tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Beda Pendapat kok Ujungnya Bermusuhan?
Manusia terlahir ke dunia dengan berbagai anugerah yang di dapat, mulai dari kasih sayang hingga akal pikiran menjadi anugerah hidup yang terindah untuk dijalani. Hidup manusia jelas memang tak seragam dan selalu ada perbedaan di dalamnya entah itu beda pikiran, beda pendapat, beda latar belakang dan segala beda-beda yang lain yang membedakan antara manusia dengan manusia lainnya. Perbedaan, tak dapat dipungkiri memang ada di sekitar kita dan membuat kita siap tak siap harus bisa menerimanya.


Credit : an-najah.net


Perbedaan dapat kita temukan di mana-mana, disekitar hidup kita saja tentu akan selalu menemukan perbedaan meski dalam ruang lingkup yang kecil. Lantas bagaimana dengan ruang lingkup secara luas? tentunya kita akan melihat lebih banyak lagi perbedaan, semakin luas cakupannya maka kita akan semakin bisa melihat dengan jelas bahwa memang dimana-mana selalu saja ada perbedaan.

Tak ada yang perlu ditakutkan dengan perbedaan, karena perbedaan bukan berarti sesuatu yang buruk yang harus dipermasalahkan. Hidup kita memang tak seragam, maka sudah seharusnya kita bisa memahami apa itu perbedaan dan kita harus bisa menyikapi perbedaan itu dengan baik, semakin bisa menempatkan perbedaan pada sudut pandang yang tepat maka hasil yang di dapat akan positif dan begitu pula sebaliknya.

Banyak sekali memang perbedaan-perbedaan yang ada di sekitar kita, salah satunya adalah perbedaan pendapat. Tak jarang pro kontra terjadi saat setiap orang memandang suatu peristiwa entah itu di keluarga, masyarakat, atau dalam lingkup yang lebih luas lagi. memang tak dapat terhindarkan lagi bahwa perbedaan pendapat tak bisa untuk dicegah, dalam setiap waktunya memang selalu ada perbedaan pendapat antar setiap orangnya entah itu dalam hal kecil maupun dalam hal besar.


Credit : skifkunram.com


Beda pendapat itu memang wajar, hanya saja memang kita harus bisa menyikapinya dengan benar dan menempatkannya dalam sudut pandang yang tepat. Di dalam kehidupan yang kita jalani tentu akan selalu menemukan perbedaan pendapat yang ujungnya timbul perselisihan dan bahkan ada yang berujung dengan permusuhan hingga tindakan kriminal.

Perbedaan memang membuat hidup yang kita jalani menjadi menarik, namun dalam faktanya mungkin kiat seringkali menemukan perbedaan pendapat yang berujung pada permusuhan. Sangatlah disayangkan jika perbedaan pendapat yang ada malah menjadi ajang untuk permusuhan dan perselisihan, andai saja setiap orang tidak selalu ngotot dengan pendapatnya masing-masing dan sedikit bertoleransi dengan perbedaan pendapat tentu tidak akan menciptakan konflik-konflik yang tidak perlu.

Berbeda pendapat dalam sesuatu hal itu wajar, selama perbedaan pendapat itu bukan sesuatu hal yang bahaya. Beda pilihan partai atau jagoan pemimpin itu wajar, ada persaingan-persaingan untuk berebut pengaruh juga wajar, namun jangan sampai kompetisi-kompetisi berebut pengaruh ini malah menciptakan bara api permusuhan yang tak semestinya terjadi, ibaratnya kita benci seseorang maka janganlah benci orangnya akan tetapi bencilah sifatnya yang mungkin buruk di mata kita.

Kita hidup dalam keberagaman, maka sudah semestinya kita bisa lebih tepat menyikapi perbedaan pendapat. Saling menghargai pendapat lebih baik dilakukan daripada saling menghujat atau menjelekkan satu sama lain yang ujungnya menimbulkan "musuh-musuh baru". Kita mungkin saja tak suka dengan pendapat seseorang, namun tak lantas kita harus menjauh dari orang tersebut, karena mungkin saja dari orang tersebut memiliki sisi-sisi baik yang bisa kiat pelajari.


Credit : ayahkita.blogspot.com


Sikapilah perbedaan pendapat dengan wajar dan jangan ciptakan permusuhan-permusuhan yang semestinya tak perlu dilakukan, karena kita hidup bersama-sama dan terkhusus bagi kita hidup di indonesia harus bisa menghargai perbedaan yang ada demi menciptakan negeri yang maju di masa mendatang. Agan dan sista ingin menambahkan? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan inspirasi kehidupan
Sumber 1
Sumber 2
Sumber gambar via  google images
2
12.9K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.