Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

orangiseng2001Avatar border
TS
orangiseng2001
Jokowi soal Debat Bahasa Inggris: Kita Punya Bahasa Nasional


Jakarta, CNN Indonesia -- Bakal calon presiden Joko Widodo enggan berkomentar banyak terkait usulan penggunaan bahasa Inggris dalam debat pemilihan presiden 2019. Menurut Jokowi, sebagai warga Indonesia sudah semestinya menggunakan bahasa Indonesia.

Hal ini menanggapi pernyataan Ketua DPP PAN Yandri Susanto yang mengusulkan KPU menerapkan debat pilpres menggunakan bahasa Inggris.

"Kita ini kan bangsa Indonesia, kita punya bahasa nasional, bahasa Indonesia," ujar Jokowi usai memberikan arahan pada relawan Projo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (16/9).


Jokowi tak berkomentar lebih lanjut terkait penggunaan bahasa Inggris saat debat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu hanya tertawa saat disinggung balasan untuk adu 'ngaji' dalam debat pilpres.

"Hahaha, sudah ya," katanya.

Rencana usulan menggelar debat capres menggunakan bahasa Inggris disebut masih didiskusikan di internal koalisi Prabowo-Sandiaga. Usulan ini pun dibalas oleh Sekjen PKB Abdul Kadir Karding.

Menurut Karding, kubu Prabowo-Sandi kehabisan bahan kampenye sehingga mengusulkan debat capres dan cawapres menggunakan bahasa Inggris. Karding menegaskan pihaknya juga bisa mengusulkan lomba salat dan mengaji jika tim Prabowo-Sandiaga bersikeras debat menggunakan bahasa Inggris.

"Kalau mau cari-cari seperti itu saya bisa usulkan lomba ngaji atau lomba salat antara capres dan cawapres. Jadi jangan aneh-aneh, cari yang bermutu," ujar Karding.

KPU sendiri menyatakan akan mengkaji terlebih dahulu mengenai jumlah masyarakat Indonesia yang memahami bahasa Inggris jika format debat ingin diubah menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia.

Hal ini penting dipertimbangkan karena substansi debat untuk memberikan gambaran kepada seluruh masyarakat mengenai visi dan misi kandidat capres-cawapres.

(pris/gil)
https://m.cnnindonesia.com/nasional/20180916161415-32-330618/jokowi-soal-debat-bahasa-inggris-kita-punya-bahasa-nasional
0
2.3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.