Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

verratti10Avatar border
TS
verratti10
Need Answer About Mental Disorder
Dear agan & sista se-Kaskus raya,
Perkenalkan sama saya Pras, umur 26 tahun. Saya punya beberapa pertanyaan terkait kondisi mental yg saya alami. Saya sebenarnya pengen ke psikiater tapi saya ngga yakin. Takut saya cuma mengada-ada apa yg saya rasa dalam benak saya itu ada.
Oya, sebenarnya saya hidup normal seperti kebanyakan orang.Tapi saya ada beberapa hal yg kadang mengganjal & saya seperti butuh penjelasan tentang hal-hal mengganjal yg saya alami itu. Berikut kurang lebihnya:
1. Saya suka baca-baca tentang mental disorder seperti Bipolar atau Obsessive Compulsive Disorder. Kebanyakan yg saya baca dari curhatan yg menderita Bipolar atau OCD mengatakan bahwa orang dg kecenderungan otak kanan & introvert lebih rentan menderita itu. Kebetulan saya golongan darah B, cenderung otak kanan, & introvert. Dan saya baca ciri2 bipolar & OCD, sebagian kok ada yg mirip dg pengalaman hidup saya, meskipun ngga semuanya.
2. Emosi saya kadang swing cepet banget. Dari bahagia jadi sedih. Pas lagi moodnya baik banget, saya suka mengekspresikannya yg kadang dianggap orang2 berlebihan, ketawa cekikikan, ngomong ngga jelas, dll. Tapi kalau lagi moodnya jelek, jadi ngga pengen ngapa2in, merasa paling sendiri di dunia, ngga pengen ketemu orang, males buka HP, bisa tidur sehari sampe dua harian tanpa keluar kamar. Kalau saya baca, bipolar mirip seperti itu. Tapi saya kayaknya ngga sampe pada tahap ekstrem pengen bunuh diri.
3. saya orangnya suka ketakutan terjadi suatu hal yg tak diinginkan, kalau tidak melakukan suatu hal. Misalnya, saya cuci tangan bisa bermenit-menit atau mandi bisa guyur badan berkali-kali, hanya karena dalam benak saya muncul perasaan was-was, dan ngga tau apa sebabnya. Normalnya setelah pakai sabun mandi, orang bilas badannya 3x guyuran cukup. Ini saya kadang sampe puluhan guyuran baru merasa cukup. Kadang saya bingung kenapa harus sebanyak itu. Kalau saya baca, kok mirip sama gejala Obsessive Compulsive Disorder ya.
4. Saya suka ngomong sendiri.
5. Saya kadang bisa mimpi, tapi saya sadar sdg mimpi, dan saya bisa mengendalikan mimpi saya. Misalnya, dalam mimpi saya ada pada kondisi yg harus memilih untuk melakukan A, B, atau yg lain. Lalu saya seperti bisa kontrol untuk pilih yg B saja. Trus saya bisa pilih ganti kondisi dalam mimpi. Pas bangun tidur, saya bisa ingat apa yg saya mimpikan sampai pada detail tertentu, hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Bahkan saya di usia 26 tahun ini masih ingat mimpi saya pas masih kelas 2 SD.
Apakah kondisi mental seperti itu normal? Atau saya tetep perlu konsultasi ke dokter? Takutnya kalau saya ke dokter, saya malu kalau nantinya ternyata saya cuma melebih2kan apa yg saya rasakan saja.
Mohon sharing-nya agan & sista. Terima kasih, 🙏
0
2K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.8KThread27.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.