Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

president.trumpAvatar border
TS
president.trump
Tempo Raih Udin Award karena Karikatur Rizieq Shihab
Tempo Raih Udin Award karena Karikatur Rizieq Shihab

Mohammad Arief Hidayat
BERITA NASIONAL
Sabtu, 8 September 2018 | 10:17 WIB


Tempo Raih Udin Award karena Karikatur Rizieq Shihab



VIVA – Aliansi Jurnalis Independen atau AJI menganugerahkan lagi Udin Award, penghargaan kepada jurnalis maupun kelompok jurnalis profesional dan memiliki dedikasi pada dunia jurnalistik serta menjadi korban kekerasan.

Udin Award kali ini diberikan kepada Tempo Media untuk kategori kelompok jurnalis dan Heyder Affan, jurnalis BBC Indonesia, untuk kategori perorangan.

Dalam siaran pers AJI yang diterima VIVA, sekurangnya tercatat 75 kasus kekerasan terhadap jurnalis sepanjang Agustus 2017 hingga Juli 2018. Bentuk-bentuk serangan intimidasi di ranah media sosial dan pengusiran mulai massif akhir-akhir ini. Bahkan kemudian melahirkan tindakan persekusi terhadap media dan jurnalis oleh kelompok yang tidak setuju dengan pemberitaan.

Setiap kasus dianalisis secara mendalam dengan mempertimbangkan sisi profesionalisme, dedikasi pada dunia jurnalistik, dan kronologi kejadian. Dengan berbagai pertimbangan itu, dewan juri Udin Award akhirnya memilih Tempo Media dan Heyder Affan sebagai pemenang Udin Award 2018.

Tempo Media, menurut Dewan Juri, menerima serangan persekusi oleh kelompok Front Pembela Islam setelah menampilkan karikatur yang dianggap melecehkan pemimpin FPI, Rizieq Shihab.

Jauh sebelum persekusi FPI, Tempo hampir selalu menghadapi serangan serta gugatan namun tak sedikit pun menyurutkan daya kritisnya untuk terus menyajikan berita bagi publik. Tempo dalam setahun terakhir juga aktif terlibat dalam kolaborasi International Concorsium Investigative Journalists (ICIJ) membongkar persoalan pajak orang-orang penting di Indonesia.

Affan dipilih setelah beberapa waktu lalu diusir saat meliput penanganan masalah campak dan gizi buruk di Papua hingga dia tak bisa melanjutkan liputan. Affan dan dua rekannya diusir oleh aparat keamanan karena dituding memberitakan kondisi yang tidak memihak pada upaya penanganan yang dilakukan pemerintah.

Padahal, menurut Dewan Juri, kritik yang disampaikan media berdasarkan fakta, seharusnya disikapi dengan bijak sebagai masukan untuk memperbaiki penanganan campak dan busung lapar di Asmat dan Papua.


https://www.viva.co.id/berita/nasion...-rizieq-shihab



Selamat dapat Award.... emoticon-Ultah

Tempo Raih Udin Award karena Karikatur Rizieq Shihab


Tempo Raih Udin Award karena Karikatur Rizieq Shihab
-1
3.3K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.