Esemka dalam waktu dekat.
Baca: Mobil Esemka Akan Meluncur, Begini Situasi Pabriknya di Boyolali

Namun Tempo tidak diizinkan mendekat ke deretan mobil tersebut. Tempo juga tidak diperkenankan ketika hendak memotret dari jarak jauh. “Mohon maaf, karena pabrik ini belum diresmikan. Nanti kalau sudah akan diresmikan, pasti diumumkan. Tunggu dulu ya,” kata lelaki itu sambil tersenyum ramah.
Menurut salah satu satpam PT Solo Manufaktur Kreasi, jumlah mobil Esemka model pikap yang diparkir di halaman itu jumlahnya sekitar sepuluh unit. “Ya sementara baru ada itu. Kalau di dalam gedung tidak ada lagi,” kata satpam berumur sekitar 30-an tahun itu.
Sayangnya Tempo belum berhasil mengorek informasi sejak kapan mobil itu diparkir di halaman PT Solo Manufaktur Kreasi dan dari mana asalnya. Satpam tersebut hanya menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada proses produksi atau perakitan mobil di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi.
Baca: Ma'ruf Amin Sebut Mobil Esemka Akan Diluncurkan Oktober
“Di dalam gedung itu (gedung kedua dari total tiga gedung) ada sekitar enam orang dari Jakarta. Mereka sepertinya sedang menyiapkan untuk proses perakitan mobil nantinya,” kata dia.
Pada medio Agustus lalu, di salah satu grup Facebook beredar tiga foto yang menampilkan suasana di dalam PT Solo Manufaktur Kreasi. Dua foto di antaranya, yang tampak diambil dari sudut timur halaman depan pabrik, tampak ada sekitar 25 mobil pikap bercat putih yang diparkir.
Diberitakan Tempo.co, calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan mobil Esemka akan diluncurkan pada bulan ini. “Bulan Oktober nanti akan diluncurkan mobil nasional bernama Esemka yang dulu pernah dirintis oleh Pak Jokowi (Joko Widodo). Akan diproduksi besar-besaran,” kata Ma’ruf di Pondok Pesantren Nurul Islam, Jember, Jawa Timur, pada 27 September lalu.
ADVERTISEMENT

Baca: Pabrik Mobil Esemka Belum Diresmikan, Pelamar Kerja Berdatangan
Saat dihubungi Tempo pada Ahad lalu, inisiator mobil Esemka, Sukiyat, mengaku mendapat informasi dari temannya bahwa di pabrik mobil Esemka di Boyolali sudah tersedia sekitar 6.000 unit. “Tapi kenyataannya kayak apa saya ya nggak tahu,” kata Sukiyat yang mengaku sudah jarang mengikuti perkembangan informasi tentang mobil Esemka.
Menurut seorang warga Desa Demangan, mobil-mobil Esemkajenis pikap itu terkadang dioperasikan di sekitar pabrik. “Beberapa hari sekali mobil-mobil itu dipanasi lewat jalan depan sini,” kata perempuan paruh baya yang membuka warung di tepi Jalan Esemka (sebelumnya Jalan Mangu - Sambi) itu.

https://otomotif.tempo.co/read/11323...i/full&view=ok

mobil canggih esemka terus berjaya... jokowi 2 periode
viniest
viniest memberi reputasi
2
2.3K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.