Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganztengAvatar border
TS
ganzteng
Cyber Crime PMJ Usut Situs 'Skandal Sandiaga'
Polda Metro Jaya mengaku sudah melakukan penyelidikan atas kemunculan situs skandalsandiaga.com yang memuat tudingan kasus perselingkuhan Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno.
Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menegaskan bahwa pihak kepolisian cyber crime sudah memeriksa kepemilikan situs yang merugikan nama Sandiaga Uno. Polisi pun mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) untuk memblokir situs tersebut.
"Polisi sudah tau adanya informasi itu. Cybercrime sudah melakukan penyellidikan kepada akun tersebut. Kami berkordinasi dengan Kemkominfo agar situs itu cepat diblokir," kata Argo di Makopolres Metro Jaya, Selasa (25/9).

Spoiler for Website Skandal Sandiaga:



Polisi mengaku sudah mengambil informasi situs yang tertera di laman web. Sementara ini pihak kepolisian masih mendalami penyelidikan pengungkapan dibalik situs tersebut. Apakah pihak kepolisian akan menginformasikan kasus itu kepada Sandiaga Uno, dirinya belum bisa memastikan untuk langkah itu. "Intinya kami akan penyelidikan dulu," ujar Argo.

Diketahui, dalam web itu cawapres nomor urut dua, Sandi Uno diisukan terlibat perselingkuhan dengan perempuan berinisial MB yang menjabat di satu perusahaan terkemuka. MB pun disebut-sebut sering ke Balai Kota DKI Jakarta saat Sandi masih menjabat Wagub DKI Jakarta.

Dikonfirmasi kemunculan website ini, koordinator juru bicara Koalisi Indonesia Adil Makmur Dahnil Anzar Simanjutak meminta Kapolri Tito Karnavian untuk mengusut tuntas. Apalagi, kata dia, Tito pernah berjanji akan menindak tegas praktik penyebaran hoax dan fitnah semacam ini.

"Kami mau menagih komitmen Kapolri Pak Tito. Pak Tito kan berulang kali menyatakan akan melawan dan menindak dengan tegas siapapun yang menebar fitnah dan hoax  pada pilpres dan pileg kali ini. Itu berulang kali lho disampaikan oleh Pak Tito," kata kader Pemuda Muhammadiyah itu saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (25/9).

Spoiler for spoiler:



Dahnil pun meminta Tito dan jajarannya untuk mengungkap dalang di balik penyebaran hoax tersebut. Dia pun yakin, teknologi canggih yang dimiliki Polri dapat menemukan dalang yang telah membuat koleganya menjadi korban.
"Hari ini Bang Sandi kan menjadi korban dari produksi hoaks-hoaks yang luar biasa itu. Jadi, kami tagih janjinya Pak Kapolri itu. Jangan sampai kemudian hoax terkait dengan oposisi atau rival dari petahana itu penindakannya lambat dan tidak jelas," tuturnya.

Menurut Dahnil, praktik penyebaran hoaks dan fitnah ini dapat merusak demokrasi Indonesia ke depannya. Terpihas, jurkam Koalisi lndonesia Adil Makmur, Fadli Zon enggan menanggapi berlebihan mengenai kemunculan website yang telah mencoreng nama baik Sandiaga tersebut.

"Alah. Itu pasti dibuat oleh pusat hoax nasional," kata Fadli di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (25/9).
Kendati demikian, Fadli tak menjelaskan lebih lanjut ihwal siapa dalang yang dikatakannya sebagai pembuat hoax. Begitu pula mengenai sikap yang akan diambil Koalisi Indonesia Adil Makmur untuk menghadapi keberadaan website tersebut.

"Kami kan udah tahu semua siapa itu pusat hoax nasional. Yang gitu-gitu pasti kan pusat hoax nasional yang buat tuh," pungkasnya.
Salah satu konten dalam website tersebut menuding Sandiaga berselingkuh dengan seorang perempuan cantik berinisial MB. MB merupakan petinggi di suatu perusahaan ternama yang ada di Indonesia.
Dalam situs itu digambarkan MB selalu menyambangi Balai Kota DKI Jakarta untuk menemui Sandiaga, yang kala itu menjabat sebagai Wagub DKI Jakarta. Belum diketahui siapa pencetus situs tersebut dan apa maksud dari adanya situs skandal ini.

Sumber : https://majalahforbes.com/
-1
2K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.