Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

testindoAvatar border
TS
testindo
Inilah 3 Jenis Pekerjaan yang Terancam dengan Perkembangan Industri 4.0
emoticon-I Love IndonesiaSelamat Datang di Thread Testindoemoticon-I Love Indonesia


Industri 4.0 memberikan banyak sekali dampak yang menguntungkan dalam dunia industri seperti meningkatkan nilai suatu produk, menghemat biaya produksi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan juga memberikan pemasukan yang cukup besar karena tingkat produksi sesuai dengan permintaan.
 
Namun, satu hal yang menjadi permasalahan yaitu nasib para pekerja. Apa yang harus dilakukan oleh para karywan jika seluruh pekerjaannya diambil alih oleh sistem dan teknologi IoT (Internet of Things) ? apakah para pekerja tersebut harus diberhentikan semua ?
 
Sebenarnya, revolusi industry 4.0 merupakan suatu kemajuan di bidang industri. Tapi yang terbayangkan oleh para pekerja yaitu semua pekerjaan mereka diambil alih oleh mesin sehingga para pekerja ini merasa terancam keberadaannya di pabrik.
 
Maka dari itu, para pekerja sebaiknya perlu pemahaman lebih mengenai industry 4.0ini agar mereka siap menghadapi apa yang akan terjadi di masa mendatang.
 
Beberapa revolusi industri 4.0 yang akan mempengaruhi keberadaan pekerja di dalam suatu industri yaitu :
 
Pekerja Quality Control  digantikan oleh Pengolah Big Data
 


Dalam dunia engineering, quality control sangat dibutuhkan untuk menjaga mutu suatu produk yang sudah diolah. Sekarang ini, sudah banyak mesin dan alat yang sudah terintegrasi dengan sistem untuk menganalisa berbagai parameter yang menjadi tolak ukur standar kualitas suatu produk berdasarkan data yang diambil secara realtime.
 
Maka dari itu, di era industry 4.0 kebutuhan akan karyawan yang bertugas sebagai quality control akan berkurang tapi permintaan akan para ahli pengolahan data akan meningkat drastic.

 
Robot dalam Proses Produksi

Awal mula berkembangnya revolusi industry 4.0 ini terletak pada perangkat pintar (smart devices) yang dapat berinteraksi dengan kondisi sekitar sehingga dapat membantu melakuan produksi dalam dunia industri. Supaya lebih mudah berinteraksi, perangkat pintar tersebut terintegrasi dengan sensor penanda, kamera dan actuator untuk melakukan identifikasi suatu produk dan kemudian melakukan berbagai perubahan pada produk tersebut.

 
Kendaraan Logistik yang Mampu Berkendara Sendiri (Self-Driving)


 
Bagian yang paling penting dalam suatu industri adalah transportasi logistic / transportasi untuk pengiriman barang. Belakangan ini, banyak engineer yang mulai menerapkan metode pemograman pada sarana transportasi sehingga bisa berjalan sendiri. Dengan teknologi ini maka bisa dipastikan banyak supir pengirim barang yang akan diberhentikan.

Sumber : Testindo.com
0
3.1K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.