bear89800Avatar border
TS
bear89800
Jangan Makan ini Agar Tidur Nyenyak!

Kurang tidur dan insomnia adalah biang kerok dari banyak masalah kesehatan.

Ternyata ada banyak makanan yang bisa menyebabkan tidur kita gak nyenyak.

Maka dari itu banyak orang yang melakukan penelitian untuk membuat tidur yang berkualitas.



Peneliti juga menemukan bahwa makanan yang kita konsumsi bisa mengganggu tidur kita. Pepermint misalnya, banyak orang yang makan pepermint untuk menghilangkan bau mulut. Teh pepermint juga bisa menenangkan saraf, tapi ada efek negatifnya juga lho. Pepermint bisa membuat perut mulas, gimana mau tidur kalau perut mules ? Malah bolak-balik kamar mandi.


Daging yang di awetkan seperti sosis dll mengandung tyramine dan asam amino dalam jumlah yang besar. Di dalamnya juga terdapat lemak yang sulit untuk di cerna, kondisi ini akan membuat otak dan organ perut selalu aktif sehingga kita tidak bisa tidur. 

Beberapa sayuran seperti brokoli, kubis dan bunga kol juga memiliki serat yang sulit untuk di cerna. Kondisi ini akan membuat kita kesulitan tidur karena organ perut lebih aktif untuk mencerna makanan.



Di dalam es krim ada banyak kandungan lemak. Jika lemak masuk ke dalam tubuh dalam jumlah besar maka organ pencernaan akan aktif untuk mencerna nya. Daripada makan es krim di malam hari mending makan yogurt rendah lemak.

Cokelat juga bisa merusak tidur. Makan coklat hitam adalah salah satu cara untuk meningkatkan energi dan metabolisme tubuh karena di dalamnya terdapat kafein. 

Pada umumnya, semakin gelap warna coklat maka semakin tinggi kandungan kafeinnya, pasti udah pada tau efek kafein gimana.

Untuk orang yang sensitif terhadap kafein ada baiknya menghindari teh hijau sebelum tidur karena didalamnya terdapat stimulan theobromine dan theopilin yang punya efek gak jauh-jauh amat dari kafein.



Minum air adalah hal yang baik untuk menjaga kesehatan, tapi jumlah air yang diminum juga perlu di perhatikan.

Minum air sebelum tidur justru bisa membuat kita mondar-mandir ke kamar mandi untuk BAK (buang Air Kecil). Makanya minum air sebaiknya 90 menit sebelum tidur.







nona212
nona212 memberi reputasi
1
7.8K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.