Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

imamjakfarAvatar border
TS
imamjakfar
IMAM JAKFAR SHODIQ MENURIT SUNNI DAN SYIAH
TERNYATA IMAM JAKFAR SHODIQ ADALAH IMAM AHLU SUNNAH BUKAN SYIAH

IMAM JAKFAR SHODIQ MENURIT SUNNI DAN SYIAH

Ia adalah Ja’far bin Muhammad bin ‘Ali Zainal ‘Abidin bin al Husain bin ‘Ali bin Abi Thalib, keponakan Rasulullah dan istri putri beliau Fathimah Radhiyallahu ‘anha. Terlahir di kota Madinah pada tahun 80 H dan wafat di kota yang sama pada tahun 148 H dalam usia 68 tahun.

Ash Shadiq merupakan gelar yang selalu menetap tersemat padanya. Kata ash Shadiq itu, tidaklah disebutkan, kecuali mengarah kepadanya. Karena ia terkenal dengan kejujuran dalam hadits, ucapan-ucapan dan tindakan-tindakannya. Kedustaan tidak dikenal padanya. Gelar ini pun masyhur di kalangan kaum Muslimin. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah acapkali menyematkan gelar ini padanya.

Laqab lainnya, ia mendapat gelar al Imam dan al Faqih. Gelar ini pun pantas ia sandang. Meski demikian, ia bukan manusia yang ma’shum seperti yang diyakini sebagian ahli bid’ah. Ini dibuktikan, ia sendiri telah menepisnya, bahwa al ‘Ishmah (ma’shum) hanyalah milik Nabi.

Imam Ja’far ash Shadiq dikarunia beberapa anak. Mereka adalah: Isma’il (putra tertua, meninggal pada tahun 138 H, saat ayahnya masih hidup), ‘Abdullah (dengan namanya, kun-yah ayahnya dikenal), Musa yang bergelar al Kazhim [1], Ishaq, Muhammad, ‘Ali dan Fathimah.

Dia dikenal memiliki sifat kedermawanan dan kemurahan hatinya yang begitu besar. Seakan merupakan cerminan dari tradisi keluarganya, sebagai kebiasaan yang berasal dari keturunan orang-orang dermawan. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling murah hati.

Dalam hal kedermawanan ini, ia seakan meneruskan kebiasaan kakeknya, Zainal ‘Abidin, yaitu bersedekah dengan sembunyi-sembunyi. Pada malam hari yang gelap, ia memanggul sekarung gandum, daging dan membawa uang dirham di atas pundaknya, dan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkannya dari kalangan orang-orang fakir di Madinah, tanpa diketahui jati dirinya. Ketika beliau telah wafat, mereka merasa kehilangan orang yang selama ini telah memberikan kepada mereka bantuan.

Dengan sifat kedermawanannya pula, ia melarang terjadinya permusuhan. Dia rela menanggung kerugian yang harus dibayarkan kepada pihak yang dirugikan, untuk mewujudkan perdamaian antara kaum Muslimin.

Beberapa bukti bahwa Imam Jakfar shodiq adalah Imam Ahlu sunnah :

1. Imam Jakfar ash shodiq mempunyai murid Imam2 madzab ahlu sunnah..

Imam jakfar shodiq yg disucikan syiah sebenarnya ahlu sunnah karena punya murid ahlu sunnah yaitu Imam maliki, Imam Hanafi dan Imam sofyan at tsauri
Cucu murid Imam jakfar juga ahlu sunnah yaitu Imam Syafii murid Imam malik
Cicit murid imam jakfar juga ahlu sunnah yaitu Imam Hambali murid Imam syafii

Kalau Imam jakfar shodiq syiah pasti muridnya syiah

kenyataan semua ahlu sunnah

kalau muridnya murtad alias masuk ahlu sunnah,

Berarti sama saja menuduh dan melecehkan imam jakfar yang suci dan maksum sebagai manusia gagal mendidik muridnya.


2. Imam jakfar shodiq sangat mencintai sahabat nabi

Ternyata Imam jakfar shodiq sangat mencintai sahabat nabi..
Dan di dlm tubuh Imam Jakfar shodiq mengalir darah ahlu bait dari pihak ayah dan darah sahabat abu bakar dari pihak ibu malah 2x.

IMAM JAKFAR SHODIQ MENURIT SUNNI DAN SYIAH
Gambar 2 : Imam Jakfar ash shodiq masih keturunan sahabat Abu Bakar ash Shidiq

Bahkan imam jakfar shodiq mengambil ilmu kakeknya (nabi Muhammad ) mengambil jalur ahlu sunnah yaitu sampai ke sahabat nabi.

Imam Ja’far ash Shadiq, menempuh perjalanan ilmiyahnya bersama dengan ulama-ulama besar. Ia sempat menjumpai sahabat-sahabat Nabi yang berumur panjang, misalnya Sahl bin Sa’id as Sa’idi dan Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhum. Dia juga berguru kepada Sayyidu Tabi’in ‘Atha` bin Abi Rabah, Muhammad bin Syihab az Zuhri, ‘Urwah bin az Zubair, Muhammad bin al Munkadir dan ‘Abdullah bin Abi Rafi’ serta ‘Ikrimah maula Ibnu ‘Abbas. Dia pun meriwayatkan dari kakeknya, al Qasim bin Muhammad bin Abi Bakr.

Mayoritas ulama yang ia ambil ilmunya berasal dari Madinah. Mereka t adalah ulama-ulama kesohor, tsiqah, memiliki ketinggian dalam amanah dan kejujuran.

Sedangkan murid-muridnya yang paling terkenal, yaitu Yahya bin Sa’id al Anshari, Aban bin Taghlib, Ayyub as Sakhtayani, Ibnu Juraij dan Abu ‘Amr bin al ‘Ala`. Juga Imam Darul Hijrah, Malik bin Anas al Ashbahi, Sufyan ats Tsauri, Syu’bah bin al Hajjaj, Sufyan bin ‘Uyainah, Muhammad bin Tsabit al Bunani, Abu Hanifah dan masih banyak lagi.

Para imam hadits -kecuali al Bukhari- meriwayatkan hadits-haditsnya pada kitab-kitab mereka. Sementara Imam al Bukhari meriwayatkan haditsnya di kitab lainnya, bukan di ash Shahih.

Kita lihat contoh-contoh ilmu yang didapat oleh murid beliau yaitu Imam Malik bin Anas dari Imam Ja'far yang ada di dalam kitab al-Muwaththa' :

Pertama :

وحدثني عن مالك عن جعفر بن محمد بن علي عن أبيه أن عمر بن الخطاب ذكر المجوس فقال ما أدري كيف أصنع في أمرهم فقال عبد الرحمن بن عوف أشهد لسمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول سنوا بهم سنة أهل الكتاب
http://www.islamweb.net/newlibrary/d...id=7&startno=1

Telah menceritakan kepadaku Malik, dari Ja'far ibn Muhammad, dari ayahnya bahwa Umar ibn al-Khaththab radhiallahu 'anhu menyebut orang Majuzi, kemudian berkata : Aku tidak tau bagaimana aku harus lakukan terhadap mereka ? Maka Abdurrahman ibn Auf berkata : Aku bersaksi bahwa aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Perlakukanlah mereka sebagaimana perlakuan terhadap ahl al-kitab.

Kedua :


حدثني يحيى عن مالك عن جعفر بن محمد عن أبيه عن جابر بن عبد الله أنه قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم رمل من الحجر الأسود حتى [ ص: 284 ] انتهى إليه ثلاثة أطواف قال مالك وذلك الأمر الذي لم يزل عليه أهل العلم ببلدنا
http://www.islamweb.net/newlibrary/d...bk_no=7&ID=268

Telah menceritakan kepadaku Yahya, dari Malik, dari Ja'far ibn Muhammad dari ayahnya dari Jabir ibn Abdullah bahwa dia berkata : aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berlari-lari kecil dari al-hajar al-aswad sampai berakhir kembali di hajar aswad tiga kali putaran. Malik berkata : dan ditulah yang senantiasa dilakukan oleh ahli ilmu di negeri kami. 

Dari contoh diatas, terlihat bahwa Imam Malik mengambil ilmu dari Imam Ja'far, dan selanjutnya ternyata didapatkan bahwa Imam Ja'far pun mengambil ilmu TIDAK SELALU dari jalur "khusus", tetapi justru ayahnya Imam Ja'far mengambil ilmu dari para Shahabat Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wasallam. (dari contoh diatas adalah Abdurrahman ibn 'Auf dan Jabir ibn 'Abdillah Radhiyallaahu 'Anhumaa). 

Oleh karena itu ketika kaum syi'ah yang melabeli dirinya sebagai syi'ah ahl al-bait, atau juga pengikut madzhab Ja'fari, yang mengatakan bahwa para imamnya adalah orang ma'shum yang hanya mengambil ilmu dari orang ma'shum juga, hal tersebut bertentangan dengan apa yang ada di dalam al-Muwaththa'.

Maka bukti apakah yang akan dibawa oleh kaum syi'ah untuk mendukung klaimnya tsb, dan jika ada, apakah buktinya sanggup mengungguli al-Muwaththa', kitab yang disusun oleh seorang Ulama yang hidup di masa Imam Ja'far, yang kepadanya Imam Ja'far mengatakan : "Wahai Malik, sungguh aku menyukaimu". ?

3. Pujian Imam Ahlu Sunnah terhadap Imam Jakfar shodiq.

Berkat keilmuan dan kefaqihannya, sanjungan para ulama pun mengarah kepada Imam Ja’far ash Shadiq.

Abu Hanifah berkata,”Tidak ada orang yang lebih faqih dari Ja’far bin Muhammad.”

Abu Hatim ar Razi di dalam al Jarh wa at Ta’dil (2/487) berkata,”(Dia) tsiqah, tidak perlu dipertanyakan orang sekaliber dia.”

Ibnu Hibban berkomentar: “Dia termasuk tokoh dari kalangan Ahli Bait, ahli ibadah dari kalangan atba’ Tabi’in dan ulama Madinah”.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah memujinya dengan ungkapan : “Sesungguhnya Ja’far bin Muhammad termasuk imam, berdasarkan kesepakatan Ahli Sunnah”. (Lihat Minhaju as Sunnah, 2/245).



Sumber: https://almanhaj.or.id/3765-imam-jafar-ash-shadiq-rahimahullah-imam-ahli-sunnah-bukan-milik-syiah.html
Diubah oleh imamjakfar 27-03-2019 16:05
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
5.2K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
KASKUS Official
80KThread12.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.