Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

junleonAvatar border
TS
junleon
Cara Pembuatan dan Bermain Senjata Tulup, Mau Coba?


Nostalgia sedikit gan. Mungkin waktu Agan kecil sekitar tahun 2000-2010, pasti pernah mendengar atau bahkan punya senjata unik ini? Waduh senjataapa nih, kok kecil-kecil udah punya senjata. Eits, jangan salah sangka dulu gan. Senjata yang ane maksud adalah Tulup.

Tulup merupakan sebuah nama senjata mainan anak-anak yang dibuat dari bahan bambu, dan kalau pelurunya dibuat dari bahan kertas atau koran yang sudah dibasahkan, ataupun juga bisa dengan biji-bijian. Di desa ane nama biji-bijinya "Rompeni" gan, ada yang tau? Apa nama bijinya didaerah Agan?

Senjata mini ini, umumnya dimainkan anak laki-laki yang berusia 6-13 tahun gan. Mereka yang sedang bermain-main dengan senjata ini, seolah-olah sedang menjadi pasukan bersenjata yang berada dalam medan tempur, kadang juga ada yang merasa seperti sedang melakoni adegan dalam sebuah film.

Dengan isi peluru yang dibuat dari barang atau benda yang tak membahayakan, membuat permainan dengan senjata tulup ini sangat aman dan juga bahkan bisa dikatakan tanpa uang alias gratis, karena dibuat dari bambu yang bisa ditemukan dengan mudah dan peluru yang terbuat dari kertas atau biji.

Permainan tulup ini muncul dan populer bebarengan dengan permainan klasik lainnya, seperti congklak, gundu, engkle, dan lain sebagainya. Meski terbilang permainan klasik, bukan tidak mungkin kalau permainan tulup ini bersemi kembali di jaman sekarang. Agan bisa loh, membuat senjata tulup ini dengan mudah di rumah.



Untuk alat dan bahan, langkah pembuatan, dan cara bermainnya, berikut penjelasannya gan!

Alat :

- Pisau atau silet
- Geraji atau golok

Bahan :

- Bambu sesuai ukuran
- Kertas basah atau biji

Langkah Pembuatan :

- Tangkai bambu dengan diameter 2 cm dan ukuran panjang 28 cm yang digunakan untuk tabung senjata, gunakan geraji untuk memotong
- Serta bambu berukuran 5 cm untuk tempat pegangan penyodoknya atau pendorongnya, gunakan pisau atau silet untuk membuatnya
- Jangan lupa buat lagi bambu panjang untuk sodokannya atau penyodoknya dengan panjang kira-kira 31 cm dengan diameter yang lebih kecil dari tabung senjata, yang penting bisa masuk kedalam bambu. Usahakan batang bambunya halus, lurus, dan juga kuat.
- Lalu masukkan tangkai sodokan tersebut ke dalam tempat pegangan tulup yang sudah Agan buat, berikan ganjal berupa sisa-sisa serpihan bambu atau kayu untuk memperkuat penyodok.
- Sesudah jadi dan dirasa sudah kuat, penyodok tersebut dan pegangannya, tinggal Agan masukkan ke tabung senjata untuk mengecek pas tidaknya.

Cara Bermain :

- Ambil kertas kecil yang basah, lalu peras setengah kering saja dan masukkan kertas tersebut ke dalam lubang tabung senjata tulup Agan. Masukkan sebanyak 2 kertas yakni di tiap ujung, ujung depan dan belakang untuk pendorong.
- Setelah selesai, pukul-pukul atau ketok kertas basah tersebut dengan pegangan sodokan.
- Jika sudah, sodokan kertas basah yang berada di bawah tadi dengan perlahan dengan kedalaman sekitar 15-16 cm, atau coba Agan kira-kira saja untuk kedalamannya, yang penting jangan sampai melebihi setengah ukuran tulup.
- Kalau sudah klop dan siap, segera dorong atau sodok tulup dengan cepat dan kuat, sehingga tulup Agan akan mampu menghasilkan suara yang kencang dan peluru melontar jauh.

Mudah dan seru, bukan? Buruan bikin dan main bareng temen-temen gan! Tapi ingat, jangan sampai membahayakan ya, jangan sampai mengenai anggota badan yang vital.

Diubah oleh junleon 04-04-2022 06:20
0
21.3K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.