Game first person shooter dengan tema dystopia yang akan rilis pada Februari 2019 ini muncul dengan trailer terbarunya.
Kali ini pihak developer dan Nvidia bekerja sama untuk menunjukan hasil implementasi teknologi ray-tracing pada game besutan 4A Games Ukraina tersebut dengan menggunakan GPU seri RTX dari Nvidia.
Untuk temen-temen yang belom tau, ray-tracing sendiri pada dasarnya adalah sebuah metode render untuk menghasilkan efek pencahayaan pada objek buatan.
Dimana efek tersebut didasarkan pada simulasi
trace atau jejak sinar cahaya antara mata dengan sumber cahaya itu sendiri.
Contoh sederhana-nya adalah bayangin kalo karakter yang lo mainin lagi ada di dalem suatu ruangan.
Disitu lo bayangin sudut pandang karakter itu adalah mata dan matahari diluar adalah sumber cahaya.
Terus bayangin lagi sinar cahaya matahari itu masuk ke ruangan tadi, lewat jendela misalnya.
Pasti cahaya yang masuk tadi akan ngenain beberapa objek dong?
Misalnya bangku, teralis, lantai, kain taplak meja, guci, dsb.
Cahaya yang ngenain kain taplak meja kemungkinan akan terserap relatif sempurna,
sementara yang ngenain guci mungkin akan mantul ke objek lain.
Misalnya dalam hal ini adalah ke dinding dan langit-langit ruangan.
Dari langit-langit ruangan sendiri intensitas cahaya akan diserap, namun sebagian akan kembali memantul ke objek lain.
Nah, hasil dari semua jejak dan pantulan itu bakal ngasih efek pencahayaan yang beda-beda pada permukaan tiap objek.
Itulah yang di-simulasiin oleh komputer dan dimaksud dengan metode ray-tracing.
Meskipun membutuhkan waktu render yang relatif lama, metode ini udah umum banget dipake oleh para moviemakers.
Karena untuk film, selama masih masih masuk timeline, sebenernya ga ada masalah berapapun waktu render yang lo butuhin.
Lo bisa nonton film animasi kaya Cars kalo emang mau coba merhatiin hasil implementasi dari metode ray-tracing ini.Nah beda lagi untuk video game, selama ini belom pernah bisa, kenapa?
Karena visual yang dimunculin itu bersifat real-time, tergantung dari interaksi dan posisi masing-masing player.
Disinilah hal baru yang bakal ditawarin oleh Nvidia melalui GPU seri RTX mereka nanti.
Perlu diinget juga ya temen-temen, kalo at the end of the day seberapa bagus hasil dari ray-tracing ini juga kembali lagi ke kemampuan masing-masing developer saat mengimplementasikan metode tersebut pada game mereka ya?
Namun
based on trailer ini sih, implementasi-nya di Metro Exodus itu “wow” banget emang.
Tinggal tunggu aja hasil
final release-nya nanti gimana.
Eh tunggu, kalopun udah rilis kita emangnya gue mampu beli GPU RTX? *LOL
Kayanya
better tunggu ray-tracing hasil kimpoi
open source Vulkan sama produk 7nm AMD deh.