Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

marvagathorzAvatar border
TS
marvagathorz
Inilah Hewan Pertama Penghuni Bumi
Assalamualaikum

agan/sista , mimin/momod yang pada baik

semoga selalu diberi kesehatan dan keselamatan

Amiinemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)



ya langsung aja gan selamat membaca di thread ane yang seadanya ini emoticon-Blue Guy Peace






Spons Laut Mungkin Adalah Hewan Pertama Yang menghuni Bumi



Para ilmuwan MIT telah berhasil mengidentifikasi apa yang kemungkinan hewan pertama muncul di planet kita. Analisis genetik fosil molekuler telah mengungkapkan bahwa spons laut telah berada di Bumi selama 640 juta tahun terakhir, jauh sebelum ledakan Kambrium terjadi. Menurut studi baru, spons laut tampaknya telah mendahului ledakan Kambrium - pada dasarnya periode saat sebagian besar kelompok hewan mulai muncul - setidaknya 100 juta tahun.

Sebagai bagian dari penelitian, baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences, para ilmuwan menemukan jejak molekul yang agak aneh di bebatuan yang berusia lebih dari 640 juta tahun. Setelah pemeriksaan, tim menemukan spons laut sebagai sumber molekul khusus ini, yang pada gilirannya menunjukkan bahwa organisme multi-selular ini mungkin adalah hewan pertama yang menghuni planet kita. Berbicara tentang temuan itu, David Gold, seorang mahasiswa pasca doktoral di MIT Department of Earth, Atmosfer dan Planetary Sciences (EAPS), mengatakan:


"Kami mengumpulkan bukti paleontologis dan genetik untuk membuat kasus yang cukup kuat bahwa ini benar-benar fosil spons. Ini adalah beberapa bukti tertua untuk kehidupan binatang."


Selama bertahun-tahun, penggalian paleontologis telah menghasilkan penemuan banyak fosil yang berusia hampir 540 juta tahun yang lalu. Meskipun peristiwa yang relatif singkat, ledakan Kambrium melihat kelahiran dan evolusi sebagian besar kelompok hewan, dari makhluk bersel tunggal menjadi organisme yang lebih besar, organisme multi-sel yang lebih kompleks. Sementara banyak yang diketahui tentang periode ini, para ilmuwan masih tidak yakin tentang apa yang sebenarnya terjadi sebelum radiasi Kambrium.

Fosil-fosil yang ada pada masa sebelum periode Kambria aneh dalam banyak hal. Untuk penelitian saat ini, tim beralih ke fosil molekuler, yang pada dasarnya mengacu pada jumlah molekul yang sangat kecil yang tetap berada di dalam celah dan retakan batuan kuno lama setelah hewan itu sendiri telah layu. Gold, yang ikut menulis makalah bersama dengan profesor EAPS Roger Summons, mengatakan:


"Ada perasaan bahwa hewan harus jauh lebih tua daripada Kambria, karena banyak hewan muncul pada saat yang sama, tetapi bukti fosil untuk hewan sebelum itu telah diperdebatkan. Jadi orang-orang tertarik pada gagasan bahwa beberapa biomarker dan bahan kimia ini, molekul yang tertinggal, dapat membantu menyelesaikan perdebatan ini."




Para ilmuwan memeriksa batu-batu ini untuk mencari 24-isopropilcholestane (atau 24-ipc), senyawa lipid atau sterol yang sebenarnya merupakan versi kolesterol yang sedikit dimodifikasi. Selama studi 1994, di mana Summon adalah salah satu anggota, tim peneliti MIT pertama kali menemukan 24-ipc dalam jumlah yang sangat tinggi dalam batuan dating kembali ke periode Kambria dan sebelumnya. Pada saat itu, mereka berpikir bahwa spons atau pendahulu prasejarah mereka mungkin adalah sumber molekul ini.


Kemudian pada tahun 2009, para peneliti dari University of California di Riverside melakukan studi rinci tentang bebatuan kuno yang ditemukan di Oman, menggunakan teknik penanggalan uranium-lead yang sangat canggih. Menurut mereka, 24-ipc ditemukan dalam jumlah yang cukup besar di batuan 640 juta tahun, sehingga mengarah ke apa yang kemungkinan bukti paling awal kehidupan hewan di Bumi. Berbicara tentang penemuan itu, Summon menyatakan:


"Topik penelitian ini memiliki sejarah 20 tahun lebih yang terhubung erat dengan para ilmuwan MIT. Sekarang, pada tahun 2016 David Gold telah mampu menerapkan keterampilan dan alat-alat baru dari era genomik, untuk menambah lapisan bukti lebih lanjut yang mendukung hipotesis 'biomarka spons'. "


Untuk mengkonfirmasi temuan, tim peneliti saat ini mulai mengidentifikasi gen yang terkait dengan 24-ipc. Mereka kemudian menemukan organisme yang memiliki gen tertentu itu, yang mengikuti jejak evolusi gen pada makhluk-makhluk ini. Sebagai bagian dari penelitian, para ilmuwan memeriksa genom dari hampir 30 organisme yang berbeda, termasuk jamur, spons laut, tanaman serta alga. Gold berkata:


"Apa yang kami temukan adalah pola yang sangat menarik ini di sebagian besar kehidupan eukariotik.'


Selama penelitian mereka, para ilmuwan mampu membidik gen tunggal, yang tugasnya adalah menghasilkan jenis sterol tertentu dalam organisme yang membawa salinan tambahan gen ini. Sebagaimana ditunjukkan oleh tim, beberapa spesies ganggang dan spons laut memiliki set ekstra gen SMT, tidak seperti keluarga mereka. Untuk menentukan kapan salinan tambahan pertama kali muncul dalam organisme, para ilmuwan menciptakan semacam pohon evolusi dengan bantuan catatan fosil yang tersedia.


Ternyata, spons laut berevolusi gen SMT ekstra sekitar 640 juta tahun yang lalu, yang sama dengan usia bebatuan purba di mana 24-ipc ditemukan. Sebagai perbandingan, alga itu menyebar menjauh. Ini pada gilirannya menunjukkan bahwa spons laut kemungkinan adalah hewan pertama yang muncul di Bumi. Gold lalu mengatakan:


"Ini memunculkan semua pertanyaan baru : Seperti apakah organisme-organisme ini? Seperti apa lingkungannya? Dan mengapa ada celah besar ini dalam catatan fosil? Ini menunjukkan betapa kita masih belum tahu tentang kehidupan hewan purba, berapa banyak penemuan yang tersisa, dan seberapa berguna, bila dilakukan dengan benar, fosil molekuler ini dapat membantu mengisi celah tersebut."



ok gan , sekian dulu dari ane

mohon maaf apabila banyak kekurangan


emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)emoticon-Blue Guy Peace


Terima kasih.

0
11.1K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.