• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • KISAH HIDUP : Michael Peter Balzary aka FLEA. Bassist Legendaris Paling Funky !!

monkbertyAvatar border
TS
monkberty
KISAH HIDUP : Michael Peter Balzary aka FLEA. Bassist Legendaris Paling Funky !!


Funky, Energik, Unik, Nyeleneh dan acap kali telanjang di atas panggung. Apalagi yang mendeskripsikan bassist multitalenta ini? Siapa yang lupa dengan style slapbassnya?

Michael Peter Balzary, yang lalu kemudian dikenal dunia sebagai Flea, bassist berdarah Australia ini lahir pada tanggal 16 Oktober 1962 di Burwood, Melbourne. Berhasil bertahan di Red Hot Chili Peppers sejak 1983, menjadikannya salah satu musisi yang wajib ada dalam tiap list Greatest Bassist atau Best Bassist in The World.

Spoiler for Young Flea:


Saat usianya 5 tahun, ia sekeluarga pindah ke Larchmont, New York demi karir ayahnya Mick Balzary yang seorang pemancing. Namun siapa sangka, ternyata kehidupan keluarganya tidak berjalan harmonis. Orang tuanya berpisah di tahun 1971, kemudian ayahnya kembali ke Australia meninggalkan Flea dan saudara-saudaranya dengan ibunya Patricia yang kemudian menikah lagi dengan musisi Jazz bernama Walter Abdul Urban yang meninggal di tahun 2011. Ayah tirinya juga dikabarkan memiliki masalah kecanduan alkohol parah yang sering terlibat pertikaian dengan polisi setempat. "Aku dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang alkoholik & penuh kekerasan," Flea kemudian mengatakan, "Aku tumbuh dengan perasaan sangat takut pada orang tuaku, khususnya figure ayah-ayahku. Hal itu menyebabkan aku kemudian terlibat banyak masalah dalam hidup." Kemudian mengakibatkan Flea di usia 13 tahun sudah mencoba ganja dan kemudian menjadi pecandu.

Spoiler for Flea with Baby Clara:



Quote:



Di tahun 1988 hingga 1990, Flea menikahi Loesha Zeviar, istri pertamanya yang kemudian dikaruniai satu anak bernama Clara Balzaryyang lahir di tahun 1988. Namun pernikahan ini harus kandas. Nama Loesha tergambar abadi di dada Flea dan belum dihapus hingga sekarang. 

Quote:



Di tahun 2005 Flea kembali menikah untuk kedua kalinya dengan model Frankie Rayders yang pernah tercatat dalam majalah GQsebagai Sexiest woman in the world. Dari pernikahan ini lahirlah Sunny Bebop Balzary tanggal 25 Oktober 2005. Kiedis menuliskan lagu Hard to Concentrate yang ada di album Stadium Arcadium menjadi wedding proposal di pernikahan Flea. 

Spoiler for with Loesha Zeviar:


Sebelum dikenal sebagai bassist dari Red Hot Chili Peppers, Flea ternyata adalah seorang pemain jazz trumpet berbakat.  Ayah tirinya secara rutin sering mengundang musisi jazz untuk jamming di rumahnya. Mereka kemudian pindah ke Los Angeles, dimana ketertarikan Flea pada terumpet mulai muncul. Flea pun mulai terpengaruh oleh musik Dizzy Gillespie, Louis Amstrong dan Miles Davis. Pada suatu kesempatan, ibunya pernah mempertemukan Flea dengan idolanya Dizzy Gillespie di belakang panggung usai mereka menonton konsernya.

Spoiler for with Frankie Rayder:



Saat di bangku SMA, Flea adalah siswa yang terasing karena selera musiknya yang berbeda. Hingga suatu waktu ia bertemu dengan Anthony Kiedis, mereka pun menjadi teman baik setelah melewati beberapa pertengkaran. Selera musiknya mulai berubah, ia mulai terpengaruh oleh gaya bermain Jimi Hendrix. Ia pun kemudian memutuskan untuk bermain gitar bass. Bahkan wajah Jimi Hendrix melekat abadi pada salah satu bagian lengannya. *kok jimi hendrix jadi ke bass ya gan? wkwk

Quote:



Flea pun otodidak belajar memainkannya, kemudian Hilel Slovak, mengajaknya untuk menggantikan posisi bassist di band terdahulunya Anthym,yang kemudian berganti nama menjadi What is this ? Namun setelah lulus SMA, Flea meninggalkan band setelah mendapat tawaran dari band punk Los Angeles yang saat itu ia anggap sudah lebih mapan, yaitu Fear

Spoiler for with FEAR:



Kemudian pada tahun 1983, bersama Anthony Kiedis, serta dua personil Chain Reaction, yang kemudian berganti nama menjadi What is this? gitaris Hilel Slovak, dan drummer Jack Irons, mereka pun membentuk band bernama Tony Flow and the Miraculously Majestic Masters of Mayhem dengan sound funk ala 1970'an dan punk yang kemudian berganti nama menjadi Red Hot Chili Peppers. Meskipun beberapa album mereka bisa dibilang gagal di kancah komersil, mereka tetap konsisten bermusik. 

Spoiler for Hilel Slovak:



Flea, Slovak dan Kiedis pernah terlibat dengan penggunaan narkoba yang berat dan hubungan mereka mereka menjadi tidak nyaman. Flea mengingat bahwa “hal itu mulai jelek bagi saya dan tidak menyenangkan; komunikasi kami tidak sehat”. Bahkan Slovak dan Flea sering bergulat saat tur namun Slovak sudah cukup lemah karena kesehatannya mulai menurun akibat kecanduannya yang berat. Kemudian pada tanggal 25 Juni 1988, gitaris mereka Hilel Slovak tewas  yang disinyalir akibat overdosis heroin. Jack Irons menderita depresi berat karena begitu terpukul atas kematian Slovak, ia lalu memutuskan untuk keluar dari band yang kemudian menyisakan Kiedis dan Flea di band yang tetap lanjut bermusik. Posisi Slovak dan Irons pun digantikan oleh John Frusciantedan drummer Chad Smith

Spoiler for di Rock n' Roll Hall of Fame:


Bertahun-tahun Flea dan Kiedis tetap konsisten di band. Hingga pada 2012 akhirnya mereka mendapat gelar Rock n' Roll Hall of Famer.

Selain di RHCP, Flea juga acap kali tampil dengan berbagai musisi dunia, seperti Mick Jagger, The Mars Volta, Young MC, P, Alanis Morissette, dan Johnny Cash. Sempat juga bersama Thom Yorke dari Radiohead menggarap Atom for Peace tahun 2009. Juga membentuk Rocket Juice and Moon bersama Damon Albarndari Blur, dan Tony Allen yang kemudian memulai debut album di tahun 2012.

Spoiler for Rocket Juice and Moon:


Owner dari Silverlake Conservatory of Musicyang berdiri pada tahun 2001 yang mana adalah sebuah organisasi pendidikan musik non-profit, dikabarkan, Flea pernah mengikuti lari marathon pada tahun 2010 untuk mendapatkan uang guna disumbangkan ke organisasinya tersebut.

Spoiler for Silverlake Conservatory Music:


Flea juga pernah mendapat peran sebagai cameo dalam film Back to the Nature 2 & 3 yang berperan sebagai Needle. Flea juga menjadi pengisi suara dalam salah satu film animasi garapan Disney berjudul Sheriff Callie's Wildpada salah satu episodenya. Dalam episode itu, Flea mengisi suara tokoh kucing mungil pencuri susu bernama Milk Bandit. Selain itu ia juga muncul dalam berbagai film lain, seperti Motorama, The Chase, Fear and Loathing in Las Vegas, My Own Private Idaho, Suburbia, dan The Big Lebowski.

Spoiler for On Film:



Quote:





 

1
11.8K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.