Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Belum Punya Rumah? Baca 6 Tips Memilih Rumah Idaman Pertama Agan (PENGALAMAN PRIBADI)

sretro007Avatar border
TS
sretro007
Belum Punya Rumah? Baca 6 Tips Memilih Rumah Idaman Pertama Agan (PENGALAMAN PRIBADI)
Rumahku adalah surgaku... itu pepatah yang pas banget. Rumah harus menjadi tempat teraman kita manakala gunda gulana diluar sana menghampiri kita. Bagi seorang yang sudah berumah tangga mesti tau banyak tantangan yang harus dihadapi, khususnya dalam mencari nafkah, baik sebagai suwasta atau sebagai orang kantoran. Nah bagi yang mau beli rumah pertama, ini saran saya untuk agan semua. sekedar share ya gan maaf kalo banyak yang agan gak setuju.



6 Tips penting memilih rumah pertama ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Karena memilih rumah pertama susah susah gampang maka rasanya perlu untuk memberikan sedikit pengalaman ini, supaya bisa dijadikan rujukan awal untuk pembaca. Apabila dalam memutuskan pembelian rumah tidak tepat, itu sebuah hal yang sangat disayangkan.

Tidak banyak bagi pasangan muda indonesia yang ketika menikah , sang suami atau istri sudah memiliki rumah untuk  ditempati. Penghasilan yang belum besar dan pengaturan keuangan keluarga  yang belum jelas, membuat setiap pasangan muda ragu untuk memilih rumah  idaman mereka yang pertama. Hal ini hampir dialami 70% dirasakan oleh pasangan muda.

Tenang Gan ... pertimbangkan yang masak Rumah Pertama Agan
Untuk mendapatkan rumah idaman yang pertama hampir mirip ketika  mencari pasangan hidup. Cari yang sesuai dengan kamu itu paling penting  kan ? . Cantik tapi tidak pengertian , kaya tapi tidak keibuan, ganteng  sudah bekerja tapi banyak menuntut. Banyak hal yang perlu dipikirkan plus minusnya.

Cara Menemukan Rumah Idaman Yang Pertama
Mencari rumah idaman adalah rumah yang menunjang kehidupan keluarga agan. tidak harus mewah tidak harus mahal. Spesifikasi rumah yang tepat sangat penting. karena spesifikasi akan  berpengaruh langsung terhadap harga dan biaya perwatan. Bila kita  membelinya dengan kredit pertimbangan pula besaran bebean bunga yang  akan ditanggung dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Berikut spesifikasi rumah yang penting agan perhatikan :

A. Air Dan Listrik Di Calon Rumah Pertama Agan
kedua fasilitas ini mungkin terdengar spele tapi jangan salah  kompenen ini sangat pokok untuk sebuah rumah yang akan agan Huni. Hampir  bisa dipastikan tanpa kesediaan listrik dan air bersih, rumah agan tidak  akan menjadi rumah idaman. Perlu diperhatikan bila air bersih PDAM  belum tersedia di calon rumah agan. Silahkan uji lab air tanah agan ke  dinas lingkungan hidup setempat. mengapa demikian karena bila air tanah  agan penuh dengan cemaran seperti kadar tinja, bakteri ecoli, logam  berat dan sebagainya jangankan untuk minum, untuk mandi dan cuci pun  agan harus berfikir dua kali

B.Jalan Masuk Perumahan Ke Calon Rumah Pertama Agan
Idealnya jalan yang menuju lokasi rumah agan memiliki lebar minimal 6 meter namun demikian bilapun tidak 4 meter adalah lebar yang cukup agar mobil bisa berpapasan secara bergantian. Pastikan jalan yang melalui calon rumah agan adalah juga jalan umum / fasilitas umum bukan milik perorangan. Karena bila milik perorangan maka suatu waktu jalan itu ditutup maka agan tidak bisa berbuat apa-apa. Banyak kasus akhir-akhir ini dimana jalan menuju rumah ditutup tetangganya seperti yang muncul dalam pemberitaan akhir-akhir ini.

C. Fasilitas Umum Seperti Pendidikan, Pasar, Transportasi & Rumah sakit dekat Calon Rumah Pertama Agan
Ke Empat fasilitas diatas hampir merupakan menu wajib bagi agan yang akan memilih rumah. Misal saja bila agan memiliki rumah yang mewah namun jauh dari ke 4 fasilitas ini. Maka agan akan direpotkan oleh pemenuhan kehidupan sehari-hari. Dan perlu diingat pemenuhan kehidupan sehari-hari tidak bisa ditunda karena bersifat rutin. Rumah yang bagus namun jauh dari 4 fasilitas diatas bisa membuat agan tidak betah dan menjadikan rumah bagus itu tidak nyaman. Tentu saja agan tidak ingin rumah idaman agan sperti cerita diatas.
Sekolah anak juga hal yang penting. ketika anak sudah mulai berumur 6-7 tahun tidak bisa tidak menyekolahkan anak , mengantar dan menjemputnya adalah rutinitas wajib harian. bila sekolah dekat dengan rumah itu akan menjadi suatu "kemewahan" tempat tinggal agan. karena akan membuat pengaturan rumah tangga agan lebih mudah


D. Rumah Ibadah dan Kantor Pemerintahan Dekat Calon Rumah Pertama Agan
Ini juga nilai tambah lain yang bagi sebagiabn orang menjadi kebutuhan dasar. tentu saja bila rumah kita dekat dengan tempat ibadah dan kantor pemerintahan. Pengurusan surat menyurat menjadi lebih mudah dan urusan ibadah juga bisa lebih nikmat untuk ditunaikan.

E. Pilih Skema Pembiaayaan Lembaga Keuangan / Bank yang tepat untuk rumah pertama agan
Skema pembiayaan adalah salah satu langkah penting dalam pembelian rumah pertama agan. seringkali karena terlalu ingin memiliki rumah, pasangan muda tidak jeli dalam memilih mana pembiayaan rumah yang paling sesuai dengan kantong mereka. seringkali hal-hal detail tentang biaya-biaya dilembaga keuangan diabaikan, akibatnya rumah yang dibeli memiliki beban yang besar. "WASPADA" tidak semua lembaga keuangan baik, beberapa dari mereka hanya perduli dalam mengeruk keuntungan dari agan. Paling tidak agan harus 1. melakukan perbandingan 2-3 lembaga keuangan yang akan dijadikan tempat mencicil rumah 2. Cari yang paling rumah 3. perhatikan biaya-biaya lain-lain, administrasi, bungan dsb hitung dengan jeli dan cari yang paling murah. 4. Semakin pendek tenor kredit agan ( 4 tahun atau 15 tahun cicilan) semakin baik karena agan berarti menghemat beban bungan yang seharusnya dibayarkan ke lembaga keuangan tersebut.



F. Jangan Memaksakan Diri
Ingat gan memaksakan diri dalam mebuat rumah atau membeli rumah bisa menjadi boomerang buat agan. buat saya rejeki itu akan mengikuti artinya manakala karier kita didunia bisnis atau profesioanal semakin baik semakin ahli pasti uang akan mengikuti. jangan sampe karena kita terobsesi membuat rumah yang bagus keuangan kita berantakan, rumah tangga menjadi panas. tenang aja gan... rumah pertama agan jadikan rumah yang nyaman dan tenang, nah bikin cita-cita untuk membuat rumah ke 2 yang lebih bagus. ketika akan sudah mapan... membuat rumah yang lebih bagus bukanlah hal yang sulit.

Beberapa point diatas wajib agan cermati. Sebaiknya dalam mensurvei rumah tidak perlu terburu-buru. buatlah list 3 sd 4 rumah idaman incaran agan. lalu bandingkan plus minus masing-masingnya. bila segala sesuatunya sudah dirasa cukup maka putuskan. Pada akhirnya keberanian perlu agan miliki untuk memutuskan rumah mana yang agan akan miliki dengan kelebihan dan kekurangan yang ada. Ingat rumah idaman adalaha bukan rumah sempurna, karena dibawah langit tidak ada yang sempurna. Rumah idaman adalah rumah yang cocok buat agan dalam berbagai sisi dan aganpun bisa menerima segala kelebihan dan kekuranganya.


SUMBER PELENGKAP



Ini Rumah Ane Gan setelah 7 tahun menabung gan...Dalam tahp finishing ..Ya Kecil sih Gan emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) jangan dibully ya...

semoga yang belum punya rumah juga segera bisa beli rumah, Jangan lupa Cendolnya Gan emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Blue Guy Peace

Diubah oleh sretro007 21-09-2018 04:05
1
1.2K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.