Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yangcanggihcomAvatar border
TS
yangcanggihcom
Kamera OPPO F7 Bagus? Simak Nih Ulasan Jujur Kameranya
Meneruskan tradisi ponsel dengan kamera selfie superior, OPPO memperkenalkan F7 untuk menggantikan F5. Walaupun hanya beda satu generasi, ternyata ada beberapa perubahan penting yang ditanamkan OPPO ke dalam F7.
Selain desainnya yang mengadopsi notch atau poni pada layar dengan aspect ratio 19:9 yang baru, spesifikasi kamera juga berubah.

Kamera depan 25 megapixel dengan sensor baru
Untuk kamera depan F7, OPPO menggunakan lensa dengan diafragma atau aperture f/2.0. Lensa ini dipadukan dengan sensor Sony IMX576 25 megapixel yang hanya ada di OPPO F7 untuk saat ini.
Fitur penting lainnya adalah HDR di sensor (hardware) yang diklaim memiliki dynamic range lebih baik dibandingkan HDR versi software. Selain itu ada fitur Depth Effect (bokeh) dan A.I. Beauty 2.0 yang bertujuan untuk menghasilkan foto portrait lebih baik.


Dari pengujian kami yang singkat, hasil foto dari kamera depannya di kondisi cahaya ideal termasuk baik. Yang patut diapresiasi, OPPO F7 tetap dapat menghasilkan foto selfie yang jelas di kondisi cahaya kurang ideal.

Bahkan di dalam ruangan dengan kondisi cahaya pas-pasan, hasil foto selfie OPPO F7 juga tetap oke seperti pada hasil foto di bawah ini.



Sama seperti OPPO F5, kamera depan OPPO F7 akan memprioritaskan exposure pada wajah saat mengambil foto selfie. Hasilnya, wajah akan tampak cerah dan jelas saat difoto. Namun di kondisi cahaya dengan kontras tinggi, OPPO F7 akan cenderung menghasilkan foto overexposure atau terlalu terang untuk menampilkan foto wajah yang jelas dan terang.


Tentunya ini dikembalikan ke pengguna, apakah ingin tampil dengan kulit lebih cerah atau lebih menyukai hasil foto selfie dengan warna yang lebih netral.

OPPO F7 sendiri juga telah mengusung teknologi A.I. Beauty 2.0 yang lebih canggih. Selain menampung lebih banyak wajah sebagai referensi penyempurnaan foto selfie, fitur A.I. pada OPPO F7 juga dapat menyempurnakan leher dan bahu. Ini penting agar hasil foto selfie yang didapatkan terlihat lebih alami dan paripurna.

Fitur penyempurna wajah otomatis ini mampu memperhalus wajah tanpa banyak menghilangkan kumis atau menyulap pria macho menjadi pria kemayu. Berlebihan atau tidak, efektifitas A.I. Beauty 2.0 dalam mempercantik dan memperganteng akan menjadi hal yang subyektif. Berikut contoh hasil foto selfie dengan fitur A.I. Beauty 2.0 aktif.



Berikut perbandingan foto yang tanpa dan yang menggunakan A.I. Beauty 2.0. Dua foto ini diambil di dalam ruangan pameran dengan pencahayaan kurang ideal dari lampu yang posisinya amat tinggi.




Satu tambahan menarik adalah AR Sticker yang bisa digunakan di kamera depan dan belakang. Untuk saat ini, pilihan stiker masih sangat terbatas tapi akan ditambah melalui update di F7.



Depth Effect: Efektif di kamera belakang

Untuk menambahkan efek bokeh, Anda bisa mengaktifkan Depth Effect mode yang diwakili ikon berbentuk air. Mengingat efek ini diciptakan dari algoritme software, efek bokeh yang dihasilkan masih belum sebaik ponsel dengan dua kamera.



Namun efek bokeh atau blur ini ternyata jauh lebih baik saat kami mencoba kamera belakang, seperti pada contoh foto berikut.




Selain lebih rapi, tentunya efek bokeh yang dicapai juga lebih baik berkat diafragma lensa kamera belakang yang lebih besar yaitu f/1.8.

Super Vivid Mode: Berguna untuk “mengeluarkan” warna

Bagi yang suka foto dengan warna yang lebih “berani” atau lebih matang, OPPO telah memberikan fitur Super Vivid Mode. Dengan mengaktifkan mode ini, hasil foto akan terlihat memiliki warna lebih matang dengan saturasi yang amat tinggi seperti pada foto-foto di bawah ini.




Untuk fitur Super Vivid Mode, perlu diperhatikan subyek yang difoto. Fitur ini akan berguna saat kondisi cahaya datar untuk memunculkan warna yang biasa terlihat pudar. Namun tetap saja subyek perlu diperhatikan agar hasil akhirnya tidak berlebihan. Jika saturasi warna berlebihan, tentunya Anda tinggal mematikan efek Super Vivid Mode. Tanpa mengaktifkan mode tersebut, sebenarnya warna hasil foto kamera belakang OPPO F7 termasuk cukup netral dengan saturasi yang pas di kondisi cahaya ideal.





Akurasi white balance otomatisnya juga cukup baik, mampu menangkap suasana yang sedang difoto seperti berikut ini tanpa merusak mood. Namun pada kondisi saat satu warna cahaya cukup dominan, misalnya saat memotret obyek di bawah lampu sorot warna kuning,  maka hasil foto akan didominasi warna cahaya tersebut.




0
10.7K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.