• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Selain Malaysia, Hubungan Indonesia juga Sering Panas dengan 3 Negara Ini

arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Selain Malaysia, Hubungan Indonesia juga Sering Panas dengan 3 Negara Ini
Rasanya tidak ada negara yang paling sering bermasalah dengan Indonesia selain Malaysia. Ada saja hal yang membuat hubungan Indonesia dengan Malaysia menjadi panas. Mulai dari penyerobotan wilayah, penyiksaan TKI, klaim budaya dan lain sebagainya. Hal ini juga yang membuat nama Malaysia tidak ada baiknya oleh sebagian masyarakat Indonesia. Namun walau demikian, sebenarnya Malaysia merupakan salah satu negara yang paling dekat dengan Indonesia. Entah itu dilihat dari kedekatan sejarah atau dari hubungan bilateral.


Hubungan yang memanas tersebut merupakan hal yang umum dijumpai pada negara-negara yang bertetangga. Selain Malaysia, sebenarnya ada 3 negara lainnya yang hubungannya sering memanas dengan Indonesia. Berikut adalah 3 negara tersebut.



Singapura


Sumber : Thousandwonders.net


Singapura merupakan sebuah negara kecil yang berada diantara Indonesia dengan Malaysia. Negara ini berbatasan dengan wilayah Kepulauan Riau. Meski kecil, Singapura sempat memiliki sejumlah masalah besar dengan Indonesia. Salah satunya adalah keengganan Singapura untuk melakukan perjanjian ekstradisi dengan Indonesia. Dengan demikian, Singapura menjadi tempat yang aman bagi para buronan Indonesia, terutama buronan korupsi. Berbagai upaya Indonesia untuk menekan Singapura juga tidak pernah membuahkan hasil.

Singapura pernah mengangkangi kedaulatan Indonesia dengan membuat undang-udang yang memungkinkan mereka melakukan tuntutan terhadap perusahaan Indonesia yang membakar hutan. Mereka juga pernah ikut campur dalam penamaan kapal perang Indonesia, yaitu KRI Usman Harun. Selain itu, negara ini juga pernah menghalangi program tax amnesty yang digagas oleh Pemerintah Indonesia. Mereka melakukan berbagai cara agar uang WNI yang disimpan di Singapura tidak beralih ke Indonesia. 


Australia


Sumber : Tenplay.com.au


Negara yang berada di selatan Indonesia ini juga sering mengalami hubungan yang memanas dengan Indonesia. Australia sempat mengambil beberapa keputusan yang membuat marah pihak Indonesia. Diantaranya ada pemberian suaka politik terhadap sejumlah simpatisan OPM (Organisasi Papua Merdeka). Suaka politik yang diberikan Australia menimbulkan anggapan kalau mereka mendukung gerakan separatisme di Papua. Selain itu, negara ini dianggap pernah membuat materi militer yang melecehkan Indonesia. Gara-gara hal tersebut, Indonesia pernah melakukan pembekuan kerjasama militer dengan Australia.

Australia sendiri juga sempat merasa dilecehkan oleh Indonesia. Salah satunya gara-gara vonis mati terhadap warga negara Australia yang menyelundupkan narkoba ke Indonesia. Vonis ini dianggap sebagai pelecehan Indonesia atas hukum di Australia, sebab negara tersebut tidak menerapkan hukuman mati. Sebagai bentuk protes, Australia sempat menarik dubesnya dari Indonesia.


China


Sumber : Escape.com.au


Sikap saling protes pernah ditunjukan oleh Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China. Memanasnya hubungan Indonesia dengan China tidak jauh-jauh dari hal yang berkaitan perbatasan wilayah. China sempat menghebohkan publik Indonesia dengan merilis peta yang memasukan wilayah Kepulauan Natuan sebagai bagian dari Negara China. Hal tersebut membuat publik Indonesia menjadi marah. Ditambah lagi beberapa kali kapal-kapal China melakukan pelanggaran perbatasan di wilayah Kepulauan Natuna.

Sementara China sendiri pernah protes karena aksi penembakan yang dilakukan oleh TNI terhadap nelayan mereka diperbatasan. Walaupun sebenarnya penembakan yang dilakukan TNI tidaklah brutal dan disebabkan oleh nelayan China yang melanggar perbatasan wilayah. Selain itu mereka juga tidak terima Pemerintah Indonesia mengganti nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara. 


Referensi :
https://tirto.id/cengkeraman-kuat-si...indonesia-bBfJ
https://www.rappler.com/indonesia/be...esia-australia
https://ekonomi.kompas.com/read/2017...di-laut-natuna
1
10.9K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.