firakusAvatar border
TS
firakus
Tips Jual Beli Mobil Secara Online, Cek Yuk Gan!
Indonesia menjadi salah satu negara pasar otomotif yang menjanjikan, nggak cuma penjualan mobil baru tetapi penjualan mobil bekas pun begitu tumbuh subur, baik jual beli mobil secara offline ataupun online. Berkembangnya teknologi informasi dan dunia mobile menambah makin maraknya web/aplikasi untuk transaksi perdagangan, termasuk web/aplikasi yang menjajakan service berupa jual beli mobil secara online. Website Jual beli mobil online atau forum jual beli menjadi salah satu cara paling efisien untuk melakukan transaksi, terlebih lagi tren beli mobil bekas saat ini yang terus menunjukan gelagat kenaikan. Bagi GanSis yang masih ragu untuk mencoba menjual barang dagangannya di dunia maya, berikut ada beberapa tips yang bisa membantu agan untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara jual beli mobil online di Indonesia.

1. Jual beli via situs jual beli mobil

Saat ini, ada banyak pilihan situs jual beli mobil yang dibuka untuk mempermudah penjual mendagangkan barang jualannya secara online. Situs-situs seperti OLX,
Otomurah.com, atau Cintamobil.com memberikan beragam pilihan bagi penjual dan pembeli dengan beragam fitur yang menarik. OLX contohnya, situs jual beli mobil  ini pastinya Kaskuser juga udah paham dong, dan di OLX memberikan pilihan penjualan barang baru dan bekas.


Situs jual beli mobil di Indonesia semakin berkembang
Kemudian berikutnya nih gan, ada Otomurah.com yang memang cuma menjual mobil murah, rangeharganya mulai dari 50 juta sampai 250 juta Rupiah. Sementara untuk Cintamobil.com, merupakan situs jual beli mobil yang memberikan pelayanan premium bagi pelanggannya. Bila agan melakukan jual/beli mobil melalui website ini,  maka bakal ngerasain berbagai kemudahan, seperti gratis biaya pemasangan iklan, dan pilihan mobil yang beragam untuk memudahkan GanSis saat akan membeli atau menjual mobil. Selain itu, Cintamobil juga memberikan pengetahuan tentang mobil di pasaran otomotif Indonesia melalui review mobil secara obyektif dan berimbang untuk membantu konsumen memilih mobil impian mereka.


2. Jual beli mobil via Facebook


Facebook juga bisa digunakan untuk situs jual beli mobil


Baru tau Gan? Waduhhh,.. mungkin agan terlalu banyak ngeksis di FB cuma stalking orang lain yah??? (hahahah Becanda Gan.. emoticon-Big Grin). Saat ini Facebook nggak hanya digunakan banyak orang sebagai media komunikasi antar penggunanya, tetapi Facebook juga udah berkembang sebagai salah satu tempat sosial, contohnya sebagai media berkumpul maupun untuk menjajakan dagangan. Sangking banyak penggunanya, Facebook juga seringkali dijadikan tempat buat mengiklankan dan menjajakan barang dagangan. Cara mengiklankan barang di Facebook cukup mudah, hanya memposting barang yang akan dijual dan membagikannya pada grup-grup yang banyak tersebar di Facebook. Apabila GanSis ingin bersedia menggelontorkan uang, bisa juga dengan memanfaatkan FB Ads yang tentunya agan wajib mengiklankan kepada target pengguna facebook yang tepat.


3. Jual beli mobil via aplikasi

Cara jual beli mobil online bisa dilakukan dengan smartphone


Mirip sama website atau situs jual beli mobil yang juga memberikan pilihan untuk jual beli mobil, banyak aplikasi di iOS maupun Android dengan program serupa. Situs tersebut menawarkan kemudahan bagi penjual dan pembeli dengan satu kali tap melalui smartphone pengguna. Beberapa contoh aplikasi untuk android maupun iOS yang khusus digunakan untuk jual beli mobil online adalah Cintamobil, Carmudi, Auto2000 atau Mobil123. Sederet aplikasi tersebut pengguna bisa mudah download melalui Playstore bagi pengguna Android dan Appstore bagi pengguna iPhone dan produk Apple lainnya.

4. Jual beli mobil via forum

Sesuai dengan habit orang Indonesia yang suka kumpul-kumpul nih gan, maka media seperti Forum Online juga menjadi wadah bagi banyak orang yang punya minat sama untuk ngumpul dan berdiskusi. Layaknya Facebook yang mengumpulkan banyak pengguna, forum komunitas di Indonesia bisa juga digunakan untuk melakukan aktivitas jual beli. Sebagai wadah ngumpulnya pengguna yang memiliki kegemaran dan hobi yang sama, maka forum-forum yang ada di internet merupakan salah satu media iklan yang paling baik dan tepat.

Forum komunitas menggabungkan banyak pengguna dalam satu situs
Forum online yang paling terkenal di Indonesia bisa dibilang masih dikuasai oleh KASKUS. Dengan jutaan pengguna, Kaskus merupakan forum paling terkenal yang di dalamnya terdapat banyak komunitas yang rajin melakukan dikusi secara online dan juga sering melakukan kopi darat (kopdar). Selain KASKUS, ada juga Jualo Gan. Perbedaanya, Kaskus yang awalnya hanya ditujukan sebagai forum komunikasi untuk komunitas yang bersifat umum, sedangkan Jualo khusus melayani jual beli dalam satu forum online

Dengan banyak pilihan, carajual beli mobil online saat ini sangat praktis dan mudah dilakukan. Caranya cukup dengan memilih media yang digunakan dan mengetahui apa yang akan dijual/dibeli. Makanya nih gan perlu diperhatiin, pilihlah situs yang benar-benar fokus pada penjualan dan pembelian mobil, seperti Cintamobil.com yang emang memberikan kemudahan dalam melakukan jual beli mobil secara online.


Diubah oleh firakus 13-09-2018 08:31
0
8.5K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.