mendadakaskusAvatar border
TS
mendadakaskus
Mau Ganti Velg ? Perhatikan Hal Hal Ini Agar AMAN !


Melihat mobil ane yg masih gini gini aja belum ada perubahan, muncul pikiran buat ganti velg. nah mulai lah otak ngebayang2in velg apa aja yg kira kira cocok buat si erti baru ane. mulai dr model Te37, ATAU rpf1, atau oem2an mobil lain, eh tapi tunggu dulu, ganti velg gaboleh asal gan kalo asal bisa malapetaka akibatnya, apalagi velg itu perannya vital dalam menunjang mobil melaju. Nah ane kasih tips nih dalam mengganti velg mobil2 agan semua.. CEKIDOOOTTT



1.Ukuran Velg



Mengganti Velg dan ban dengan ukurang yang lebih besar, mampu membuat tampilan mobil menjadi lebih enak dipandang. Namun tentu ada hal yg perlu ente perhatikan, ukuran maksimal pertambahan velg anda dari standar yg aman adalah 2 inci. Lho kenapa? Karena velg dan ban anda butuh ruang untuk bergerak, terutama nanti saat roda melewati jalan yang tidak rata. Yg bahaya jika sampai roda menabrak dinding dalam dan shockbreaker, atau fender , selain tidak nyaman, pasti menyebabkan kerusakan.
Dan juga kalau ente ganti velg terlalu besar, selain gaenak atau gak nyaman mobilnya, mobil konsumsi bahan bakarnya bakalan jadi jauuh lebih boros. Hihh ogah.



2. Perhatikan Ukuran PCD




Mobil memiliki macam2 ukuran pcd, agan tau gk pcd apa??? Ane jelasin ya kali aja ada yg blm tau hehe. PCD itu singkatan dari Pitch Circle Diameter, jadi pcd tuh ukuran jarak dari titik tengah roda, kearah baut roda tersebut. Sebagai contoh ertiga ane, PCD ane 5x114, jadi jarak dari poros center tengah ke baut roda 114mili meter gan. Nah jangan sampe agan salah pilih velg gan. Oiya, ada juga velg dengan pcd 5x100, jangan sampai tertukar gan, dan jangan dipaksakan velg dgn pcd 5x100 kedalam mobil dengan pcd 5x114, bahaya gan bisa2 terjadi kerusakan fatal bahkan patah saat dijalan. Selain itu, sedih jg kan gan kalo sampe salah beli hahaha…

3. Perhatikan bobot Velg



Velg dengan diameter yang lebih besar dari standar biasanya akan memiliki bobot yang lebih berat dari velg standar. Karena ukuran lebih besar otomatis lebih berat. Namun perhatikan juga, velg aftermarket dengan ukuran yg sama memiliki bobot yang berbeda2, biasanya velg yang harganya selangit dengan ukuran besar bisa jauh lebih ringan dan kuat dibandingkan dengan velg lebih kecil dan murah. Bobot Velg akan mempengaruhi performance mobil ente, dan juga umur dari kaki2 mobil ente, karena artinya ente memberikan beban lebih, sehingga kaki2 bekerja lebih keras.

Yaaaa itu aja tips singkat dari ane gan, Kalo mobil mau keren memang harus mengorbankan beberapa hal, tapi yang penting tidak mengesampingkan aspek keselamatan gan! Bikin pasar modifikasi di Indonesia tetap jaya gan !!
0
9.6K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.