inibaru.idAvatar border
TS
inibaru.id
Lika-liku Tahap Seleksi CPNS Ini Perlu Kamu Ketahui
Lika-liku Tahap Seleksi CPNS Ini Perlu Agan Ketahui

Berprofesi sebagai PNS memang menggiurkan. Namun, untuk mendapat jabatan itu, banyak lika-liku yang perlu harus agan hadapi.



Tes CPNS. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Formasi CPNS 2018 sudah diumumkan sejak Rabu (19/9/2018). Sebanyak 238.015 formasi yang terdiri atas 51.271 formasi di instansi pusat dan 186.744 formasi di instansi daerah dibuka. Para pelamar pun saat ini berbondong-bondong melengkapi berkas-berkas persyaratan CPNS sebelum pembukaan pendaftaran pada 26 September mendatang.

Selama ini, Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang dipandang sebagai salah satu pekerjaan mentereng di Indonesia. Nggak heran, setiap pembukaan lowongan CPNS, pendaftar pasti bakal membludak gan.

Namun, butuh perjuangan yang besar untuk menjadi PNS, gan.Agan mesti melewati pelbagai tahap seleksi untuk menyandang status PNS.

Nggak hanya tahap seleksi yang belapis-lapis, lika-liku di setiap tahap seleksi juga berbeda-beda. Berikut lika-liku yang kerap dilalui pelamar CPNS pada setiap tahap seleksi.

1. Seleksi Adminitrasi

Seleksi adminitrasi adalah tahap pertama yang harus agan lewati. Di tahap ini,agan perlu menyiapkan dokumen-dokumen yang disyaratkan seperti identitas diri, ijazah pendidikan terakhir, hingga Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Jauh-jauh hari,agan harus meneliti apakah terdapat kesalahan dalam setiap dokumen agan. Pastikan nama yang tercantum dalam setiap dokumen sama. Kalau nggak sama, ini akan merepotkan agan karena sistem komputer secara otomatis akan menggugurkan agan. Hal itu karena agan dianggap memberi data yang nggak valid.

Nah, pengurusan berkas-berkas ini perlu waktu yang cukup lama.Agan mesti bolak-balik ke sejumlah instansi untuk mendapatkan surat-surat yang disyaratkan atau sekadar meminta legalisasi. Belum lagi, antrean pemohon yang mengular bakal menguras kesabaran dan waktu agan. Duh!

2. Seleksi Kompetensi Dasar

Bila agan sudah lolos tahap seleksi administrasi, selanjutnya agan bakal menghadapi seleksi kompetensi dasar. Seleksi kompetensi dasar meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Pada tahap ini, kemampuan numerik hingga integritas diri bakal diuji. Jadi, agan tentu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Untuk melewati tahap ini,agan mesti belajar lagi tentang materi-materi yang diujikan. Belajar dari soal-soal latihan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi agan.

3. Seleksi Kompetensi Bidang

Jika agan berhasil lolos Seleksi Kompetensi Dasar, tahap selanjutnya yang harus agan lewati adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Selain tes tertulis, agan juga akan mengikuti tes praktik kerja, tes fisik, dan wawancara.

Sesuai dengan namanya, agan bakal menghadapi soal-soal sesuai dengan institusi yang agan pilih. Jika agan masuk institusi militer, agan akan menjalani serangkaian tes fisik yang melelahkan. Supaya lolos,agan perlu rutin berlatih dan memperhatikan catatan waktu agan.

Terakhir, ada tahap wawancara. Tahap ini kerap membuat dag dig dug ser hati para pelamar. Tentu saja alasannya adalah takut menghadapi pewawancara. Ketakutan ini bisa jadi timbul dari rasa kurang percaya diri. Nah, supaya rasa percaya diri agan muncul, agan perlu membekali diri agan dengan pelbagai hal seperti informasi teranyar tentang institusi dan wawasan umum lain.

Sekadar tips nih, selama wawancara, posisikan diri agan sebagai pemerintah. Dengan memberi jawaban dari sudut pandang pemerintah agan bisa memperbesar peluang untuk lolos.

Serangkaian tahap seleksi itu pasti membuat agan lelah. Namun, kelelahan itu pasti terbayar dengan status PNS yang bakal agan dapatkan. So, selamat berjuang!



*SUMBER:inibaru.id
Diubah oleh inibaru.id 24-09-2018 07:38
0
2.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.