Papa.T.BobAvatar border
TS
Papa.T.Bob
Ultah yang Ke-4, Begini Asal Usul Gim Dino di Google Chrome
SELAMAT DATANG DI THREAD

Spoiler for epilepsy warning!:





Agan pengguna setia browserGoogle Chrome pasti tau kan gim dinosaurus yang selalu muncul ketika koneksi internet kita lagi down. Iya, yang kalo kita pencet tombol spasi si dino langsung lompat, berlari, lalu gimnya dimulai. Omong-omong ane baru tau lho, kalo si dino ternyata juga bisa nunduk. Caranya pencet arah bawah di keyboard. Tapi kalo di android ane gak tau bisa atau gak, silakan agan coba sendiri.

Nah, gim dino ini pertama kali rilis di PC pada tanggal 14 September 2014. Namun, saat itu gim ini mengalami problem, khususnya di android versi lama. Baru pada bulan Desember 2014 gim dino ini bisa lancar dimainkan di semua platform.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)




Menurut desainer gim ini, yaitu Edward Jung, Alan Bettes, dan Sebastien Gabriel, filosofi dino berasal dari konsep kembali ke "jaman purba". Jaman purba yang mereka maksud adalah era sebelum ada teknologi internet, ketika kita pake PC sekedar buat main gim.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)

Proyek pembuatan gim dino ini dinamai "Project Bolan". Agan tau kenapa dinamai demikian? ternyata nama proyek tersebut diambil dari nama vokalis band glam rock lawas, T.Rex. Bolan, T.Rrex, dan dino. Sampai sini kira-kira masih nyambung kan gan?

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)

Gim ini mengalami beberapa kali redesain di awal pengerjaannya. Si dino sempat mau dibikin bisa nendang seperti gim arcade90an, si sonic the hedgehog. Lalu, sempat juga mau dibuat bisa meraung, maksudnya teriak-teriak karena gak ada sinyal.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)



Tapi pada akhirnya gim ini tetap dibuat simpel dan minimalis, hingga menjadi seperti saat ini: lari, merunduk dan lompat.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)


Fakta menarik lainnya, gim ini ternyata sangat populer. Terbukti dari data yang dihimpun oleh Google, gim dino dimainin sebanyak 270 juta kali tiap bulannya. Dengan mayoritas pemainnya berasal dari India, Brazil, Mexico, serta, seperti yang kalian tebak, Indonesia. Bahkan saking ikoniknya, si dino juga menjelma menjadi maskot tidak resmi Google.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)




Dan sekedar info, gim ini bisa agan mainkan gak cuma saat sedang offlinelho. Waktu lagi online dan dilanda kebosanan, agan bisa main gim dino dengan mengetikkan chrome://dino di kolom url agan. Di situ agan bisa main dalam mode full-window.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)

Nah, berhubung bulan ini lagi banyak yang ultah (gim dino ultah yang ke-4, browserGoogle Chrome ultah ke-10, dan Google sendiri ultah yang ke-20), agan bisa nemu item kue tart, balon, serta topi ultah di gim dino.

(kaskus.co.id | Papa.T.Bob)




Sekian dari ane Bre & Sis.
Barangkali agan punya trivialain tentang gim dino ini?? silakan tulis di kolom komen emoticon-Big Grin
Spoiler for epilepsy warning!:

Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bobselanjutnya.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast

*thread ini merupakan ikhtisar dari artikel inidan itu
3
10.5K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.