Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masbrowww477Avatar border
TS
masbrowww477
Apakah Benar Utang Indonesia Bertambah Rp1 triliun per Hari?

Koran Sulindo – Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan kandidat calon presiden Prabowo Subianto, lawan dari calon presiden petahana Joko “Jokowi” Widodo pada pemilihan presiden tahun depan, mengatakan utang pemerintah Indonesia bertambah Rp1 triliun setiap hari. Prabowo mengatakan itu dalam acara bedah buku 1 September 2018.
Pengamat ekonomi Yenny Tjoe dari Griffith University, Australia, diminta The Conversation memeriksa kebenaran klaim Prabowo tersebut.
Analisis
Total utang suatu negara pada periode tertentu didapat dari menjumlahkan utang lama dan utang baru. Utang lama berarti utang yang diakumulasi oleh pemerintahan dulu dan diwariskan kepada pemerintahan selanjutnya.
Sementara itu, utang baru adalah utang yang dilakukan oleh pemerintahan sekarang untuk membiayai kebutuhan periode sekarang. Untuk mengukur berapa jumlah utang bertambah setiap hari, maka yang diukur adalah utang baru yang dilakukan sejak pemerintahan baru dimulai.
Namun perlu kita ingat juga bahwa pemerintah tidak melakukan pinjaman setiap hari, melainkan sesuai kebutuhan pembiayaan selama satu periode pemerintahan.
Sebagai contoh, saya akan mencoba memberikan ilustrasi tentang pertambahan utang pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi berdasarkan data utang luar negeri Indonesia yang diliris di website Bank Indonesia.
Ketika Presiden Jokowi dilantik pada Oktober 2014, nominal utang Indonesia yang diwariskan pemerintahan sebelumnya (SBY) adalah $295 miliar (Rp3.569 triliun). Pada bulan Juli 2018, data sementara menunjukkan utang Indonesia berjumlah $358 miliar.
Artinya, selama 3 tahun dan 9 bulan, dari Oktober 2014 hingga Juli 2018, utang selama pemerintahan Jokowi bertambah sebesar $63 miliar, setara dengan $17 miliar per tahun.
Mantan Presiden SBY dilantik pada Oktober 2009, nominal utang Indonesia pada saat itu adalah $170,8 miliar. Pada akhir pemerintahannya, jumlah utang menjadi $295.4 miliar, artinya, selama lima tahun periode ke-2 presiden SBY, utang bertambah $124,6 miliar, atau setara dengan $25 miliar per tahun.baca selengkapnya...https://koransulindo.com/apakah-benar-utang-indonesia-bertambah-rp1-triliun-per-hari/



0
1.5K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.