zayyan123Avatar border
TS
zayyan123
5 Bahaya Mengerikan Jika Keseringan Kerja Lembur
Lembur merupakan aktivitas yang biasa ditemui ditempat kerja khususnya buat pekerjaan pabrik. Walaupun dibilang kerja lembur itu enak karena bisa mendapatkan bonus yang lebih tinggi. Tapi dibalik itu semua kamu harus tau kalau keseringan kerja lembur itu tidak baik untuk kesehatan.
 


Getty Images/iStockphoto.

Salah satunya pola tidur yang tidak teratur yang menyebabkan kamu mudah kelelahan dan tidak bagus untuk kesehatan. Bukan hanya itu saja ada 5 hal lainnya yang mengerikan jika keseringan kerja lembur. Mau tau apa saja? Selengkapnya cek berikut ini.
 
5 Bahaya Kerja Lembur Bagi Kesehatan


1.    Bahaya bagi kesehatan



Akibat terlalu banyak menatap layar komputer dapat mengurangi penglihatan, tentunya hal ini dapat bahaya bagi kesehatan. Selain itu kerja terus menerus tanpa istirahat itu juga dapat mempengaruhi jantung karena jantungmu harus bekerja lebih ekstra, hal ini dapat menyebabkan kegagalan jantung secara mendadak.

Kalau kamu terpaksa harus lembur, saya sarankan untuk mengambil beberapa waktu sejenak kurang lebih 1 jam untuk istirahat atau sekedar meregangkan badan.


BACA JUGA : Pulang Pagi, Ini 8 Suka Duka yang Dirasakan Pekerja Shift Malam
 
2.    Rentan kelelahan



Tubuh kamu juga perlu yang namanya istirahat, karena tubuhmu itu bukan robot yang tidak ada capeknya. Tenaga yang habis atau kelelahan rentan terjadi bagi pekerja lembur. Hal ini disebabkan karena kamu mengalami kecapean secara berlebihan dan kurang waktu untuk istirahat.

Menurut studi dari Journal of the Japanese and International Economies, para pekerja lembur sangat beresiko kelelahan karena pola hidup yang tidak teratur. Kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk refreshing karena waktunya tersita oleh pekerjaan.


BACA JUGA : Segera Perbaiki! Ini loh 7 Alasan Kenapa Kamu Sulit Diterima Kerja
 
3.    Stress karena penghasilan



Banyak orang yang lebih mementingkan pemasukan lembur daripada kesehatan, padahal kesehatan itu mahal harganya lho. Apalagi jika kamu sakit tentunya biaya perawatan jauh lebih tinggi dibanding pemasukan tambahan yang kamu peroleh saat lembur.

Akhirnya kita malah akan semakin stress. Oleh karena itu, kamu harus lebih bijaksana dalam mengatur waktu agar kesehatan kamu juga terjaga ya.


BACA JUGA : Jangan Sampai 5 Kalimat ini Terucap di Depan Bosmu!

 
4.    Pola makananmu jadi tidak teratur



Karena kelelahan bekerja dimalam hari, tentunya membuat tubuhmu jadi lapar dan ingin makan. Padahal makan terlalu banyak di malam hari juga tidak baik lho, selain dapat menyebabkan gangguan pencernaan, makan dimalam hari juga bisa membuat berat badanmu naik.

Atau kamu yang sebaliknya, lembur sampai lupa makan. Itu yang lebih fatal karena kalau kamu sampai lupa makan saat lembur, tentunya itu dapat menyebabkan maag. Jadi pada intinya kalau kamu kerja lembur usahakan tetap makan secara teratur dan jangan terlalu berlebihan ya.


BACA JUGA : Perhatikan 7 Hal Berikut Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja
 
5.    Penurunan tingkat konsentrasi



Kamu tau gak sih kalau bergadang itu dapat menurunkan tingkat konsentrasi? Hal ini disebabkan karena kamu terlalu lelah bergadang dan tidak memiliki waktu istirahat yang cukup sehingga hal ini dapat menurunkan tingkat konsentrasi pada pikiran anda.

Akibatnya kamu sering teledor dan kurang teliti dalam melakukan pekerjaanmu. Gak mau kan kamu dianggap tidak kompeten hanya kurang konsentrasi?.

Jadi pada intinya kalau kamu mau kerja lembur. kamu harus persiapan, mulai dari istirahat terlebih dahulu dan mengisi perut anda agar kamu tetap konsentrasi.


BACA JUGA : 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Karir Anda

 
Akhir Kata


Nah itu dia 5 bahaya akibat keseringan kerja lembur, jadi gimana sudah kan tau apa saja bahayanya kerja lembur itu? Jadi pada intinya kalau kamu terpaksa lembur, kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu mulai dari mental hingga fisik.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setia Laptop Si Ipat.


Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya terima kasih.


SUMBER : http://www.laptopsiipat.com/2018/09/...ja-lembur.html


0
958
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.