Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

prabowsAvatar border
TS
prabows
The Marriage Life
Pernikahan seakan menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Mindset yang seakan "MENGHARUSKAN"mapan sebelum menikah malah menjadi sebuah beban yang berat. Bahkan banyak yang sampai telat menikah karena "KEMAPANAN" yang tak kunjung datang. 


Ini sebenernya mindset yang kebelinger. Mapan itu bisa jadi ga akan bertahan selamanya. Malah, orang-orang yang nekat kebanyakan Bangkrut setelah ngadain pesta pernikahan dan bingung keuangan setelah menikah hanya karena mau di bilang MAPAN. See, mindset itu malah jadi boomerang buat diri sendiri.


Inget, pernikahan itu sebuah awal, bukan sebuah akhir. Jangan menyusahkan diri sendiri untuk menyenangkan orang lain, toh yang menjalani pernikahan dan hidup setelah pernikahan kalian itu ya, KALIAN. Bukan mereka. Malah, ketika kalian memaksakan The Royal Wedding  versi kalian namun setelahnya "ngutang" untuk "makan", jangankan sama manusa, malu sama kucing meong-meong-meong. emoticon-Cape d... (S)


So, What should i do, bow?

Saran Ane, buat para pria-pria yang galau menikah karena merasa belum mapan adalah :

1. Cari calon Istri yang siap dampingin dalam keadaan apapun

2. Jujur sama CaMer tentang siapa ente, bagaimana keuangan ente dan seperti apa rencana ente kedepannya.

3. Buat anggaran dasar yang di tentukan oleh ente dan calon pasangan.

4. Atur pengeluaran pernikahan dan pengeluaran kehidupan setelah pernikanan.

5. Eksekusi pengeluaran dengan baik, teratur dan konsisten.


Sebelum kita bahas satu per satu, Ane mau cerita pengalaman waktu kemarin ane nikah dan sekarang resmi menjadi calon ayah. 

CEKIDOT...


Ane adalah seorang laki-laki biasa yang punya mimpi segudang. Dan mimpi paling GENDENG ane adalah jadi pengusaha, usaha apa aja yang penting HALAL. Kenapa ane bilang mimpi paling GENDENG ane adalah jadi pengusaha? karena, dari kakek nenek moyang ga ada darah PENGUSAHA, yang ada adalah darah dan mental PEKERJA. That's why, ane seneng banget ketika pertama kali jadi keturunan yang kerja di perusahaan yang ya bisa di bilang salah satu TOP GLOBAL Company. emoticon-shakehand

Karena didikan dan orientasi pekerja itulah ane semangat banget kerja, lemburan sikat, suruh kerjain apapun hajaar. Alhasil di tahun 2010, tahun yang sama ketika saya lulus SMK saya punya gaji yang cukup bikin ngiler dan lupa diri. Gaji ane bisa tembus di angka 8jt di tahun 2010. Namun seiring berjalannya waktu rasanya cukup lelah untuk terus-terusan lembur dan nurutin perintah bos yang semakin lama semakin gak masuk akal. Tepat di tahun ke 2 bekerja, ane cari-cari informasi soal usaha sampingan. Dari sanalah mimpi gendeng ane di mulai. Ane harus jadi pengusaha.


Ane mulai menjalankan usaha ane sambil bekerja, dengan harapan usahanya bisa berkembang dan kalo udah berkembang, baru deh ane resign. tapi ternyata SALAH BESAR.


Usaha pertama yang ane lakuin adalah jualan sepatu flat cewek. Usaha ini ane jalanin bareng temen ane, dia sebelumnya udah jalanin ini usaha, tapi karna kurang modal penjualannya jadi gak optimal. Disitulah ane masuk jadi pendana, gak ngerti cara jualan gimana, sistem usahanya gimana tapi ujug-ujug jadi Investor, mantabs. Minggu pertama, minggu ke 2 itu penjualan bagus banget, baru 2 minggu profit ane udah bisa balikin setengah modal yang ane kasih. Tapi, lama kelamaan, makin kesini, temen ane ini mulai gak beres, barang ga ada uang pun Alhamdulillah gak ada. Ternyata eh ternyata, di pake sama dia buat foya-foya. Luar binasa. Alhasil, usaha ini resmi gulung roti, eh gulung tikar. emoticon-Ngakak (S)


Usaha kedua ane adalah jadi wedding & prewedding Fotografer. Kebetulan, ane sukak banget sama fotografi, jadi ane memberanikan diri untuk buka jasa fotografi untuk wedding & prewedding. Meskipun hasilnya lumayan, dan peminatnya lumayan banyak, usaha ini juga gulung tikar, kenapa ? karna jadi fotografer itu harus menyesuaikan waktu dengan klien, bukan klien yang menyesuaikan waktu dengan ane. berhubung ane masih kerja, ane ga bisa selalu ambil orderan yang ada dan reputasi jasa ane lama-lama menurun dan menurun dan menurun lalu jatuh. SELESAI


Usaha ketiga ane adalah, Clothing line. yap, seems to be the worst choice for me. usaha ini memakan dana 8jt dalam 3 hari dan ga ada kabar apapun sampai detik ini. Dan saya nobatkan ini adalah usaha yang paling singkat dan tingkat profit = 0. ASUdahlah jangan di ceritain kit-atiii.


Usaha ke Empat adalah usaha yang sangat-sangat besar uang, tenaga dan waktu yang ane keluarkan. namun hasilnya - (baca: Minus). Usaha ini awalnya adalah lanjutan usaha yang pertama, yaitu jualan sepatu, tapi sepatu kulit premium. Biaya yang gue sendiri keluarkan untuk usaha ini sekitar hampir 50jt, waktu yang di kuras kurang lebih 8 bulan dan tenaga yang di keluarkan sangat-sangat dapat membuat kelelahan. dan Akhirnya gue fail, dengan menyisakan hutang kurleb 70jt karena uang untuk usaha ini ane pinjem dari bank.


Balik lagi ke topik kita soal pernikahan. Di sela-sela ane melakukan pekerjaan utama dan usaha yang ane bangun, ane juga membangun hubungan dengan seorang wanita. Sebut saja dia mawar. Semenjak ane mengenal cinta baru dengan si Mawar ini ane bertahan lebih lama dalam sebuah ikatan Pacaran. emoticon-Wowcantik


Dimulai sejak 2014, berjalan dengan indah sampai dengan awal 2016. Lalu berlanjut dengan tidak mengenakan sampai akhirnya putus di akhir 2016. Kenapa ? karena di tahun 2016 inilah ane mengalami masa-masa awal kehancuran. Jadi begini, ane dan si Mawar sepakat untuk menikah, kami membicarakan pernikahan kayak cerita-cerita dongeng karangan Disney. Terlalu larut dalam angan-angan Raja dan Ratu satu malam, di tambah di setiap kali ane dan mawar kondangan, selalu di gedung yang luaas, dekorasinya ngalahin nikahan Pangeran William dan baju penganitin yang lebih bagus daripada yang di pake Princess Elsa di Frozen.


Lalu, ane dan mawar sepakat untuk NGUTANG di bank sebesar 100jt. Lalu apa yang terjadi selanjutnya ? jreng ... jreengg..

Di saat ane ngobrol dengan Orang Tua si mawar, ane seperti di ajak terbang oleh anaknya dan di tinju dari atas sama bapaknya ke bawah. He Said "Tunggu mawar selesai kuliah ya" dan mawar baru lulus 2018. 

Fyi, ane dan mawar sama-sama Kerja sambil Kuliah di Universitas yang sama.


Oke, ane ga nyalahin siapapun soal itu, ane hanya merasa begoook. ini uang 100jt mau di kemanain ? mau di buat apa ?

bayarnya gimana ? sedangkan kalo di bayarin lagi ga akan bisa kalo belum 6 bulan cicilan. Akhirnya uang itu ludes gak tau kemana. Perasaan gak beli apa-apa, perasaan gak kemana-mana. Perasaan lho ya. Dan hal ini resmi menobatkan ane dengan predikat "Keturunan Keluarga yang Berhasil mencetak Utang di Atas 200Jt" dan hubungan ane & mawar kandas di akhir tahun 2016.


So, dengan jumlah hutang hasil gagal usaha & gagal nikah di tambah cicilan rumah dan lain-lain. pengeluaran tetap setiap bulan ane mencapai 11jt sedangkan Gapok ane 5jt. Dengan kondisi perusahaan yang lagi Cost Saving besar-besaran gak ada lemburan deh. Alhasil selama tahun 2016-2017 ane selalu gali lobang tutup lobang untuk nutupin itu utang. 


Menjomblo dari awal tahun menuntun ane kepada seseorang yang ane temui di DUMAY, kocak ya. Di bulan Juni 2017 ane kenalan sama seorang cewe yang sekarang jadi Ibu dari anak ane. Pertemuannya gak sengaja, saat ane secara random kirim greeting ke banyak cewe di satu Dating Apps gitu. Lalu dia bales greeting ane. ciecie.


Awalnya biasa aja, gak ada yang spesial bahkan kita cuma ngobrol dan curhat biasa aja di dumay gak ada niatan mau ketemuan atau gimana. Ane mikir, ketemuan perlu duit, seenggaknya buat beli teh sisri, tapi daripada buat beliin dia teh sisri mending buat bayar utang. Sampai 2 bulan setelah awal ane sama (Sebut saja Melati) ini kenalan di dumay, ane curhat kalo ane lagi butuh uang untuk bayar hutang 2jt. Dan tanpa di sangka-sangka dia bilang "yaudah pake uangku dulu aja nih, kebetulan aku ada uang"

Ane antara seneng dan takut, seneng karna ada secercah cahaya kehidupan dan takut jangan-jangan ane bakal di rudapaksa atau di jual jadi bintang pelem. emoticon-Shutup

Tapi, karna butuh ane samperin aja kerumahnya, setelah sampai di rumahnya gengs, gileee ini cewe cantik, manis-manis sepet gitu. Setelah ngobrol ane di ajak untuk ngambil duit sama dia di ATM. disinilah ane mulai was-was, jangan-jangan ane mau di rudapaksa. Dalem hati ane, gapapa lah di rudapaksa untungnya dobel. maafin Aim ya Allah. emoticon-Frown


Ternyata dia beneran ambil duit dan kasih ke gue 2jt gengs. Cewe, cantik, kenal di dumay, baru ketemu sekali, dan langsung pinjemin ane duit 2jt. Warbyasahemoticon-Wagelaseh


Lanjut lagi nanti ya agan-agan ganteng. yang lagi di omongin minta JJS.
Diubah oleh prabows 15-09-2018 19:23
1
3.5K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.