• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Yuk Mengenal Permesta, Pemberontak Yang Didukung Oleh Agen Rahasia

rasyidari11Avatar border
TS
rasyidari11
Yuk Mengenal Permesta, Pemberontak Yang Didukung Oleh Agen Rahasia
Welcome To My Thread



Quote:


Gansis Semua tau tidak tentang Perdjuangan Semesta atau Perdjuangan Rakjat Semesta disingkat Permesta. Gerakan ini dideklarasikan oleh pemimpin sipil dan militer Indonesia bagian timur pada 2 Maret 1957 yaitu oleh Letkol Ventje Sumual. Pusat ini berada di Makassar yang pada waktu itu merupakan ibu kota Sulawesi.

Ternyata Permesta sendiri dibantu oleh agen CIA lapangan. Pemberontakan ini terjadi karena etnis sulawesi dan sumatra tengah mengganggap pemerintah pusat yaitu ibu kota jakarta telah melakukan kebijakan ekonomi yang stagnan pada pemenuhan ekonomi lokal mereka saja, di mana dalam gilirannya membatasi setiap kesempatan bagi pengembangan daerah regional lainnya. Oleh sebab itu lah rakyat dan kalangan militer memprotes kebijaan ekonomi pemerintah yang menyebabkan adanya gerakan militer.

Pada tanggal 2 Maret 1957 di Makassar,Letkol.Ventje Sumual memproklamirkan berdirinya Piagam Perjuangan Semesta.Gerakan ini meliputi hampir seluruh wilayahIndonesia Timur serta mendapat dukungan dari tokoh-tokoh Indonesia Timur. Selain itu mereka juga membekukan segala aktivitas Partai Komunis Indonesia, serta menangkap kader-kader PKI. Keadaan semakin genting tatkala diadakan rapat di gedung Universitas Permesta yang membicarakan pemutusan hubungan dengan pemerintah pusat.



pada saat terjadinya pemberontakan permesta pemerintah kita kala itu sedang terjadi pergolakan politik.terutama dengan silih bergantinya kabinet seiring dengan penerapan Demokrasi Liberal. Di sisi lain, hubungan Dwi-Tunggal Soekarno danHatta mengalami keretakan. Hal ini terjadi akibat dari kedekatan Soekarno dengan Partai Komunis Indonesia yang selalu memusuhi Hatta. Akhirnya dengan berat hati, Hatta mengundurkan diri dari jabatan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Kemudian terjadilah Operasi Militer yang dilakukan Pemerintah kita, Operasi ini disebut sebagai Operasi Militer IV yang dipimpin Letkol Bardosono dengan rincian sasaranSulawesi Utara bagian Tengah pada bulan Maret 1958. Ventje Sumual menjadi salah satu tokoh kunci yang penting bagi aksi pemberontakan bersenjata. Dirinya lah yang terlibat langsung dan menjadi penghubung dengan agen CIA. Amerika Serikat serikat melalui CIA membantu operasi permesta dengan mengirimkan berbagai alut sista seperti senapan ringan kaliber 12,7mm, RPG atau bazoka, granat semiotomatis, senapan serbu infanteri, dan senjata‐senjata penangkis serangan udara. Tak hanya senjata saja yang diberikan oleh US ternyata Agen CIA lapangannya sedniri ikut andil dalam Operasi militer Permesta AU US juga memodifikasi pesawat B-26, Angkatan Darat memberikan pelatihan dan satuan laut membantu infiltrasi dan dukungan lewat kapal selam.

Kepada US ingin membantu Permesta tenyata penyebabnya kala itu US tidak ingin Indonesia jatuh pada paham komunis. Karena itu, opsi membantu Permesta dirasa paling tepat untuk menggulingkan Soekarno yang kala itu terlihat mesra dengan Blok Timur dan sekutunya.



Pasa saat itu terjadilah pertempuran yang begitu sengit bahkan penduduk setempat mengunggsi ke daerah yang tidak terjadi peperangan. Pada saat terjadi perang di darat maupun udara ada sebuah pesawat tempur yang di piloti oleh Allen Pope dengan menggunakan pesawat B-26 Invader. Ketika pesawat yang dipiloti oleh Allen Pope menukikan pesawatnya untuk menyerang kedudukan Pasukan APRI. Melihat tanda bahaya, para awak yang berada di dalam kapal dengan serentak melakukan tembakan balasan. Hampir seluruh pasukan yang ada di dalam kapal melakukanya. Mulai dengan penangkis udara, senapan serbu, senapan otomatis, senapan infanteri bahkan pistol. Ketika keadaan terdesak oleh situasi perang saat itu pemerintah pusat mengirimkan bala bantuan berupa Pesawat kopkit P-51 yang dipiloti oleh Ignatius Dewanto. Ketika beliau telah lepas landas dan siap menghancurkan pesawat B-26 Invader ternyata beliau tidak melihat pesawat tsb. Kemudian beliau melihat konvoi kawan-kawanya yang diserang B-26 milik AUREV buruannya. Dengan cepat ia mengejar pesawat tersebut lalu mengambil posisi di belakang lawan. Roket ditembakkan namun, berkali-kali lolos, disusul dengan tembakan 6 meriam 12,7 karena jaraknya lebih dekat, memungkinkan ia dapat mengenainya lebih besar.

Dan ternyata Ignatius Dewanto berhasil menjatuhkan pesawat B-26 Invader. Dan beliau melihat Allen Pope yang memiloti pesawat tersebut. Dan saat itu lah kekuatan Permesta yang sebelumnya kuat kemudian melemah seiring jatunya pesawat yang di piloti Allen Pope, saat itu Kekuatan Militer kita berhasil menduduki daerah-daerah yang sblmnya di duduki oleh Permesta. Tapi siapa kah Allen pope? Ternyata dia adalah seorang pernerbang bayaran dari Amerika Serikat. Agen CIA Amerika Allen Pope, tertangkap hidup, yang menyorot keterlibatan lebih dalam CIA di pemberontakan tersebut. dan ternyata tak hanya bukti Allen Pope saja tapi dari senjata-senjata US juga ada di tempat terjadinya perang. Ternyata terungkap bahwa Amerika sendiri lah yang membantu pemberontakan permesta tapi pihak Amrik sendiri tidak ingin mengakuinya Seperti yang dikutip olehJohn Foster Dulles, “Apa yang terjadi di Sumatera adalah urusan dalam negeri Indonesia. AS tidak ikut campur dalam urusan dalam Negeri Negara lain.” Kemudian,Eisenhower selaku Presiden Amerika Serikat, mengadakan jumpa pers terkait Peristiwa yang terjadi di Sumatera dan Sulawesi serta penemuan beberapa senjata buatan AS.

Saking malunya dan terlibat pihak Amrik sendiri menawarkan bantuan senjata serta bersedia mengimpor beras kepada Indonesia dengan bayaran rupiah, selain itu dengan sangat terpaksa, Amerika menghentikan segala bantuannya kepada PRRI dan Permesta sehingga membuat keduannya semakin melemah. 

Boombastis


Setelah Permesta kalah pihak Indonesia sendiri memberikan Amnesti pengampunan kepada para pemberontak yang bersembunyi dihutan agar para prajurit bersedia keluar. Dan Permesta sendiri dibubarkan setelah kalah dengan pihak Indonesia. Letkol.Ventje Sumual setalah kalah dalam perang beliau berhenti menjadi prajurit dikarenakan diberhentika secara tidak hormat dan kemudian beralih profesi menjadi seorang pengusaha.


Nah... segitu aja sejarah pemberontakan yang di bantu oleh Amrik sendiri.
Jangan lupa gan tinggalkan jejak setelah membaca emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star




Quote:



Quote:
0
15.3K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.