bowkus007Avatar border
TS
bowkus007
7 Tips Lolos Tes CPNS
Asslammualaikum Warohmatullahiwabarakatuh

Selamat pagi, siang, sore dan malam buat agan dan sista pemburu CPNS

Salam sejahtera buat semuanya





Halo gan n sis, apa kabarnya? Sudah siap mengikuti tes cpns 2018? Mungkin dengan threadini bisa sedikit membantu agan n sista yang ingin  mengikuti tes cpns jadi lebih siap lagi. Thread ini ane buat berdasarkan pengalaman ane waktu ikut tes cpns tahun 2014 yang alhamdulillahnya ane berhasil lolos gan!! Thread ini berisi tips n trik yang ane pernah lakuin dulu tahun 2014, pertama kali ikut tes cpns dan lolos!! emoticon-Ultah



Oke langsung aja disimak gan tips n trik nya :



1. Mencari Informasi yang valid


Tips n trik pertama dari ane adalah dengan mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang penerimaan cpns, tentunya informasi yang akan kita cari berasal dari sumber yang terpercaya gan, kalau dulu ane selalu pantengin situs menpan (www.menpan.go.id), situs BKN (sscn.bkn.go.id), kalau situsnya padet alias lola, ane selalu mantengin media sosial dari menpan ataupun bkn nya. Nah setelah kita dapet informasinya, kita baca dan pahami dengan seksama tata cara atau alur pendaftarannya agar ga terjadi kesalahan terutama dokumen-dokumen yang harus kita siapkan gan.




2. Menentukan Formasi yang akan kita lamar


 Tips yang kedua dari ane adalah kita harus yakin terlebih dulu dalam menentukan instansi dan formasi yang akan kita lamar, kalau dulu ane ikut instansi kemenperin. Ane juga mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan yang bisa agan n sista liat di SK pengumuman penerimaan CPNS masing-masing instansi. Menentukan formasi yang kita lamar merupakan hal yang paling penting, kalau ane dulu pilih formasi yang sepi peminatnya gan agar memperbesar peluang kita untuk lolos. 

3. Gabung Forum Peserta CPNS Instansi


Nah ini yang seru gan, ane dulu ikut gabung forum atau rajin baca forum kaskus tentang informasi penerimaan cpns di instansi yang ane tuju. Agan n sista tinggal cari aja forumnya di kaskus kita tercinta ini, tinggal tulis keyword "cpns" di menu search langsung deh keluar semua forum-forum cpns per instansi yang ada. Tujuan dengan kita gabung di forum ini adalah kita bisa mendapatkan informasi terkini tentang penerimaan cpns instansi yang kita tuju, biasanya juga dari forum ini bisa berkembang menjadi group WA gan.



4. Pahami bentuk atau jenis tes CPNS yang ada


Langkah berikutnya adalah dengan kita memahami terlebih dahulu bentuk tes yang akan diujikan seperti SKD, SKB dan Psikotes. SKD atau seleksi kompetensi dasar terdiri dari beberapa kategori soal seperti Tes Wawasan Kebangasaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). SKD ini sejak tahun 2014 sudah menggunakan sistem CAT atau computer assisted test, jadi kita tinggal jawab aja langsung soalnya di komputer. SKB atau seleksi kemampuan Bidang terdiri dari tes kemampuan bidang yang kita punyai atau butuhkan dalam formasi, kalau dulu ane sih disuruh simulasi ngajar di kelas karena formasi yang ane tuju dulu adalah sebagai pengajar. Yang terakhir adalah Psikotest kalau yang ini terdiri dari tes wawancara, ngerjain tes koran dan disuruh gambar-gambar gitu untuk menilai karakteristik atau kepribadian diri kita.


 

5. Latihan mengerjakan soal tahun-tahun sebelumnya


Langkah terakhir adalah ya dengan kita belajar gan n sis. Kalau dulu ane sih belajarnya dari salah satu situs online penerimaan cpns unofficial. Situs ini berisi kumpulan-kumpulan soal tes baik skd, skb ataupun psikotes dari beberapa tahun sebelumnya. Selain itu juga ada semacam try out nya yang diikuti semua member situs online tersebut. Jadi kita bisa mengukur kemampuan kita dalam bersaing. Dan ajaibnya bentuk atau inti soal-soal yang ditanyakan saat tes berlangsung, beberapa banyak mirip gan dengan yang ane pelajari, paling hanya beda angka aja kalau soal hitungan. Selain itu juga di situs online ini kita diberikan masukan dalam mengerjakan tes psikotes seperti kalau gambar dengan awalan berbentuk siku kita seharusnya menggambar benda mati. Sangat membantu sekali gan, yah walapun kita harus merogoh kocek kita biar bisa jadi membernya. Pas dulu jaman ane biaya menjadi membernya sebesar 150k gan. Oia bahkan ada menu simulasi CAT nya juga gan n sis.







Segitu aja ya gan 5 tips n trik biar bisa lolos tes CPNS, semoga sukses gan n sis emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol (S)
Diubah oleh bowkus007 28-09-2018 13:45
1
27.4K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lowongan Kerja
Lowongan KerjaKASKUS Official
159.2KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.