Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pelatkuning007Avatar border
TS
pelatkuning007
Mobil Agan Masih Pakai Ban Serep, Berarti Jadul Gan..
Mobil Agan Masih Pakai Ban Serep, Berarti Jadul Gan..

Mobil Agan Masih Pakai Ban Serep, Berarti Jadul Gan..

Jadi, ini hubungannya sama teknologi industri komponen otomotif, Gan. Soal ban berteknologi Run Flat Tyre (RFT). Di Indonesia, masih sedikit yang bisa menikmati ban berteknologi ini, soalnya biasanya dipakai merek-merek premium, macam dari Jerman sana gan.

Teknologi RFT itu, bahasa sederhananya, ban kempes masih bisa jalan, tanpa gangguan. Meski kempis abis (total), ban RFT masih bisa diajak lari sampai 80 km per jam, menempuh jarak hingga 80 km. Jadi, memang buat darurat. Angka 80 km, dianggap bisa digunakan untuk mengarahkan mobil ke bengkel terdekat, jadi, keamanan dan keselamatan di jalan, terjaga. emoticon-Wagelaseh

Menariknya, pemerintah Indonesia kayaknya, entah karena sadar teknologi, atau memang jagonya lobi-lobi merek-merek Jerman ini ke Kementerian Perhubungan.  emoticon-Malu

Soalnya, kalau mengacu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap mobil baru yang dipasarkan, wajib dilengkapi ban serep. Artinya, kalau enggak dilengkapi, ya melanggar.

Nah, kasus ini pernah merebak di konsumen Mercedes-Benz yang komplen, mobil barunya enggak dilengkapi ban serep, karena menyalahi aturan (googling deh gan). emoticon-Cool

Tapi, merek Jerman itu, kemudian menjelaskan kalau mobil-nya, dari sononya (Jerman), memang sudah enggak ada lagi ban serep, tapi pakai RFT.

Mobil Agan Masih Pakai Ban Serep, Berarti Jadul Gan..

Singkat cerita, sekarang keluar lagi, Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor Pasal 14 (dalam UU Lalu Lintas tadi).

Jadi di peraturan yang baru mobil boleh tidak punya ban serep, sepanjang bannya jenis RFT. PM 33 Tahun 2018 ada untuk mengakomodasi teknologi yang ada," kata Direktur Sarana Perhubungan Darat Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub Sigit Irfansyah, dikutip KOMPAS.com (24/9/2018).

Simak, isi keterangan lengkap Pasal 14 Permenhub No.33 mengenai ban serep:

(1) Ban cadangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (1) huruf g dan Pasal 12 ayat (1) huruf g dapat diganti dengan penggunaan teknologi pengganti fungsi ban cadangan.
(2) Pengganti fungsi ban cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa: a. run flat tire yang dilengkapi dengan indikator tekanan ban; b. tire repair kit; atau c. teknologi lain.
(3) Pengganti fungsi ban cadangan sebagimana dimaksud pada ayat (2) harus dilengkapi petunjuk penggunaan di jalan.
(4) Kendaraan yang menggunakan pengganti fungsi ban cadangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat tidak dilengkapi dongkrak dan alat pembuka roda.

Mobil Agan Masih Pakai Ban Serep, Berarti Jadul Gan..
(Udah pada siap ganti ban RFT bleom nih... salesnya menggoda gan.. emoticon-Winkemoticon-Winkemoticon-Wink)

Nah, jadi, mulai sekarang, mobil yang masih pakai ban serep itu udah jadul gan. Hari gene.. mobil pake RFT, walaupun harga ban-nya muahaaall...

Salam Cendol,
emoticon-Toast



1
3.8K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread16.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.