Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iikandrianiAvatar border
TS
iikandriani
Day 1
Selasa, 18 September 2018 - Stadion Gelora Brantas Kota Batu (09.00 WIB)

Welcome to the jungle, merupakan kalimat pertama yang ada di benak saya waktu itu. Saya rasa event ini adalah event yang cukup menyeramkan untuk saya. Terasa menyeramkan bagi saya karena ini adalah pertama kalinya saya mengikuti event di liga mahasiswa. Hari pertama saat mengikuti technical meeting membuat saya sedikit merasa was-was jika saya tidak bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Profesionalitas yang tinggi sangat dituntut dalam setiap event di liga mahasiswa ini. Dan hal kedua yang menyeramkan bagi saya adalah menjadi seorang presenter bola. It's totally out of my expectation, dengan modal nekad dan iseng saya mencoba untuk mendaftar sebagai salah satu presenter dalam event ini. Waktu itu yang ada dalam pikiran saya adalah menjadi seorang presenter pada umunya yang bertugas untuk menyiarkan keadaan yang sedang berlangsung saat itu. Namun ternyata diluar dugaan saya, saya harus menjadi seorang presenter pertandingan sepak bola tingkat nasional yang nantinya akan disisarkan secara langsung di channel youtube liga mahasiswa. Kedua hal itulah yang membuat saya merasa terjebak dalam event ini. Meskipun saya sangat menyukai dunia broadcasting dan broadcast merupakan passion saya selama ini, namun untuk menjadi seorang presenter dalam pertandingan sepak bola adalah hal yang  belum pernah terpikirkan bagi saya. Terlebih, saya tidak terlalu menyukai olahraga sepak bola tentu hal ini sangat menyulitkan bagi saya. Menonton pertandingan sepak bola dan mendengarkan komentator yang ngomong ngalor ngidul seputar pertandingan adalah hal yang sangat membosankan bagi saya. 

Jujur saja pikiran saya sedikit tidak tenang waktu itu, ditambah lagi saya harus meninggalkan perkuliahan selama satu minggu. Ini merupakan hal yang tidak terduga dan tidak terbayang oleh saya sebelumnya, namun dengan tekad kuat dan keputusan yang sudah sangat saya pertimbangan dengan matang dibantu dengan support dan dukungan dari teman-teman dan kedua orang tua saya. Akhirnya dengan kemantapan hati pagi itu sekitar pukul 06.00 WIB saya berangkat menuju Stadion Gelora Brantas Kota Batu. Segala persiapan sudah saya persiapkan dengan baik, mulai dari script, background pemain, segala macam istilah-istlah dalam sepak bola juga sudah saya pelajari (cukup banyak dan susah sih guys haha) dan tentunya mental juga sudah saya persiapkan lahir batin jika nanti saya tidak kuat menonton sepak bola dan tertidur, lho?! haha. Pagi itu benar-benar sangat mengesankan bagi saya untuk memulai sebuah pengalaman baru menjadi seorang presenter pertandingan sepak bola. Berulang kali saya mencoba menstabilkan diri saya sendiri tarik nafas lalu buang terus saja saya lakukan untuk menanggulangi rasa grogi dalam diri saya. Tepat di jam 09.00 semua crew dan panitia nampak sudah stand by di bagian mereka masing-masing, begitu juga dengan saya. Di sebelah kanan saya adalah seorang bapak-bapak parubaya sekitar 30 tahunan, beliau lah nanti yang akan memberikan instruksi kepada seluruh panitia dan crew yang berhubungan dengan produksi yang nantinya akan disiarkan secara langsung di youtube. Tentu ini membuat saya semakin grogi, terlihat sekali profesionalitas dan kerja yang cekatan dari semua crew, saya seperti berada dalam sebuah studio pertelevisian waktu itu. Sangat menarik bagi saya untuk bisa menjadi salah satu bagian di dalamnya. Kini saatnya saya untuk menunjukkan diri sebagai broadcaster hoho. Opening pun telah dimulai, jantung saya berdegup kencang, keringat dingin bercucuran, jari-jari terasa kaku, lidah pun menjadi kelu, hmm lebay sih haha. Intinya saya sangat grogi, tapi sebagai seorang broadcster profesionalitas (aamiin haha) saya harus bisa segera menyesuaikan keadaan dan tampil dengan maksimal. 

Selama pertandingan berlangsung saya tidak henti-hentinya untuk menahan kantuk yang rasanya sudah sangat megakar di pelupuk mata saya. Tahan Iik tahaan...

Saya juga terus mempelajari istilah-istilah yang ada dalam sepak bola sembari melihat keadaan dan permainan di lapangan. Benar-benar sesuatu kalau kata Syahrini haha, ya ini memang sesuatu bagi saya, sesuatu yang baru, sesuatu yang mau tidak mau harus saya hadapi, sesuatu yang sangat sesuatu haha apasih. Disebelah kiri saya ada seorang komentator yang seumuran dengan saya, dia adalah partner terbaik saya saat saya kebingungan dengan apa yang akan saya jelaskan kepada pendengar, dia juga yang sedikit banyak membantu saya memahami pertandingan dan kondisi yang dialami oleh pemain selama pertandingan. Babak pertama telah usai, saatnya saya bernafas untuk lima belas menit (lah emang selama ini ga napas? haha). Banyak sekali kesalahan yang saya perbuat sebagai umat manusia haha loh apa ini ? maksudnya banyak sekali kesalahan-kesalahan saat menyiarkan, terlebih memang belum ada briefing yang cukup matang dari panitia untuk presenter. Jadilah sedikit miss komunikasi antara presenter dengan MC dan manager saya Pak Itok yang saat itu menyuruh saya untuk menyerukan jargon dari lima, tapi saya kurang ngeh watu itu karena beliau hanya bilang "limaa.. ayoo limaa.." ya apanya yang lima pak ?? huhu. Ternyata itu adalah jargon yang harus disiarkan disetiap akhir dari babak pertandingan yaitu "liga mahasiswa-awal masa depan". Namun sayangnya saya belum bisa menyerukan jargon itu dengan baik, karena saya juga baru tahu saat itu, hiks poor meh. Dengan kesabaran hati Pak Itok, saya terus dibimbing agar bisa menjadi presenter yang baik hingga pertandingan berakhir. Alhamdulillah usai sudah pertandingan dan tugas saya hari ini. Meskipun masih banyak sekali kesalahan-kesalahan saat menyiarkan dan grogi berlebihan yang tidak bisa saya kendalikan tapi saya bahagia karena banyak sekali pelajaran, pengalaman, dan ilmu yang baru untuk hari ini. Mulai dari pengetahuan seputar sepak bola hingga proses-proses untuk penampilan video yang akan disiarkan. Semua itu sangat menarik bagi saya. Banyak sekali hal baru yang saya dapatkan dan bermanfaat untuk saya yang tidak akan saya dapatkan dibangku perkuliahan. 

Terimakasih LIMA untuk hari pertama yang sangat mengesankan emoticon-Smilie

 

0
580
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.9KThread28.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.