Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kisah Sukses Sanim, Tukang Becak Tak Lulus SD Punya Kini Puluhan Mobil Mewah

zayyan123Avatar border
TS
zayyan123
Kisah Sukses Sanim, Tukang Becak Tak Lulus SD Punya Kini Puluhan Mobil Mewah
Sukses tidaknya seseorang tidak dipengaruhi seberapa tinggi jenjang pendidikannya. Faktanya, banyak orang yang sukses di dunia tanpa memiliki gelar. Seperti misalnya Mark Zuckerberg yang pernah di-DO waktu kuliah atau Bob Sadino yang pernah menjadi pedagang kali lima. Kesuksesan itu bisa diraih dengan kita mempunyai kemauan keras untuk mengubah nasib.


Foto : bombastis.com

Begitu pula yang dialami tukang becak di Cirebon ini. Sanim namanya, ia mempunyai tekad yang kuat untuk mengubah nasib dan bisa membahagiakan keluarganya. Dia mencoba beberapa cara untuk menjadi kaya dan sukses. Alhasil kini dengan usahanya, dia bisa memiliki laba ratusan juta dan puluhan mobil pribadi. Lalu bagaimana kisah suksesnya? Seperti yang dilansir web bombastis.comselengkapnya simak berikut ini.


Bahkan hampir tak tamat SD dan hanya seorang becak

Sanim setiap paginya dia mencari nafkah dengan mangkal di sekitar area pabrik gula Cirebon. Sanim bukanlah orang yang mempunyai pendidikan tinggi, ia hanya sekolah sampai SD, itupun cuma sampai kelas 4. Akhirnya setelah binggung mau bekerja apa, Sanim pun memilih untuk bekerja sebagai tukang becak hingga dua tahun.
 


Foto : bombastis.com

Sanim bekerja dari pagi hingga sore, sayangnya kadang penghasilan dari membecak ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Sehingga Sanim meski memutar otak untuk mendapatkan tambahan uang. Bahkan tidak jarang jika Sanim harus berhutang pada tetangga dan keluarga karena penghasilan yang diperoleh sangat minim.

BACA JUGA : Kisah Sukses Sanawi, Pedagang Es Krim Tak Lulus SD Yang Kini Mempunyai Omzet 500 Juta per Bulan
 

Bekerja menjadi buruh pabrik garam


Bersama rekan-rekan tukang becaknya, Sanim mencoba untuk mendaftar sebagai buruh di sebuah pabrik waktu itu melakukan lowongan besar-besaran. Meskipun tanpa pengalaman dan pengetahuan yang tinggi, dia berharap bisa lebih meningkatkan kesejahteraan hidupnya dengan menjadi pegawai pabrik. Meskipun nantinya mungkin dia hanya bisa menjadi kuli panggul pabrik.


Foto : bombastis.com

Tapi Sanim tetap bersyukur, karena menjadi pegawai pabrik jauh lebih tinggi pendapatannya dibanding membecak, apalagi sekarang sudah sangat jarang ada penumpangnya. Ternyata benarlah apa yang dipikirkan Sanim, seiring waktu alhasil keuangan keluarganya mulai membaik ketimbang saat membecak dulu. Namun sayangnya dia tidak melanjutkan pekerjaanya, Dia lebih memilih untuk membuka usaha sendiri.

BACA JUGA : Kisah Sukses Jusman, Tukang Koran Jadi Sarjana di Universitas Negeri Manado, Peraih Predikat 'Cum Laude'
 


Membuka usaha garam dan sering ditolak pinjaman


Setelah 2 bulan bekerja sebagai buruh pabrik garam, Sanim memutuskan untuk keluar. Sangat singkat memang, tapi keputusan yang Sanim ambil ini memang berdasarkan alesan yang kuat. Sanim sadar potensi bisnis garam ini bisa lebih maju jika dimanfaatkan dengan baik. Pada akhirnya pria itu memutuskan untuk membuka garam sendiri. Bersama istrinya dia mendirikan produksi garam di sekitar area rumah, seiring waktu usahanya pun semakin berkembang.
 


Foto : bombastis.com

Namun Sanim sempat mengalami kendala modal, Dia berusaha untuk meminta pinjaman. Akhirnya dia memutuskan untuk meminjam di bank, tapi sedihnya dia malah ditolak karena keadaan tempat produksinya yang masih baru dinilai tidak akan mempunyai keuntungan yang besar. Beruntung masih ada bank yang mau meminjamkan uangnya sehingga usahanya masih bisa maju.

BACA JUGA : Kisah Sukses Budi Harta Winata, Mantan Tukang Las yang Kini Sukses Jadi Bos Perusahaan Kontruksi Baja

 

Keuntungan 400 juta perbulan dengan dua pabrik


Siapa sangka ternyata usaha keras mantan tukang becak ini membuahkan hasil yang baik. Konon laba barik garam Sanim bisa memperoleh penghasilan sampai 400 juta perbulan, belum lagi kalau sedang naik harga, mungkin penghasilanya jauh lebih tinggi.


Foto : bombastis.com

Sanim sudah memiliki 2 pabrik besar sebagai tempat industri garamnya, dalam satu hari ada kurang lebih 6 truk besar yang siap mengangkut garam miliknya. Sudah ratusan orang bekerja padanya, selain itu dia juga memiliki 10 mobil berkat hasil kerja kerasnya membangun produksi garam buatannya.

BACA JUGA : 3 Kisah Sukses Pedagang Asongan yang Berubah Menjadi Milyader
 


Akhir Kata


Nah itu dia Kisah Sukses Sanim, Tukang Becak Tak Taman SD yang Kini Punya Puluhan Mobil Mewah dan Dua Pabrik. Gimana apakah kamu terinspirasi?

Semoga dengan adanya kisah sanim ini bisa memberikan motivasi pada diri kita.

Seorang tukang becak ternyata juga mempunyai kesempatan untuk sukses seperti para sarjana. Walaupun menurut kamu itu sulit . tapi tidak ada kata sulit asalkan kita mau terus berdoa dan berusaha.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian ya. Terimakasihemoticon-Smilie


SUMBER : [url]http://www.laptopsiipat.com/2018/09/kisah-sukses-sanim-tukang-becak-yang-kini-jadi-pengusaha.html
[/url]
Diubah oleh zayyan123 30-09-2018 07:39
0
1.9K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.