Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cobainmainAvatar border
TS
cobainmain
Jokowi Resmikan Tol Desari yang Sempat Molor
akarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi I Antasari-Brigif sore ini. Dalam peresmian ini, Jokowi akan ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja saat dikonfirmasi.

"Iya (diresmikan Jokowi)," kata dia kepada detikFinance, Kamis (27/9/2018).


Berdasarkan catatan detikFinance, tol Depok-Antasari telah ditandatangani perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) nya sejak tahun 2006. Kemudian kontrak PPJT sempat kembali diamandemen pada 2011 karena adanya perubahan biaya investasi.

Pembebasan lahan yang lambat, sementara harga tanah kian menanjak membuat realisasi proyek ini kerap terhambat. Pembangunan tahap demi tahap pun hanya bertambah sedikit demi sedikit.

Bahkan hingga tahun 2016, seksi I tol ini juga masih belum merampungkan proses pembebasan lahan. Akibatnya, ongkos konstruksi pun terus membengkak.

Target pengoperasian pun sempat beberapa kali tak tercapai, mulai dari 2009, hinggga terakhir kali rencananya bisa dioperasikan pada akhir 2017.

Menjelang akhir tahun ini, tol dengan total biaya investasi sebesar Rp 2,9 triliun ini pun akhirnya bisa diresmikan. Meski yang dioperasikan baru 1 seksi dari Antasari menuju Brigif sepanjang 5,8 km, namun jika kelak beroperasi akan mengurai kemacetan. Pasalnya, beban jalan non-tol di Antasari sudah sangat besar.

Baca juga: Dibangun Sejak 2006, Tol Depok-Antasari Akhirnya Siap Dibuka


Dari agenda Kementerian PUPR, Jokowi rencananya akan meresmikan tol ini sekitar pukul 16.00. Acara ini maju dari agenda semula pukul 17.30.

detikFinance sempat menjajal Tol Desari pada awal pekan ini. Tol sepanjang 5,8 km ini memang sudah rapi dan siap untuk diresmikan.

Gerbang Cilandak Utama sebagai titik sentral transaksi tol juga sudah tegak berdiri. Begitu juga dengan pagar-pagar pembatas tol di sisi kanan-kiri.

Direktur Utama PT Citra Waspphutowa Djoko Sapto mengatakan, kontruksi tol sudah 100%. Tol akan diresmikan pada akhir September setelah lolos uji layak fungsi.

Tim penguji pun sudah turun ke lapangan dari 23 Agustus lalu. Kemudian, tim memberi catatan untuk perbaikan-perbaikan bersifat minor dalam waktu 2 minggu.

"Tanggal 23 sudah ke lapangan, sudah cek semuanya, dari pengecekan ada beberapa catatan yang memang harus diselesaikan 2 minggu," terangnya.

Tol ini menambah daftar jalan bebas hambatan yang molor pengoperasiannya dan diresmikan Jokowi selama menjabat. Jalan tol molor lainnya yang sudah diresmikan di antaranya tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu dan tol akses tanjung priok.


SUMBER

2006 tanda tangan pernjanjian. 2018 diselesaikan. tol cuma 5,8 km.
0
2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.